-->

Tumis Kangkung Buntil - Sebuah Ide Kreatif Siswa Dalam Materi Pemberdayaan Komunitas




Oleh: Fauziyah Rofifatul Huda (Siswa SMA N 1 Bawang)

ARTIKEL SISWA, Sayuran kangkung merupakan sayuran yang bisa hidup di iklim tropis dan sub tropis. Tanaman kangkung mudah tumbuh diberbagai tempat seperti salah satunya diwilayah Indonesia sangat banyak sekali tanaman kangkung. Kangkung merupakan jenis sayuran yang dijual dengan harga terjangkau dan mudah diperoleh diberbagai pasar tradisional dan juga pasar modern.

Kangkung pada saat ini bisa dijadikan sebagai bahan baku pembuatan makanan. Anake olahan makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan baku kangkung tidak hanya sejenis saja melainkan sangat banyak. Kangkung bisa dimasak dengan dikreasikan oleh berbagai bahan makanan lainnya. Beberapa manfaat yang dimiliki tanaman kangkung  diantaranya dapat mencegah anemia, mencegah diabetes, meningkatkan kualitas otak, menjaga kesehatan jantung, menjaga sisitem imun, sangat baik untuk kesehatan mata, mengurangi kolesterol dll. Tidak hanya manfaat saja tanaman kangkung juga bisa digunakan sebagai obat. Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan khasiat tanaman kangkung seperti menjadi obat tapat yang digunakan untuk penyakit kulit, sebagai obat untuk memuntahkan makanan pada saat keracunan, sebagai obat demam, sebagai obat sembelit, sebagai obat cacingan, mengobati penyakit liver dan kuning. 

Peluang Usaha Tumis Kangkung

Makanan tumis kangkung merupakan sajian menu makanan yang banyakdisukai oleh masyarakat secara luas. Sebenarnya untuk penggolahan kangkung sendiri bisa dimasak untuk dijadikan aneka makanan namun karena proses pembuatan tumis kangkung terbilang sangat mudah untuk menjalankan usaha tumis kangkung  didalam usaha. Karena banyak yang menyukai olahan kangkung tentunya bisa menjadi salah satu peluang usaha makanan yang sedang dijalani.


Prospek Usaha Tumis Kangkung

Untuk usaha tumis kangkung memiliki prospek yang sangat menjanjikan untuk dijalani karena prosesnya terbilang sangat mudah. Selain itu banyak kalangan masyarakat yang sudah mengenal olahan makanan dari kangkung. Mengembangkan usaha kangkung bisa dilakukan di Indonesia karena bahan baku kangkung sendiri proses penanamannya sangat mudah sekali jika dilakuka di daerah tropis. Dengan melihat prospek usaha yang seperti ini maka usaha tumis kangkung bisa dikatakan sebagai salah satu usaha yang memiliki prospek cemerlang.

Memulai Usaha Tumis Kangkung

Untuk menjalankan usaha tumis kangkung sangat mudah sekali untuk dilakukan oleh semua kalangan masyarakat karena kebutuhan bahan baku yang digunakan untuk membuat tumis kangkung bisa diperoleh dengan harga yang sangat terjangkau selain itu penggunaan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan tumis kangkung  bisa diperoleh dengan mudah. Bagi yang ingin memulai menjalankan usaha tumis kangkung bisa memperoleh bahan-bahan diberbagai pasar tradisional dan juga dipasar modern. Dilihat dari penggunaan bahan yang mudah diperoleh usaha tumis kangkung tidak membutuhkan modal yang besar sehingga akan memudahkan pengusaha makanan yang ingin menjalankan usaha tumis kangkung. Meskipun modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha tumis kangkung tidak terlalu besar mengenai keuntungan yang diperoleh lumayan menjanjikan.

Pelaku Usaha Tumis Kangkung

Pelaku usaha tumis kangkung bisa dilakukan oleh semua kalangan masyarakat yang ingin menjalankannya. Setiap pengusaha makanan yang menjalankan usaha pastinya tidak akan pernah dilihat dari segi status dan jabatannya sebagai apa namun yang paling penting untuk menjalankan usaha makanan harus bisa membuat olahan makanan dengan cita rasa yang enak dan melezatkan. Jika sajian makanan yang dibuat mempunyai cita rasa yang enak pastinya tidak akan kalah saing dengan pengusaha makanan lainnya dan konsumen juga akn lebih memilih olahan makanan yang disajikan dalam usaha.

Lokasi Strategis Dalam Berjualan Tumis Kangkung

Lokasi yang akan digunakan dalam menjalankan usaha tumis kangkung sebaiknya memilih lokasi yang strategis agar usaha tumis kangkung yang dijalani mudah dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat. Karena usaha tumis kangkung pedas sebagai salah satu usaha makanan yang tidak bisa disimpan dalam jangka waktu lama sebaiknya Anda memilih lokasi yang ramai seperti disekolah, di kampus, di pinggir jalan, di mall dll. Sebenarnya lokasi yang bisa digunakan untuk menjalankan usaha tumis kangkung pedas sangat banyak sekali sehingga bisa memilih lokasi yang paling strategis untuk di gunakan sebagai tempat usaha.

Strategi Promosi Usaha Tumis Kangkung

Menjalankan usaha makanan yang menyajikan tumis kangkung diperlukan strategi khusus agar usaha tumis kangkung bisa cepat habis. Strategi dalam menjalankan usaha tumis kangkung bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti salah satunya dengan cara promosi. Selain cara promosi sebanarnya masih banyak cara yang bisa dilakukan misalnya saja dengan memasang spanduk makanan yang disajikan sehingga masyarakat akan mudah mengenali usaha yang akan jalankan.

Keuntungan Pilihan Menjalankan Usaha Tumis Kangkung

Keuntungan yang diperoleh dari usaha tumis kangkung sangat menjanjikan sekali sehingga usaha tumis kangkung bisa menjadi salah satu peluang usaha yang akam jalani untuk penghasilan tambahan.

Penulis adalah ​Fauziyah Rofifatul Huda, Siswa Kelas XII IPS 1 SMA N 1 Bawang


0 Response to "Tumis Kangkung Buntil - Sebuah Ide Kreatif Siswa Dalam Materi Pemberdayaan Komunitas"

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel