-->

MGMP Sosiologi Jateng akan Mengadakan Kegiatan Praktik Penelitian Sosial dan Fasilitasi Penulisan Artikel di Jurnal



www.mgmpsosiologijateng.com - Dalam rangka meningkatkan profesionalisme Guru Sosiologi, MGMP Sosiologi Provinsi Jawa Tengah akan menyelenggarakan kegiatan Praktik Penelitian Sosial dan Fasilitasi Penulisan Artikel Jurnal. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada awal tahun 2020 kerjasama dengan Jurusan Sosiologi dan Antropologi FIS UNNES.

Kegiatan ini akan digelar dengan menggandeng  kerjasama berbagai lembaga dan kalangan profesional. Beberapa lembaga yang dilibatkan diantaranya Kemendikbud, Perguruan Tinggi Negeri, dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Adapun dari kalangan profesional diantaranya Ahli Pembelajaran, Sosiolog, Antropolog, Ahli Pembelajaran, Praktisi Pendidikan, dan Para Penulis Artikel Jurnal Penelitian Sosial.

Beberapa lembaga dan kalangan ahli tersebut akan difungsikan untuk menjadi fasilitator para peserta dalam kegiatan Praktik Penelitian Sosial dan Penulisan Artikel Jurnal.

"Iya, kami akan menyelenggarakan kegiatan tersebut. Dan kami telah menyusun Tim yang sudah aktif dalam menyiapkan kegiatan besar dan profesional ini," jawab Ketua MGMP Sosiologi Jateng, Luluk Wulandari, saat dikonfirmasi atas kegiatan penelitian sosial dan penerbitan artikel.

Dalam waktu yang bersamaan, Ibrahim Yazdi juga menyampaikan hal yang sama perihal kegiatan tersebut. "Tim sudah dibuat dan segera mendapatkan legalitas dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah dengan pola kegiatan pelatihan 50 JP," tegas Ibrahim, pengurus MGMP Sosiologi Jateng ini.

Tema dalam kegiatan ini adalah Mengidentifikasi Kearifan Sosial dan Merajut Kerukunan. Menurut Wulandari, kegiatan ini akan dibuka untuk guru Sosiologi se Indonesia. "Kami mencoba untuk menjalin kerukunan antar guru Sosiologi se Indonesia. Kami juga ingin merajut rasa bahwa kita ini adalah satu bangsa," papar Ketua MGMP Sosiologi Jateng ini.


Informasi dari Ibrahim Yazdi, secara teknis kegiatan ini akan dikemas secara apik dan menarik. "Kegiatan ini akan diawali dengan Paparan para Ahli di Gedung Wisma Perdamaian, itu sehari. Kemudian dilanjut menginap di Blora untuk penelitian sosial. Selanjutnya hari ketiga penelitian di Lasem dan juga menginap untuk fokus pada penyusunan artikel jurnal," tambah Ibrahim.

Tim Penyelenggara kegiatan Praktik Penelitian Sosial dan Fasilitasi Penulisan Artikel Jurnal ini akan me-lounching pendaftaran kegiatan ini pada tanggal 09 Oktober 2019, yang mana pada waktu yang sama bertepatan juga digelar kegiatan MGMP Sosiologi Jateng di Semarang yaitu Implementasi Metode Etnografi Dalam Pembelajaran Sosiologi.

Kepada Guru Sosiologi se Indonesia, yang tertarik mengikuti kegiatan profesi ini, segera menanti informasi selanjutnya. 

"Pendaftaran kegiatan ini nanti online. Tunggu aja info selanjutnya dari kami, atau  menghubungi di sekretariat MGMP Sosiologi Provinsi Jawa Tengah," pungkas Yazdi.

Penulis: Admin
Penyelaras: Admin

1. Video Kesengsem Lasem


Sumber: Youtube Kesengsem Lasem, 28 September 2017

2. Video Kearifan Sosial Blora

Sumber: Youtube Festival Adat Samin, 01 Desember 2019

0 Response to "MGMP Sosiologi Jateng akan Mengadakan Kegiatan Praktik Penelitian Sosial dan Fasilitasi Penulisan Artikel di Jurnal"

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel