-->

Pembahasan Soal Manfaat Ilmu Sosiologi



Proyek pembangunan pabrik mangkrak karena masyarakat setempat menolak. Penduduk berpendapat bahwa pembangunan pabrik di wilayahnya akan merusak lingkungan dan adat tradisi setempat. Untuk itu perlu pendekatan sosial agar masyarakat dan pihak perusahaan menemukan kesepahaman sehingga proyek dapat dilanjutkan dan masyarakat tidak dirugikan.

Dalam kasus tersebut para sosiolog (ahli sosiologi) dapat berperan dalam bentuk ….

A.menghitung jumlah kerugian potensial bagi masyarakat sekitar
B.memberikan bantuan sarana prasarana untuk kemajuan masyarakat setempat
C.melaksanakan pembangunan pabrik yang menyerap tenaga kerja setempat
D.melakukan perhitungan untung rugi secara ekonomi yang akan dialami masyarakat
E.mendampingi dialog kedua pihak untuk membangun persepsi yang sama terhadap pabrik


Guru Pemandu Sosiologi
[20:17, 2/12/2019] Mas Ibe: oal berikutnya...agak naik levelnya..
[20:17, 2/12/2019] +62 852-0146-6354: Klo analisis conten ndak pas ya analisis jawabn... Artinya yg tersedia... Gmn?
[20:17, 2/12/2019] +62 857-2938-1945: Biasanya triple lho serepe
[20:18, 2/12/2019] Guru Pemandu Sosiologi: Ya. Kepepet. Tiada rotan....
[20:18, 2/12/2019] Luluk Wulandari Pekalongan: Salah sejak dalam pembuatan
[20:18, 2/12/2019] Rita Indawatik SMa 2 Sragen: Betul, krn anak harus mmlih 1 jwabn yg plg tepat.... Mana ad soal UN bonus
[20:18, 2/12/2019] Guru Pemandu Sosiologi: Sejak pacaran ....dah salsh.
[20:19, 2/12/2019] +62 857-2938-1945: 🀭
[20:19, 2/12/2019] +62 852-0146-6354: Itu semua termsuk kmampuan analusis n evaluasi... Lll
[20:20, 2/12/2019] +62 857-0041-4118: E. 3,4,5
Karena 3 kebiasaan masy mengkonsumsi alkohol terkait nilai dan norma disetiap masy yg berbeda ex: di suku dayak budaya minum alkohol mjd sebuah kebiasaan yg tdk dianggap menyimpang
4. Dlm pernyataan ini menunjukkan adanya pertentangan atau konflik
5. Masih terkait dgn nilai.. Nilai agama diangap nilai acuan seseorang dlm berperilaku
[20:20, 2/12/2019] +62 816-4846-291: Kok bisa?  Tanggungjawab dong!  Jelaskan
[20:20, 2/12/2019] +62 888-0655-4960: E
Membangun psiko sosial
[20:21, 2/12/2019] Rita Indawatik SMa 2 Sragen: Itu lebih kajian ilmu komunikasi kalo menurut sy,, dlm mjwb jelas anak hrus memilih dr yg paling tepat n tersedia jwbn mksute komposisi jwbn yg ad.....
[20:21, 2/12/2019] Widi Guru Sosiologi Banjarnegara: Se7
[20:21, 2/12/2019] +62 813-9033-8320: Ayo ayo ayo
[20:22, 2/12/2019] +62 852-0146-6354: E
[20:22, 2/12/2019] +62 852-0146-6354: Problem sving
[20:22, 2/12/2019] Guru Pemandu Sosiologi: Gejala kom bsgian dsri interaksi. Sosiologi mencakup kom
[20:23, 2/12/2019] +62 878-3007-6613: E 🏻 karena sudah mensyiratkan bahwa di situ sosiologi pastinya akan berperan dlm solusi memecahkan masalah
[20:23, 2/12/2019] Rita Indawatik SMa 2 Sragen: Tp dioption itu lebih bicara media ,tdk bicra dampak media
[20:24, 2/12/2019] +62 857-0041-4118: E.  Karena dijelaskan dlm ilustrasi bahwa kerugian bukan hanya materi tetapi kerusakan alam dll. Maka solusi yg tepat membangun persepsi yg menampung aspirasi atau kebutuhan dua belah pihak
[20:24, 2/12/2019] +62 856-2967-893: πŸ‘πŸ»
[20:24, 2/12/2019] Guru Pemandu Sosiologi: Sing gawe sopo.
[20:24, 2/12/2019] +62 816-4846-291: πŸ‘πŸ™
[20:25, 2/12/2019] Mas Ibe: Fokus soal yg ini nggih bpk/ibu...monggo bu rita dan pak bos..
[20:25, 2/12/2019] +62 857-2760-8617: Idem E..
[20:26, 2/12/2019] +62 852-0146-6354: Lak leti...
[20:26, 2/12/2019] +62 816-4846-291: Kalo satu masuk... Piye penjelasane Pak Jahid
[20:27, 2/12/2019] +62 816-4846-291: Lagi blm terima.  Masih penasaran... 🀣🀣
[20:27, 2/12/2019] +62 856-4310-0107: Weleh...
[20:27, 2/12/2019] Guru Pemandu Sosiologi: Ini masih terkait soal no 1?
[20:27, 2/12/2019] Rita Indawatik SMa 2 Sragen: Ndah g usah dlnjut pak ali,, mnurt sy jawabn dah jelas,,,, jgn asal beda or like or dis like
[20:28, 2/12/2019] Guru Pemandu Sosiologi: Makanya ojo KESUSU.
[20:29, 2/12/2019] +62 852-0146-6354: Enak je... πŸ™ŠπŸ™ˆ
[20:29, 2/12/2019] Mas Ibe: Lanjut...
[20:29, 2/12/2019] Mas Ibe: Masih ada beberapa soal lagi..
[20:29, 2/12/2019] Rita Indawatik SMa 2 Sragen: Lohhhh,,,, menurut kita udah jelas jwbny pak narsum.... Jd g perlu lnjut debat lg,, tp lnjut soal berikutnya
[20:29, 2/12/2019] +62 888-0655-4960: πŸ˜†πŸ˜†
[20:29, 2/12/2019] Rita Indawatik SMa 2 Sragen: πŸ‘ŽπŸ‘Ž
[20:30, 2/12/2019] +62 857-2760-8617: Oke...kita lanjut
[20:30, 2/12/2019] +62 857-2938-1945: Oke
[20:30, 2/12/2019] Mas Ibe: Kesimpulan sudah mb rita soal nmr 3..
[20:30, 2/12/2019] Guru Pemandu Sosiologi: Analisis soal no 2 masih dangksl. Khawatir nebak.
[20:30, 2/12/2019] +62 878-3007-6613: Masalah timbul ketika benturan kepentingan terjadi,siologi dapat berperan dalam menginvestigasi pemicu munculnya masalah sosial dan resolusi konflik seperti apa yang bisa di gunakan untuk mengurangi ketegangan
[20:30, 2/12/2019] +62 857-2760-8617: Satu soal selesai dulu...jawaban benar
[20:31, 2/12/2019] +62 878-3007-6613: Soal berikut saya tetap E
[20:31, 2/12/2019] Guru Pemandu Sosiologi: Nah. Itu clue.
[20:32, 2/12/2019] Guru Pemandu Sosiologi: Jika clue belum diungkap... ojo mbelandang
[20:34, 2/12/2019] Mas Ibe: Status dan peran...sosiolog itu status, pasti memiliki peran...
[20:34, 2/12/2019] Guru Pemandu Sosiologi: Clue soal 2, ada problem konflik. Sosiolog ga mungkin A, naksir nominal aset, ga B derma, ga C eksekutif, ga D bisnisman.
[20:35, 2/12/2019] +62 813-9033-8320: Konklusi E ya
[20:35, 2/12/2019] Guru Pemandu Sosiologi: E. Joss
[20:35, 2/12/2019] +62 813-9033-8320: Lanjut gan
[20:36, 2/12/2019] +62 878-3007-6613: Kalo udah lanjut jangan balik lagi ya ben ora ngederi 😍😍
[20:36, 2/12/2019] +62 816-4846-291: Usul terakhir harus ada yang berani membuat kesimpulan jawaban yang benar lho.  Jangan egois... Sadari bahwa kemampuan teman teman itu beda.  Ntar mereka ragu ragu dlm mentrasfer ilmu lho.
[20:36, 2/12/2019] Rita Indawatik SMa 2 Sragen: Dr option yg tersedia,,, bisa tercover di option E... Jd dlm pndmpingan jelas seorang sosiolog akan menginventaris potensi,  hal2 yg akn mwrugikan msyrakat... Shg akan dcri win2 solution bg ke2 blh pihak
[20:36, 2/12/2019] +62 878-3007-6613: Kan sudah di simpulkan suhu
[20:36, 2/12/2019] +62 821-3872-4398: Maaf baru nyambung...
Saya E
Sebetulnya yg bukan kajian sosiologi adalah no 1 aja.
Objek sosiologi adalah kehidupan manusia yang berkaitan dengan interaksi sosial. Termasuk kebiasaan minum alkohol. Kalo kita lihat tingkatan norma berdasar sanksi dan daya ikatnya, kebiasaan yg ada di posisi no 2 mrp cara yang diulang-ulang karena diyakini kebenarannya. Berarti sudah masuk unsur nilai sosial. Padahal nilai sosial adalah hasil dari interaksi.
[20:37, 2/12/2019] +62 878-3007-6613: Aduh kok kembali ke 1
[20:37, 2/12/2019] Rita Indawatik SMa 2 Sragen: Iy b eny,, itu udah selesai
[20:37, 2/12/2019] Mas Ibe: Bagaimana momod dan pak bos?lanjut..
[20:38, 2/12/2019] ~ suhadirembang: iya mas. siap.
[20:38, 2/12/2019] Guru Pemandu Sosiologi: Kasih woro2 oleh moderator or yg share soal.
[20:39, 2/12/2019] Rita Indawatik SMa 2 Sragen: Oke,, untuk soal yg no 3,,dr bhasan tmn2 mk jwabn plg tepat adalah E
[20:39, 2/12/2019] Mas Ibe: Jawaban sdh dicatat mb rita pak bos..
[20:39, 2/12/2019] +62 816-4846-291: Sip... Saya ikut lanjut utk belajar.  Terus nomor 2
[20:39, 2/12/2019] ~ suhadirembang: Iya mas.
[20:39, 2/12/2019] Guru Pemandu Sosiologi: Buksnnya dah 2 ys
[20:40, 2/12/2019] +62 821-3872-4398: He he maaf baru gabung...πŸ™
[20:40, 2/12/2019] Rita Indawatik SMa 2 Sragen: No 2 jwbn jg E pak ali
[20:40, 2/12/2019] Mas Ibe: Iya pak bos...td soal kedua di delete..
[20:40, 2/12/2019] +62 816-4846-291: Eh sory nomor berikutnya
[20:40, 2/12/2019] +62 816-4846-291: πŸ‘πŸ™
[20:40, 2/12/2019] Mas Ibe: Lanjut bu rita yah..
[20:41, 2/12/2019] Mas Ibe: Siapp pak..
[20:41, 2/12/2019] +62 888-0655-4960: πŸ‘   new question 🏾
[20:41, 2/12/2019] Luluk Wulandari Pekalongan: Operator soalπŸ—£πŸ—£πŸ—£πŸ—£πŸ—£
[20:41, 2/12/2019] Rita Indawatik SMa 2 Sragen: Soal yg td aj yaa,, bisa dkritisi dr materi or pnulisan



0 Response to "Pembahasan Soal Manfaat Ilmu Sosiologi "

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel