-->

Aneka Rupa Ekspresi Foto Makan Bersama



www.mgmpsosiologijateng.com - Ada kecenderungan, foto makan dilakukan pada saat bersama. Entah sendiri, berdua dengan pasangan, hingga dalam meja besar, semua orang cenderung fokus didepan kamera dengan beraneka rupa ekspresi wajahnya.

Perhatikan foto berikut ini


Dilihat dari foto ini, tampak tiga orang sedang selfie makan. Tukang fotonya adalah wanita berjilbab merah. Dengan posisi memiringkan kepala, agar mereka bertiga masuk dalam frame foto selfienya. Dan dari ketiga orang tersebut, tidak ada aktivitas mengunyah makanan.

Yang ada adalah ekspresi menunjukkan rasa senang dan gembira saat makan bersama. Dan tak satupun wajah mereka yang menandakan risau akan siapa yang membayar semuanya.

Berikut juga foto selanjutnya


Ini termasuk foto selfie  makan yang ekstrim. Ada lima orang dalam satu meja makan. Dua orang berjenggot, satu orang sedang menenteng makanan, satu orang sedang pose anggun, dan satu orangnya malu-malu dengan cara menyelinapkan mukanya di belakang bahu temannya.

Foto makan bersama ini tampak sengaja dilakukan pada saat semua makanan masih tampak lengkap. Tampaknya mereka sedang di warung sate yang tentu saja harganya di atas rata-rata. Biasanya, ekspresi yang demikian didukung atas kedekatan hubungan sosial antar mereka. Sehingga pertanyaan siapa yang mentraktir makan sate bersama ini, tidak lagi soal buat mereka.

Yang jadi soal adalah siapa yang menjadi tuan rumah diantaranya mereka. Tentu saja sulit ditebak, karena semua wajah terlihat hingar bingar seolah tanpa beban.

Mungkin mbaknya yang tampak anggun diujung meja.

Selanjutnya, berikut fotonya




Dilihat dari hasil jepretan gambarnya, foto makan ini termasuk kategori foto yang sangat sopan. Tidak seperti foto sebelumnya yang aduhai minta ampun. Namun dibalik foto yang sangat sopan ini, telah mengorbankan salah satu anggotanya yang tidak masuk dalam frame. Entah bagaimana perasaannya. Yang jelas, tukang fotonya dijamin tidak menggunakan hasil fotonya untuk update status di WA.

Kembali pada ekspresi foto makan bersama. Foto makan ini dilakukan bersama delapan orang. Denah dimana mereka duduk, tampak tertata tanpa cela. Seperti foto makan pada umumnya, mereka tampak berwajah sumringah. Senyum dan riang gembira. Bahkan tampak ada yang sedang mengunyah makanan di ujung meja, sesegera berbenah senyum, dengan mengemut makanan sejenak dimulutnya. Biasanya, foto yang demikian cenderung dilakukan pada orang-orang yang berlatar belakang kelas sosial berbeda.

Dalam foto tersebut, kira-kira siapa ya yang menjadi tuan mejanya? Anggap saja tuannya adalah di ujung meja berjilbab hitam. hehehe...

baca artikel selanjutnya Program Kelas Etnografi

Lagi, ekspresi foto makan


Nah,  ini dia foto makan berikutnya. Entah apa yang terjadi dalam foto ini. Ini termasuk foto makan bersama anti mainstream. Coba saja lihat semua muka tidak lagi mengurus rupa foto makan bersamanya. Entah karena kelaparan, atau karena mereka sudah tingkat dewa.

Tampak digambar foto ada empat orang sedang giat makan. Ada yang sedang melet, ada yang sedang ngelek, ada yang sedang nyendok, ada yang sedang fokus menumpak makanan tepat di bawah mulutnya, ada satu orang sedang memotret.

Ada tujuh bungkus makanan. Namun mengapa yang sedang giat makan hanya empat? Mungkin ini karena kelaparan tinggat tinggi. Jadi siapa teman tidak lagi yang utama. Yang penting adalah makan segera karena saking laparnya.

Jika melihat gelasnya, ada lima orang kelaparan yang sedang makan. Hal ini dapat dilihat ada empat gelas kopi, satu gelas teh, dan lima gelas air mineral berstok air melimpah.

Kenapa jumlah nasinya ada tujuh? Jawabnya, itu adalah nasi stok untuk tambahan bagi yang belum kenyang. Wah wah wah ...

Aneka Rupa Ekspresi Foto Makan Bersama 

Berdasar tebak urai foto makan tersebut, ternyata beragam sekali rupa ekspresi saat makan bersama. Ada yang bereskpresi standar, ada yang berekspresi ekstrim, ada yang berekspresi santun sekali, dan ada juga yang berekspresi semau gue yang penting kenyang.

Itulah rupa warna meja makan bersama.
Selanjutnya, apapun ekspresinya, yang penting kenyang semua.

Dan jangan lupa, setelah makan, yang penting adalah basuh tangan dengan air seperti gambar pada foto berikut ini


Salam sosiologi
Salam kuliner
Salam traktir maning

Penulis: Admin MGMP Sosiologi Jateng


0 Response to "Aneka Rupa Ekspresi Foto Makan Bersama "

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel