-->

Latihan Soal PAT Kelas XI Tematik Wabah Covid-19



www.mgmpsosiologijateng.com - PENILAIAN AKHIR TAHUN, Salam sehat untuk adik-adik semuanya. Bertemu lagi bersama kami MGMP Sosiologi Jawa Tengah. Kali ini kita akan belajar tentang soal-soal penilaian akhir tahun.

Untuk latihan soal penilaian akhir tahun ini, kami meluncurkan paket soal dengan sentuhan yang beda dengan sebelumnya. Latihan soal penilaian akhir tahun ini kami suguhkan materi Konflik sosial dan Integrasi sosial yang kami padukan dengan tema terkini yaitu wabah covid19.

Berikut ini adalah contoh soalnya:

Contoh Soal

Jenazah Covid-19 ada yang ditolak warga saat ia hendak dimakamkan. Di saat seperti ini, sikap kehati-hatian yang harusnya tumbuh wajar, rupanya meluap menjadi rasa was-was, khawatir, dan bahkan takut berlebihan yang melampaui batas kewajaran.

Mengamati hal di atas, tampak sedang terjadi gejala konflik sosial yang disebabkan oleh ….

a. Keinginan untuk selamat agar tidak terjangkit virus covid-19
b. Masyarakat jenuh melakukan physical distancing karena rindu dengan sosialisasi
c. Banyaknya informasi hoax dalam mengabarkan bahaya jenazah covid-19 yang dapat menular
d. Keadaan ekonomi masyarakat yang pas-pasan sehingga emosinya mudah tersulut ketika ada informasi bahaya covid-19 yang mengancam keselamatan masyarakat
e. Kurangnya informasi tentang covid-19, tipisnya empati terhadap pasien yang meninggal, dan rendahnya simpati terhadap keluarga yang ditinggalkan

Contoh Soal

Aksi kepedulian sosial di tengah wabah covid-19 cukup menggembirakan. Disaat warga masyarakat membutuhkan sembako, bermunculan donasi dalam bentuk bantuan makanan. Donatur senang karena puas berbagi. Masyarakatpun senang dan mengucapkan terimakasih kepada donator karena mendapatkan bahan makanan. Namun tindakan berbagi sembako ini dipandang melanggar aturan physical distancing. Penyaluran bantuan itu dituding menciptakan kerumunan yang rentan dengan penyebaran dan penularan covid-19.

Berdasarkan fenomena di atas, penyelesaikan yang tepat dengan adanya konflik penyaluran sembako tersebut adalah ….

a. Tetap melaksanakan aksi kepedulian sosial, karena tindakan inilah yang sangat diharapkan masyarakat
b. Menyusun peta penyaluran bantuan sosial dengan teknik door to door agar tidak terjadi fenomena kerumunan
c. Tetap melaksanakan aksi membagi sembako dengan menggunakan masker dan alat pelindung diri agar tidak tertular covid-19
d. Menyerahkan bantuan sosial kepada aparat desa dengan persyarakat admisnitrasi yang ketat
e. Menyalurkan bantuan dan layanan pendidikan dengan cara bekerjasama dengan ojek online dan jasa pengiriman barang

Tersebut merupakan kilasan contoh saja. Untuk latihan adik-adik, kami telah menyiapkan paket soal dengan menggunakan aplikasi googleform.

Sebelum mengerjakan latihan soal materi konflik sosial dan integrasi sosial dengan sentuhan covid19 ini, kami berharap adik-adik membaca beberapa informasi yang pernah tayang di mediaonline. Dan tentu saja juga membaca materi Konflik sosial dan Integrasi sosial buku paket atau bahan materi yang telah diberikan oleh Bapak Ibu Guru kalian ya.

Bahan literasi sebelum mengerjakan paket soal

1. Paket Materi Konflik Sosial
2. Paket Materi Integrasi Sosial
3. Masalah Sosial Dampak Wabah Covid 19
4. Sebaran Data Stigma Sosial Dampak Wabah Covid 19
5. Hubungan Perilaku Kerja, Kelas Sosial, dan Infeksi Virus Corona
6. Efektivitas Solusi Kartu Pra-Kerja
7. Hoaks, Xenofobia, dan Rasialisme saat terjadi Pagebluk
8. Ragam Kriminalitas Akibat Wabah Covid-19
9. Mencegah Stiga Sosial
9. Dan lain-lain

Setelah membaca bahan literasi tersebut, selanjutnya silahkan buka link latihan soal penilaian akhir tahun berikut ini.

Link Paket Soal
Link Melihat Nilai

Terimakasih semoga bermanfaat
Salam Sehat

Sumber Rujukan

  • Lembaga Eijkman: Sebagian Besar Positif Corona Berasal dari Kelas Menengah Atas. Dalam https://kumparan.com/kumparansains/lembaga-eijkman-sebagian-besar-positif-corona-berasal-dari-kelas-menengah-atas-1tBjGNNnBim. Diakses pada tanggal 18 April 2020, pukul 10.45 wib. 
  • INDEF Ragukan Efektivitas Kartu Pra-Kerja Jokowi. Dalam https://tirto.id/indef-ragukan-efektivitas-kartu-pra-kerja-jokowi-dlUR. Diakses pada tanggal 18 April 2020, pukul 11.43 wib. 
  • Hoaks, Xenofobia, dan Rasialisme dalam Sejarah Pagebluk Indonesia. Dalam https://nationalgeographic.grid.id/read/132106639/hoaks-xenofobia-dan-rasialisme-dalam-sejarah-pagebluk-indonesia?page=all. Diakses pada tanggal 18 April 2020, pukul 13.10 wib. 
  • Sebaran Data Stigma Sosial Dampak Wabah Covid 19. Dalam http://www.mgmpsosiologijateng.com/2020/04/sebaran-data-stigma-sosial-selama-wabah.html. 
  • Masalah Sosial Saat terjadi Wabah COVID-19. Dalam http://www.mgmpsosiologijateng.com/2020/04/masalah-sosial-saat-terjadi-wabah-covid.html

Penyusun: Tim MGMP Sosiologi Jateng
Hubungi kami,
MGMP Sosiologi Provinsi Jawa Tengah
Ketua Luluk Wulandari, S.Pd., M.Pd
Telp: +62 852-2756-5588
Admin: Ibrahim Yazdi
WA: +62 819 3170 2724

FACEBOOK    INSTAGRAM    TWITTER    YOUTUBE   PINTERES   FANSPAGE   WEBSITE


0 Response to "Latihan Soal PAT Kelas XI Tematik Wabah Covid-19 "

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel