-->

Transkrip Video Dokumenter SMA Tarnus




Menembus tirai mega mega di balik pegunungan Menoreh. Terkuak kawah Candradimuka bagi generasi penerus bangsa. Sebuah pendidikan yang menjadikan sosok kader pemimpin bangsa yang tegar. Laksana tegarnya Monumen leluhur warisan bangsa.

Selamat datang di SMA Taruna Nusantara.

Terletak di kawasan asri di dataran tinggi Tidar Magelang, 45 km arah utara Kota Pendidikan Yogyakarta. Pada tanggal 14 Juli 1990 SMA Taruna Nusantara diresmikan Panglima ABRI Jenderal Tri Sutrisno. Tunas Muda dari berbagai penjuru nusantara memiliki hasrat besar menjadi Patriot Bangsa. Mereka adalah saudara-saudara kita.

"Di SMA Taruna Nusantara saya mendapatkan pengalaman yang sangat berharga yaitu bertemu dengan semua putra putra terbaik Indonesia dari berbagai kalangan dari Sabang sampai Merauke"itu (Letkol Inf Patar Mospa Natanael Sitorus TN-2 /1994).

Meski diawali dengan berbagai kekhawatiran dan kegelisahan orang tua siswa.

Pada awalnya mereka adalah sosok yang egois dan angkuh. Namun kini mereka disiapkan sebagai kader pemimpin bangsa yang berkualitas berkarakter dan berbudaya. Di sini bukan sekedar dididik untuk menjadi cerdas, namun lebih dari itu, memiliki keunggulan komparatif, kompetitif, dan distintif dalam aspek akademik, kepribadian, dan kesemektaan jasmani, serta kemampuan Iptek. Pendidikan dasar kedisiplinan dan kepemimpinan untuk menjadi awal mereka dibentuk.

Corsa menjadi jiwa kebersamaan untuk memberi semangat rekannya untuk tetap tegar dimasa sukar.
"Di SMA TN paling berasa itu adalah jiwa corsa. Selama sekolah disana dengan sistem pendidikan yang berasrama, kita dibentuk menjadi orang yang sangat perduli dengan teman teman kita." (dr. Margaretha Indah Maharanu, Sp KK TN-7 1999)/ Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin.

Beralaskan dengan pengajaran Ki Hajar Dewantara siswa di didik benar benar menjiwai apa yang dipelajarinya. Menjadi siswa yang berintelektual tinggi, dan kompetitif.

"Pendidikan di SMA Taruna itu merupakan gabungan dari 2 filosofi pendidikan yang besar yaitu antara kedisiplinan dari ABRI dan Taman Siswa. (Teuku Faisal Fathani,Ph.D TN-1 (1993).

Di SMA Taruna Nusantara kita dilatih untuk menjunjung tinggi harga diri. Kita melaksanakan ujian, itu tidak ada pengawasan, semua kita laksanakan sendiri. Kita semuanya memegang teguh. Karena kita merasa malu untuk bertanya atau mengambil jawaban dari rekan-rekan di sebelahnya." (Letkol PNB Ali Gusman TN-1 1993)

Selain itu, di SMA Taruna Nusantara diajarkan kurikulum khusus: kenusantaraan, kepemimpinan, pendidikan bela negara, dan sosial humaniora.Belajar menjadi sesuatu yang menyenangkan. Penguasaan materi menjadi batu pijak pondasi kuat melanjutkan pendidikan tinggi yang lebih baik. Siswa dididik, termotivasi lebih aktif. Keberhasilan tak lepas dari pengajar yang kompeten. Mereka membangun motivasi siswa.

Berbagai sarana tersedia mendukung aktivitas siswa. SMA Taruna Nusantara melaksanakan 4 mata kegiatan. Pertama, Mata kegiatan rutin terjadwal, yang berhubungan dengan keseharian siswa. Kini mereka telah berbaur dan menikmati kebersamaan.

"Sebagai bagian dari penghargaan pemerintah terhadap keberhasilan SMA Taruna Nusantara, maka SMA Taruna Nusantara dipilih sebagai salah satu SMA rujukan. SMA rujukan adalah program pemerintah yang memberikan kepercayaan kepada SMA - SMA yang telah melampaui delapan standar SMP. Kemudian sekolah tersebut mempunyai kewajiban untuk mengimbaskan minimal kepada 5 sekolah dilingkungan untuk diajak bersama - sama, maju bersama sama. Sekolah rujukan ini mempunyai beberapa program unggulan antara lain, GENERATION GLOBAL. Generation global ini mempertemukan anak anak Indonesia dengan rekan rekan dan teman temannya di seluruh dunia. Program unggulan yang lain adalah PENINGKATAN OLIMPIADE SAINS, ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam rangka peningkatan kualitas SMA taruna Nusantara dan bersama sama dengan sekolah rujukan dilingkungan. Kemudian program unggulan yang ketiga adalah PEMBENTUKAN KARAKTER yang sudah menjadi ciri khas SMA Taruna Nusantara. Bagian ini juga akan diberikan bersama sama kepada sekolah imbas  agar mereka turut dapat mempelajari, sharing bersama, bekerja bersama meningkatkan kualitas karakter anak anak bangsa disekolah di kabupaten Magelang." (Usdiyanto).

Kegiatan rutin terprogram untuk mengembangkan bakat siswa dalam bidang kesenian, kepramukaan, olahraga, dan kelompok Ilmiah.

"Di SMA Taruna Nusantara saya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler untuk mengulurkan minat dan bakat saya dalam seni dan kreatifitas. (Amelia Tetriana TN-7 1999)/ arsitek CEO PT. Kanigara Pancamanunggal.
Berbagai kegiatan ekstrakurikuler menjadikan mereka aktif, ekspresif, dan menikmati masa mudanya.

Ketiga mata kegiatan terproyek untuk mengembangkan kepemimpinan siswa. Berbagai kegiatan menjadikan siswa lebih berani didalam menghadapi segala tantangan kehidupan.

Akses informasi terbuka lebar, komite sekolah ikut mengawal perjalanan siswa. Beasiswa diberikan bagi siswa berprestasi dan tidak mampu menjadi bukti nyata solidaritas. Berbagai penghargaan yang membanggakan diraih siswa. Dan perjalanan mereka telah berubah. Lebih dari 80% siswa diterima di Perguruan Tinggi Negeri, Akademi polisi, dan akademi Militer.Dan kini alumni menunjukkan peran penting nya di bangsa  yang besar ini. Menjaga kedaulatan angkasa raya di garis khatulistiwa.

"Nilai nilai yang ditanamkan selama pendidikan di SMA Taruna Nusantara mampu untuk menciptakan ataupun membentuk pribadi pribadi yang mandiri. Juga dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat, negara, bangsa, dn bahkan untuk dunia." (Letkol PNB Firman Dwi Cahyono TN-1/1993)

Mereka memiliki andil  menjaga teritorial bangsa dan memajukan perekonomian bangsa.

Disini, SMA Taruna Nusantara dididik menjadi kader bangsa yang cerdas, berkepribadian, dan memiliki kesetiaan terhadap bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sumber film: https://youtu.be/6nwEI7NA0II
Transkriber: Umi Salma
Penyelaras: Suhadi

-------------------------------------------------------------- *** -------------------------------------------------------------
Identitas Film



Judul: PROFIL - SMA TARUNA NUSANTARA | MAGELANG | 2017
Durasi: 14:51 menit
Tahun produksi: 2017
Produksi : SMA Taruna Nusantara
Director : -
Unit  Production Manager  : -
Penulis cerita : -
Cameraman : -
Audioman : -
Editor : -
Lightingman : -
Driver : -
Executive Producer : SMA Taruna Nusantara
Program Manager : -
Producer : -
Line Producer :
Administration Coordinator : -
Production Assitant : -
-------------------------------------------------------------- *** -------------------------------------------------------------


0 Response to "Transkrip Video Dokumenter SMA Tarnus "

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel