-->

Komunitas DHS Jawa Tengah Mulai Riset Sungutan Tambak Dasun



Dasun Lasem - Riset Sungutan saat ini (26/06) telah memasuki tahun kedua. Menurut Angga Hermansah, selaku Ketua DHS Jawa Tengah sekaligus Peneliti Pemajuan Kebudayaan Daya Desa Kemendikbud Ristek, penelitian Sungutan yang ada di Pesisir Jawa Tengah ini dilakukan dua musim, yaitu musim budidaya bandeng dan produksi musim garam.  

Sungutan merupakan saluran air penghubung tambak dengan sungai yang memiliki fungsi yang vital bagi budidaya bandeng dan produksi garam sejak dahulu. "Dipilih Sungutan Tambak Dasun karena di kawasan ini terdapat infrastruktur kuno tentang sungutan," ungkap Angga. Ketua DHS Jawa Tengah menegaskan hingga saat ini telah melakukan penelitian sejumlah dua belas sungutan. 

Keterangan: Tampak Sungutan Tambak Dasun sudah ada sebelum Galangan Kapal masa Kolonial Belanda hingga masa pendudukan Jepang (Berkas https://digitalcollections.universiteitleiden.nl/)


"Ada tanda-tanda kuat nanti Sungutan Dasun masuk dalam Objek Cagar Budaya Nasional, karena sungutan di Dasun kecamatan Lasem ini keberadaannya sudah ada lebih dari 100 tahun yang lalu dan juga sungutan diduga menjadi morfologi pengetahuan dan teknologi yang mumpuni pada masanya," pungkas Daya Desa Kemendikbud Ristek ini.

Penulis: Angga Hermansah
Fotografer: Ach. Sholeh Syariffudin & Achirudin Bayu C


0 Response to "Komunitas DHS Jawa Tengah Mulai Riset Sungutan Tambak Dasun "

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel