-->

Kuis Cepat Sosiologi



www.mgmpsosiologijateng.com - Salam Merdeka belajar. Kepada bapak ibu guru sosiologi SMA se-provinsi Jawa Tengah yang sangat mulia dan selalu sabar mendidik dan mengajar di sekolah. Semoga bapak ibu guru sosiologi selalu sehat dan selalu mendapatkan rezeki dalam bentuk semangat menjadi pembelajar.

Kali ini website MGMP sosiologi Jateng akan meluncurkan teknik pembelajaran dalam bentuk kuis cepat. Sebenarnya ide awal dari cepat sosiologi ini berasal dari Televisi Nasional tentang kuis cepat yang diberikan kepada tamu atau narasumber pada acara TV. Berangkat dari model yang sudah ada kami dari mgmp Sosiologi memberi sentuhan dalam bentuk isi kuis cepat. Selain sentuhan isi yang tematik nya sosiologi Kami juga memberi sentuhan literasi digital dalam rangka mengaktifkan gerakan literasi sekolah yang partisipatif. Semoga model kuis cepat sosiologi ini memberikan inspirasi bapak ibu guru sosiologi sejawa Tengah di dalam mengembangkan model-model kuis cepat sosiologi yang lain.

Secara teknis cepat sosiologi ini dapat digunakan pada saat mengisi kekosongan materi jeda. Atau juga cepat sosiologi ini juga dapat digunakan untuk mengawali pembelajaran sebelum masuk inti materi. Sehingga pesanku secepat ini lebih difokuskan pada dinamika kelas yang menyenangkan atau sebut saja wis cepat fisiologi ini juga dapat dimasukkan di dalam mewujudkan gerakan sekolah menyenangkan atau GSM.

Untuk melakukan dan menerapkan ku cepat sosiologi ini ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan diantaranya;

1. Siapkan pertanyaan kuis cepat sosiologi sesuai tematik materi

2. Libatkan peserta didik dalam mendokumentasikan proses kuis cepat sosiologi dengan cara merekam dengan smartphone masing-masing.

3. Tawarkan kepada peserta didik untuk menjadi peserta menjawab kuis cepat sosiologi di depan kelas.

4. Siapkan Dua Kursi yang diletakkan di depan kelas dengan di-setting sedemikian rupa agar proses kuis sosiologi cepat ini menarik untuk didokumentasikan.

5. Guru dan salah satu peserta Kuis sosiologi Cepat segera menempatkan diri di depan kelas pada kursi yang telah disiapkan.

6. Guru segera memberitahukan kepada peserta didik lain untuk mempersiapkan diri di dalam mendokumentasikan proses pelaksanaan kuis cepat sosiologi. Guru juga diharapkan mempersilahkan kepada peserta didik untuk melakukan tayangan live baik melalui YouTube maupun media sosial yang lain misalnya Instagram Facebook dan Twitter.

7. Pada saat memulai sosiologi cepat guru diharapkan memberi pengantar dan memperkenalkan diri serta memperkenalkan siswa wa dan peserta didik yang dilibatkan dalam proses pelaksanaan kuis tersebut.

8. Setelah memberikan pengantar segera baca soal kuis sosiologi cepat secara jelas urut sistematis.

9. Guru dan para peserta didik diharapkan menciptakan suasana yang rileks selama proses sosiologi cepat berlangsung sehingga akan tercipta suasana pembelajaran di kelas yang menyenangkan.

10. Guru juga memberi kesempatan kepada peserta didik lain dalam memberikan jawaban atau komentar pada saat proses berlangsung.

11. Ketika peserta Kuis mengalami kesulitan di dalam memahami Soal kuis guru diharapkan memberi penjelasan terhadap konsep istilah yang digunakan pada kuis sosiologi cepat.

12. Sebelum menutup kegiatan sosiologi cepat guru diharapkan memberikan ulasan tentang pesan keseluruhan dari soal pada kuis terhadap hubungan dengan materi yang akan diberikan.

13. Proses pelaksanaan kuis sosiologi cepat ini dapat dilakukan perulangan ketika dibutuhkan.

14. Pembaca kuis tidak harus dilakukan oleh seorang guru tetapi guru bisa memberikan kesempatan kepada peserta didik lain menjadi penanya quiz.

15. Guru memberi apresiasi apresiasi kepada peserta menjawab kuis sosiologi cepat dalam bentuk ucapan terima kasih motivasi hingga souvenir edukasi misalnya buku novel peralatan alat tulis hingga aksesoris yang sifatnya edukatif.

16. Peserta didik yang terlibat dalam pendokumentasian pelaksanaan kuis sosiologi dapat diharapkan untuk mempublikasi ke media online dalam rangka melatih kemampuan siswa di dalam menguasai literasi digital dalam mendukung proses tercapainya indikator pencapaian kompetensi pada kompetensi dasar mata pelajaran sosiologi.

17. Langkah-langkah pelaksanaan ideologi cepat ini dapat dilakukan secara fleksibel dan dinamis sesuai dengan keadaan dan situasi serta kebutuhan dalam rangka mengantarkan peserta didik masuk pada materi inti.

Untuk mendukung proses uji coba pelaksanaan kuis sosiologi cepat ini Berikut ini merupakan contoh pertanyaan-pertanyaan dengan tematik materi lembaga sosial khususnya lembaga keluarga. Kali ini akan disuguhkan 20 butir pertanyaan untuk kuis cepat sosiologi tematik materi lembaga sosial keluarga. Berikut ini adalah contoh soalnya.

1. Kuliah apa nikah?
2 ibu rumah tangga apa karier?
3. Mapan apa tampan?
4.  Warisan Apa usaha sendiri?
5. Dicintai atau mencintai?
6. Masa atau go-food?
7. Mobil pribadi apa grab?
8. Pertanyaan apa Google Map?
9. Dijodohkan apa Cari sendiri?
10. Dua anak apa tidak anak?
11. Menyusui apa susu kemasan?
12. Tinggal di desa apa kota?
13. Salat di masjid apa di rumah?
14. Monogami apa poligami?
15. Poliandri apa poligini?
16. Eksogami apa endogami?
17. Patrilokal apa matrilokal?
18. Afeksi apa reproduksi?
19. Meninggal muda apa meninggal tua?
20. Surga apa neraka?

Kepada bapak ibu guru sosiologi di SMA se Jawa Tengah diharapkan dapat berbagi butir soal kuis cepat sosiologi. Dengan saling berbagi kegiatan pembelajaran dalam bentuk cepat sosiologi ini diharapkan akan semakin kreatif dan inovatif.

Selamat mencoba bapak ibu guru sosiologi SMA provinsi Jawa Tengah, semoga bapak ibu guru sosiologi di SMA se Jawa Tengah dapat memberikan sumbangan konsep pembelajaran yang inovatif dan kreatif dalam mewujudkan Merdeka belajar, literasi digital, dan gerakan sekolah menyenangkan atau GSM. S
mencoba!!!

Penulis: Admin

0 Response to "Kuis Cepat Sosiologi"

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel