-->

JELANG USBN, SEPERTI MAU NGUNDUH MANTU


BANYUMAS, mgmpsosiologijateng.com - Begitulah kesibukan GURU-MGMP-MKKS di Kabupaten banyumas.  Barangkali sama dengan daerah lainnya atau wilayah lainnya di pelosok Indonesia. Atau khusus di wilayah pelosok Jawa Tengah.   Betapa ruh USBN merasuk ke sendi-sendi kehidupan dunia pendidikan.  Workshop atau apalah istilahnya atau Bedah SKL Ujian Nasional pun digelar dimana-mana.  Guru dipacu suruh membuat soal USBN yang HOTS.  Bahkan di dunia maya pun muncul berbagai versi guna membahas soal yang HOTS, MOTS, dan LOTS.  Adu argumentasi pun di gelar guna mengejar dan mempersiapkan yang namanya USBN.  Termasuk MGMP SOSIOLOGI mestinya ya.  

Dalam POS USBN Tahun 2018/2019, menjelaskan bahwa :
Ujian Sekolah Berstandar Nasional yang selanjutnya disebut USBN adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi peserta didik yang dilakukan Satuan Pendidikan dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar (POS USBN 2019 : 1)

Ujian Sekolah yang Berstandar Nasional? Paling tidak inilah yang menjadi suatu fenomena menarik untuk menjadi bahan diskusi kita-kita yang berkecimpung di dunia pendidikan, dan selalu berada di sekeliling peserta didik.  Mengukur Keberhasilan 

Setelah pelaksanaan Bedah SKL, dilanjutkan dengan kegiatan Workshop Persiapan Pembuatan Soal USBN oleh guru masing-masing Mapel USBN.  Sebelum Pembuatan Soal USBN oleh guru didahului pembuatan Indikator Soal USBN berdasarkan KISI-KISI USBN oleh Team Pembuat Indikator MGMP masing-masing MAPEL USBN , temasuk mestinya Mapel Sosiologi.  

Pembuatan Soal USBN oleh guru masing-masing sekolah dilaksanakn mulai tanggal 4 - 8 Februari 2019.  Setelah itu dilaksanakan kegiatan VERIFIKASI / TELAAH Butir Soal oleh Team MGMP Sosiologi yang divasilitasi MKKS Kabupaten Banyumas.  

Berikut salayang pandang kegiatan Telaah Soal USBN oleh Team MGMP SOSIOLOGI KAB. BANYUMAS, yang dilaksanakan di SMA Negeri 5 Purwokerto, dari tanggal 12-13 Februari 2019.



keton serius banget kerja team tapi diam 


serius madan santai esih bisa nyekel HP



menjelang bubar sante-nyante sedilit


pengambilan foto dari udara menggunakan kursi duwur


ditengah-tengah kesibukan telaah soal, sempet nglirik batik MGMP SOSIOLOGI JAWA TENGAH dadi kepengin 


Alhamdulillah kegiatan verifikasi atau telaah soal USBN telah berakhir dengan selamat, cermat, dan penuh tanggung jawab dan dapat dipertanggung jawabkan, tadi sore jam 16.00.WIB.  

KEGIATAN Selanjutnya adalah mengembalikan soal-soal yang telah kami verifikasi ke guru masing-masing di sekolah dan direncanakan Hari Senin tanggal 18 Februari bersama-sama dengan teman MGMP mapel lain.


temu teknis dengan Ketua MKKS beserta jajarannya untuk pengembalian soal yang telah ditelaah


akhirnya disepakati hari Senin tanggal 18 Feb 2019 

kepareng riyin sangking kawulo, kepala suku mgmp kab.mbanyumas.  Klilan





0 Response to "JELANG USBN, SEPERTI MAU NGUNDUH MANTU"

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel