-->

Sambutan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah (Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Provinsi Jawa Tengah)Disampaikan oleh: Bpk. Syamsuddin Isnaeni, S.STp, SH.


Berikut ini adalah notulensi dari KEGIATAN PEMETAAN MATERI SOSIOLOGI DAN IMPLEMENTASI PENERAPAN SEKOLAH ETNOGRAFI, yang diselenggarakan oleh MGMP Sosiologi Provinsi Jawa Tengah pada hari Rabu, 9 Oktober 2019 di Aula Tut Wuri Handayani, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa  Tengah dengan Peserta Kegiatan Guru Sosiologi yang tergabung dalam MGMP Sosiologi se-Jawa Tengah


1)    Salam dan ucapan rasa syukur
2)    Permohonan ijin atas bapak Kepala Dinas yang pada kesempatan hari ini tidak bisa hadir karena dalam pelaksanaan Rakor di Solo yang penyelenggaraannya kebetulan bersamaan dengan kegiatan ini.
3)    Penyampaian pesan-pesan dari Bapak Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah
a)    Bapak Kadis pada prinsipnya menyampaikan apresisasi dan dukungan sepenuhnya kepada semua guru sosiologi se-Jawa Tengah untuk membangun upaya kebersamaan dalam peningkatan mutu/kualitas pendidikan
b)    Forum ini diharapkan mampu memberikan sumbangan yang berharga bagi kemajuan sosiologi pada jenjang SMA se-Jawa Tengah
c)    Evaluasi: untuk panitia, bahwa redaksi untuk surat undangan atau birokrasi kegiatan, suratnya harus ditujukan kepada Kepala Dinas, dan kemudian untuk didisposisi kepada bagian yang akan ditunjuk oleh Kepala Dinas.
d)    Guru sosiologi diharapkan mempunyai ruh yang mampu berperan dalam menciptakan ekosistem di sekolah dalam keadaan baik dan bahagia
e)    Pasca berlakunya Undang-undang nomor 23, tentang kepemerintahan daerah yang menandai beralihnya guru SMA menjadi kewenangan dan pengelolaan pendidikan SMA secara penuh oleh Provinsi Jawa Tengah. Oleh karena itu segala urusan penggajian, kepegawaian tegak lurus dengan pemerintah dan Dinas Pendidikan Jawa Tengah termasuk pengelolaan MGMP. Dinas Pendidkan juga akan membuat pengaturan terhadap MGMP di sekolah.
f)     Kebijakan-kebijaan saat ini baik GTT, BOP dan Sarpras berada dibawah kebijakan Dinas Provinsi Jawa Tengah.
g)    Nanti di tahun 2020, tidak ada SPP dan Iuran untuk siswa yang dapat memengaruhi psikologi bapak ibu guru ataupun peserta didik, maka bapak ibu guru diharapkan dapat menyesuaian diri.
h)   Rencana kedepan untuk gaji GTT dan ususlan-ususlan sarpras akan di back up oleh Dinas Provinsi Jawa Tengah.
i)    Pesan integritas bagi seluruh ASN Guru di sekolah bahwa integritas ini menjadi ikon di Jawa Tengah yaitu: Kejujuran, dan guru-guru sosiologi menjadi ujung tombak dan mempunyai peran penting dalam pelaksanaan integritas terkait kejujuran.



j)  Tahun 2020 akan ada program Sekolah Beintegritas dan Pendidikan Antikorupsi
k) Program Gerakan Sekolah Non Budget seperti: Gerakan sekolah menyenangkan, Sekolah Berintegritas, Sekolah Damai,
l)     Etika, hierarki dan tata kelola di sekolah terkait dengan perijinan harapannya semua pihak dapat berkomunikasi dan berkoordinasi secara kondusif demi terlaksananya sebuah kegiatan.
m)  Terkait Taat Azaz harus tegak lurus dengan regulasi yang sudah dikeluarkan.
n)  Terkait dengan pendanaan MGMP yang mandiri kami sangat memahami, maka kami menegaskan bahwa ASN Guru itu sudah mendapatkan tunjangan profesi dan tunjangan propinsi (TPP) yang penuh dinamika. Diharapkan bagian dai TPG dan TPP itu adalah untuk pengembangan diri. Pesan: segala keluhan terkait dengan keterlambatan tunjangan mohon disampaiakn secara etika dan hierari
o)    Guru harus berperilaku baik, memberikan contoh kepada peserta didik dan memeiliki etika, sikap dan integritas yang harus dibangun oleh guru
p)    Isu-isu tantangan yang harus ditaati seperti: Bonus demografi, era generasi emas, era industry 4.o, maka guru harus mampu menjadi ujung tombak yang bisa menghadapi perubahan dinamika globalisasi yang akan dihadapi nantinya.
q)    Kita sadari bersama bahwa guru mrp jabatan profesi maka sesuai dengan UU Guru dan Dosen tahun2005, maka guru membentuk organisasi secara mandiri …. Dst, maka MGMP sangat berperan penting untuk memberdayakan pendidikan. Maka kami di Dinas Induk mendukung semua kegiatan MGMP dalam rangka kemajuan pendidikan di Jateng.
r)     Memiliki peran strategis maka guru diwajibkan untuk selalu meningkatkan ketrampilan mengajar yang sesuai dengan kemajuan zaman dan kebidayaan local dan jangan bersifat statis, sehingga semua guru diharapkan untuk selalu melakukan pengembangan diri.
s)    Dalam waktu dekat akan adanya seleksi calon kepala sekolah dan pengawas yang nantinya kan dikirim ke Diklat dan nantinya kan menjadi kepala sekolah. Harapannya dari MGMP akan ada kader-kader potensial yang menggantikan senior-seniornya.
t)     Khusus untuk kegiatan Pemetaan Materi Sosiologi dan Implementasi Sekolah Etnografi kami sangat mendukung.
u)   Selamat berkolaborasi membangun bidang keilmuan.
v)    Pernyataan Pembukaan kegiatan.



baca juga: Galeri Kegiatan
baca juga Laporan Kegiatan


                  DOWNLOAD MATERI

Sumber: Elin Marlina, S.Pd, Notulis Kegiatan 

0 Response to "Sambutan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah (Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Provinsi Jawa Tengah)Disampaikan oleh: Bpk. Syamsuddin Isnaeni, S.STp, SH."

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel