-->

Mengenal Tokoh Lama Dalam Disiplin Ilmu Sosiologi - Bahan Materi UTBK SBMPTN Tahun 2021


Berikut ini merupakan tokoh-tokoh dalam bidang sosiologi, antara lain:

a. Auguste Comte (1798—1857)











Auguste Comte disebut sebagai Bapak Sosiologi, karena dialah yang pertama kali memakai istilah sosiologi dan mengkaji sosiologi secara sistematis. Dalam bukunya
Course of de Philosophie Positive (1842), menerangkan bahwa pendekatan-pendekatan umum untuk mempelajari masyarakat melalui urutan-urutan tertentu, yaitu masyarakat teologis, masyarakat metafisik, dan masyarakat positif.

b. Karl Marx (1818—1883)








Merupakan ahli sosiologi dari Prusia (Jerman). Ia menulis buku yang berjudul The Communist Manifesto bersama Frederick Engels. Menurutnya, pembagian kerja dalam sistem kapitalisme menimbulkan dua kelas berbeda, yaitu kelas borjuis (pemilik modal, alat poduksi) dan proletar (buruh).

c. Herbert Spencer (1820—1903)







Menulis buku yang berjudul The Principles of Sociology, membahas hubungan timbal balik norma dalam keluarga dan hubungan antar-lembaga politik dan keagamaan dengan hubungan tetap harmonis dan terintegrasi. Herbert Spencer juga menekankan objek kajian sosiologi adalah keluarga, politik, agama, pengendalian sosial dan industri.

d. Emile Durkheim (1858—1917)









Emile Durkheim dikenal sebagai salah satu pencetus sosiologi modern. Ia meneliti proses sosial dan lembaga dalam masyarakat yang tercantum dalam jurnal L’Anne Sociologique. Selain itu, ia menulis buku yang berjudul The Rule of Sociological Method (1895). Dalam bukunya yang lain The Division of Labour in Society ia mengkaji pembagian kerja dalam masyarakat.

e. Max Webber (1864—1920)






Dalam buku yang berjudul The Protestant Ethic and the Sprint of Capitalism (1905), ia menulis kemajuan Eropa karena paham Calvinisme Kristen dan mengkaji teori tindakan sosial.

Sumber: Dokumen MGMP Sosiologi Jateng, tahun 2021

0 Response to "Mengenal Tokoh Lama Dalam Disiplin Ilmu Sosiologi - Bahan Materi UTBK SBMPTN Tahun 2021"

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel