-->

Membuat dan Minum Jamu Pada Kalangan Anak Muda di Jawa Tengah


www.mgmpsosiologijateng.com - Jamu Jawa Tengah, Artikel ini merupakan laporan hasil survei tentang tindakan membuat jamu dan minum jamu. Survei ini dilakukan terhadap 88 responden anak muda yang masih duduk di bangku SMA kelas XI jurusan IPS. Adapun produk yang dijadikan instrumen dalam survei kali ini adalah tiga jenis jamu, yaitu beras kencur, kunir asem, dan temulawak. 

Membuat dan Minum Jamu

Berdasarkan hasil survei perihal anak muda yang melakukan tindakan membuat jamu dan minum jamu, adalah sebagai berikut.  Pertama, sebagian besar anak muda masih sangat jarang membuat jamu beras kencur, kunir asem, dan temu lawak. Kedua, sebagian besar anak muda pernah minum jamu beras kencur, kunir asem, dan temu lawak. Adapun dari ketiga jenis jamu tersebut, jenis jamu yang sering diminum anak muda adalah jamu beras kencur dan kunir asem. Sedangkan jenis jamu yang sangat jarang minum oleh anak muda adalah jamu temulawak.  





Suka Jamu dan Rencana Membuat Jamu  

Berdasarkan hasil survei perihal anak muda yang suka minum jamu dan yang berencana akan membuat jamu adalah sebagai berikut. Pertama, jamu yang disukai oleh anak muda adalah jamu beras kencur. Sedangkan jamu yang tidak disukai anak muda adalah jamu temulawak. Dari 88 responsen, terdapat 65,9% anak muda yang suka jamu beras kencur, 40,9% anak muda yang suka jamur kunir asem, dan hanya 3,4% anak muda yang menyukai jamu temu lawak.  

Kedua, sebagian besar anak muda berencana akan membuat jamu . Dari 88 responden berencana membuat jamu kunir asem sejumlah 51,1%, rencana membuat jamu beras kencur sejumlah 47,7%, dan rencana membuat jamu temulawak sejumlah 6,8%. 

Refleksi Hasil Survei


Jamu beras kencur, jamu kunir asem, dan jamu temu lawak merupakan produk identitas sosial masyarakat Jawa Tengah. Namun disisi lain, berdasarkan hasil survei tersebut, anak muda Jawa Tengah cenderung jarang membuat jamu. Dengan demikian dimungkinkan pelestarian jamu Jawa Tengah akan mengalami kendala karena generasi penerus Jawa Tengah cenderung tidak melestarikan tindakan membuat jamu. Untuk itu pelestarian jamu Jawa Tengah perlu digerakkan pada lingkungan anak muda mulai sekarang, khususnya di lingkungan sekolah. 

Berdasarkan hasil survei, anak muda Jawa Tengah masih menyukai dan pernah minum jamu beras kencur, jamu kunir asem, dan jamu temu lawak, dengan demikian maka keberadaan jamu Jawa Tengah masih memiliki potensi menjadi produk unggulan dalam skala UMKM dan Home Industri. Untuk itu, produksi jamu Jawa Tengah perlu digerakkan, termasuk dalam program kewirausahaan sekolah. 

Berdasarkan refleksi hasil survei tersebut, perlu kiranya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah untuk menyelenggarakan Festival Jamu Anak Muda Jawa Tengah. Melalui Festival Jamu Anak Muda Jawa Tengah atau semacam Festival Jamu Anak Sekolah, dimungkinkan jamu Jawa Tengah akan terjaga kelestariannya. 

Keterangan: Survei ini dilakukan oleh MGMP Sosiologi Jateng, tahun 2021
Gambar bawah: Kunjungi Pabrik Jamu, sumber: https://news.detik.com/   

0 Response to "Membuat dan Minum Jamu Pada Kalangan Anak Muda di Jawa Tengah "

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel