-->

Profil Penerima ANUGERAH KEBUDAYAAN DAN PENGHARGAAN MAESTRO SENI TRADISI 2017



www.mgmpsosiologijateng.com - Berikut ini merupakan sajian kata pengantar yang ada di buku "Profil Penerima ANUGERAH KEBUDAYAAN DAN PENGHARGAAN MAESTRO SENI TRADISI 2017" yang dirilis oleh Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2017. Sehubungan dengan sumber literasi di sekolah dan misi membangun karakter siswa, maka buku ini menjadi penting posisinya untuk dihadirkan di sekolah-sekolah, khususnya para Guru Sosiologi di SMA. Mengapa? Karena di dalam buku ini menyajikan praktik-praktik baik untuk ditiru dan diteladani oleh para siswa, dan tentu juga oleh Guru Sosiologi SMA di Jawa Tengah. Untuk membangun tradisi literasi yang baik, dalam artikel ini telah dilengkapi link download bukunya.
Puji  syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa,  atas rahmat, berkat,  dan ridho-Nya, kita dapat menyelesaikan penyusunan buku Profil Penerima Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi Tahun 2017. Tahun  ini kita berhasil mengindentifikasi  47 tokoh seniman dan budayawan yang patut diteladani, sebagai bagian penting dalam peristiwa bersejarah dalam pembangunan karakater bangsa.  Di tengah budaya global ini, keteladanan para tokoh adalah sumber inspirasi bagi generasi penerus,  sebagai penguatan    karakter bangsa. Sekecil apa pun  karya budaya yang dihasilkan   oleh seseorang atau komunitas yang peduli dan berdedikasi terhadap kebudayaan, terkandung nilai-nilai positif.  Karena  proses berkarya seseorang atau komunitas tersebut tidak lahir begitu saja, tetapi melalui pencaharian ilham, inspirasi, ide, gagasan, pemikiran. Ada sebuah transformasi nilai baik dari hasil perenungan dengan Sang Pencipta, dengan sesama, dan dengan lingkungan alamnya.  Perenungan ini dapat melahirkan pengetahuan tradisi,   ekspresi seni, ungkapan dan olahan rasa, yang memungkinkan daya kreasi, kreativitas penciptaan terhadap karya budaya,  baik dalam  bentuk budaya tak benda (intangible cultural) maupun budaya benda (tangible cultural).  Secara historis, proses berkarya seseorang dapat  memberikan inspirasi metodologis yang jika digali mengandung nilai dan makna filosofis.  Dalam konteks internalisasi nilai budaya, keseluruhan ini memiliki dampak strategis terhadap pelestarian kebudayaan yang mencakup perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan.  Dengan  kata lain  di balik sebuah karya,  tersirat   sosok  atau pun tokoh yang memiliki komitmen kuat terhadap pewarisan pengetahuan tradisi, ekspresi seni, nilai-nilai sosial-budaya bagi generasi berikutnya.

link download buku: Profil Penerima ANUGERAH KEBUDAYAAN DAN PENGHARGAAN MAESTRO SENI TRADISI 201 - PDF

Untuk membangun arti penting apresiasi terhadap para tokoh yang telah berdedikasi terhadap kebudayaan ini,  pendokumentasian dan penerbitan profil tokoh  sangat penting. Ini adalah peristiwa bersejarah, bagaimana kita memberikan pengakuan atas jasa tokoh,  sekaligus memaknai momen penghargaan, agar kita tetap menjadi bangsa yang besar. Program Apresiasi Kebudayaan yang digelar setiap tahun ini, diharapkan menjadi ajang silaturahim kita sebagai suatu bangsa. Sebagai sebuah proses, internalisasi nilai budaya diharapkan dapat membangun kesadaran masyarakat sekaligus meningkatkan motivasi generasi muda untuk lebih peduli terhadap pengembangan kebudayaan  Indonesia. Hakikat kita, sebagai suatu bangsa, Bangsa Indonesia. Akhir kata,  kami mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan. Semoga  Ibu,  Bapak,  Saudara-Saudara, dan  anak-anak sekalian selalu mendapatkan rahmat dan kekuatan dari Tuhan Yang Maha Esa dalam menciptakan karya-karya nyata untuk penguatan karakter bangsa.

link download buku: Profil Penerima ANUGERAH KEBUDAYAAN DAN PENGHARGAAN MAESTRO SENI TRADISI 201 - PDF

Sumber: https://www.kemdikbud.go.id/


0 Response to "Profil Penerima ANUGERAH KEBUDAYAAN DAN PENGHARGAAN MAESTRO SENI TRADISI 2017"

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel