-->

Contoh Proposal Kunjungan Lapangan



Atas berkat Rahmad Allah Yang Maha Kuasa, dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, alhamdulillah buku Pedoman Kegiatan Outdoor Study Mapel IPS Pada Masyarakat Sedulur Sikep  Blora - Jawa Tengah ini dapat terselesaikan dan tercetak untuk digunakan para peserta.

Sesuai dengan judulnya, buku ini adalah seri buku pedoman kegiatan dilapangan. Buku yang disusun atas kerja sama Guru Mapel IPS dengan Bidang Kurikulum, serta arahan dari Kepala Sekolah ini, hanya sebatas pembuka saja dalam desain pembelajaran yang dilangsungkan di lapangan. Walaupun demikian, buku ini tetap diharapakan menjadi kerangka dasar dalam pembelajaran yang terkonsep, terukur, dan dapat dipertanggungjawabkan secara akademik.

Adapun tematik dari pembelajaran Outdoor Study Mapel IPS kali ini adalah “STRATEGI MEMBANGUN MANUSIA INDONESIA DENGAN KEARIFAN SOSIAL MASYARAKAT SEDULUR SIKEP.” Sesuai dengan tematiknya, maka buku pedoman ini bertujuan dan bermanfaat untuk mengindentifikasi kearifan sosial masyarakat sedulur sikep dalam rangka sebagai sumbangsih para siswa jurusan IPS untuk menyusun format dan strategi membangun manusian Indonesia melalui kearifan sosial masyarakat sedulur sikep dalam perspektik pengetahuan ilmu sosial.

Kritik dan koreksi yang sifatnya membangun, selalu kami nanti dalam penyempurnaan buku pedoman lapangan Outdoor Study Mapel IPS kali ini. Semoga model pembelajaran ini tetap menjadi koridor ihktiar menuju layanan pendidikan yang berkualitas, dalam rangka implementasi praktis tentang visi misi Sekolah Menengah Atas.


Kepada Bapak ibu guru yang tertarik melakukan pembelajar di luar kelas, khusunya pengajar mapel Sosiologi SMA pada khusunya, dan pengajar mapel IPS pada umumnya di berbagai jenjang, silahkah bapak ibu guru menghubungi sekretariat MGMP Sosiologi Jawa Tengah, kami siap berbagi dan mendampingi.

Dalam rangka mendorong kreativitas pembelajaran, model pembelajaran di kunjungan lapangan, atau outdoor study, atau field trip, atau apalah-apalah namanya, bapak ibu bisa mencobanya. Siapa tahu dengan niatan baik, bapak ibu guru akan mendapatkan inspirasi misalnya untuk menyusun penelitian tindakan kelas, penelitian inovasi pembelajaran, dan jenis penelitian lainnya.

Mari bapak ibu guru semuanya, mari bersama-sama meningkatkan kualitas profesi kita. Mari Membaca, mari menulis, dan mari apa saja. Yang penting jangan lupa, tetap hokya-hokya.


Berikut adalah contoh proposalnya.
Terimakasih
Semoga bermanfaat.





0 Response to "Contoh Proposal Kunjungan Lapangan "

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel