-->

Risiko Bencana di Lanskap Kota Bersejarah (Studi Kasus Kotagede dan Lasem)


www.mgmpsosiologijateng.com - LASEM, Semua Cagar Budaya di Indonesia perlu ketahanan dari ancaman bencana. Hal tersebut penting karena di dalam cagar budaya memuat fungsi relasi kompleks, mulai dari edukasi, wisata, sain, seni, hingga fungsi mensejahterakan masyarakat disekitar cagar budaya. 

Lasem pada saat ini merupakan kawasan cagar budaya yang relatif perawan untuk diperhatikan. Karena pada saat ini Lasem sedang disentuh menjadi kawasan Kota Pusaka. Salah sentuh saja, akan menjadi terancam dari ketahanannya. 

Menjadi penting kemudian adalah belajar dari Kotagede. Terlepas dari keberhasilan dan ncaman bencana pada cagar budaya tersebut, Kotagede dapat dibilang cukup menarik dikomparasikan dengan Lasem. Setidaknya sentuhan tentang aspek perlindungan dan pemanfaatan cagar budaya yang ada disana. 

Walaupun demikian, Lasem tetap saja memiliki aspek unik. Lasem yang kaya dengan keberagaman ini telah memberi kontribusi pemajuan budaya toleransi, terlebih pola hidup damai pada kawasan kepulauan. 

Untuk itu urgensi memperhatikan resiko bencana pada kawasan cagar budaya, baik yang telah berjalan maupun yang sedang akan dicanangkan.

Mari diskusi bersama melalui tautan Zoom Temu Narasi 24 IPLBI dengan tema Resiko Bencana di Lanskap Kota Bersejarah (Studi Kasus Kotagede dan Lasem).

Narasumber: 

Punto Wijayanto (Universitas Trisakti, Jakarta)

Kusumaningdyah NH (Universitas Sebelas Maret - UNS, Surakarta)

Moderator: 

Nurhikmah B Hartanti (Universitas Trisakti, Jakarta)

Waktu:

Jumat, 9 Juli 2021. 15.00-17.00 WIB.

Kapasitas temu narasi melalui Zoom terbatas 100 orang. Pendaftar yang cepat masuk, akan mengikuti temu narasi melalui Zoom. Pendaftar yang tidak dapat masuk zoom, dapat mengikuti temu narasi melalui channel IPLBI.

Tautan Zoom:

https://us02web.zoom.us/j/83411136376?pwd=Vy9Zd3AwU0paZTZjVmExNllmZndRQT09

Meeting ID: 834 1113 6376

Passcode: 210709

Tautan channel youtube IPLBI. Mohon tidak lupa subscribe channel tsb.

https://bit.ly/youtubeiplbi


0 Response to "Risiko Bencana di Lanskap Kota Bersejarah (Studi Kasus Kotagede dan Lasem)"

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel