-->

Kajian Reklame Perspektif Sosiologi Visual



www.mgmpsosiologijateng.com - Yang terbesit dalam pikiran kita ketika melihat papan reklame adalah iklan suatu produk. Seruan yang berulang-ulang agar setiap orang yang melihat papan reklame diharapkan membeli barang yang dipublikasikan. Namun berbeda dengan reklame yang satu ini. Dalam gambar tersebut menunjukkan ada perpaduan antara reklame komersial dan reklame sosial. Pun dengan isi dari reklame, tidak hanya melulu seruan untuk membeli produk. Dalam gambar tersebut terdapat ikon-ikon sosial yang menjadi identitas unggulan suatu masyarakat. Sebut saja, reklame selamat datang.

Foto tersebut adalah hasil jepretan guru Sosioogi SMA Taruna Nusantara, bapak Bambang Edi S, tepatnya pada hari Kamis tanggal 11 Juli 2019, pukul 11.23 wib.

Buah dari  kreatifitas dan kerjasama masyarakat, ucapan selamat sebagai simbol keramah tamahan masyarakat, dapat dilakukan secara kerjasama. Dalam reklame tersebut, adalah hasil kerjasama antara masyarakat wonosobo dan pabrik teh wangi cap sindoro.

Hal menarik apa dalam reklame tersebut ketika didekati dengan perspektif sosiologi visual?

Hal menarik dalam reklame tersebut adalah pesannya. Ada dua pesan yang saling mendukung satu sama yang lain, sebut saja pesan harmoni. Pesan pertama, adalah ucapan selamat datang. Pesan kedua adalah pesan sponsor teh cap sindoro. Hal demikian dikarenakan adanya hubungan eco-ekonomi antara kawasan gunung sindoro wonosobo yang ditanami teh, dengan keberadaan industri teh wangi cap sindoro yang membutuhkan bahan teh dari masyarakat sindoro wonosobo. Hubungan eco-ekonomi inilah yang kemudian mampu membangun pesan harmoni dalam reklame tersebut.

Tentu masih banyak lagi perspektif dalam mengkaji reklame yang demikian. Dan yang ditekankan disini adalah para guru Sosiologi dapat menggunakan media reklame di daerah tempat tinggal masing-masing untuk dikaji bersama para siswanya. Beberapa materi yang dapat disandingkan dengan media reklame diantaranya; norma sosial, perubahan sosial, penelitian sosial, dampak globalisasi, hingga aksi pemberdayaan komunitas.

Beberapa hal yang dapat digunakan untuk pintu masuk dalam mengkaji reklame dengan para siswa, sebagai berikut;
  • norma sosial apa yang terkandung dalam reklame sosial
  • perubahan sosial apa yang terjadi setelah adanya reklame sosial 
  • melakukan penelitian sosial tentang proses keberadaan reklame sosial 
  • dampak globalisasi atas keberadaan reklame sosial 
  • teknik melakukan aksi pemberdayaan komunitas dengan media reklame sosial

Selamat mengeksplorasi sumber belajar di daerah masing-masing dengan tetap memuliakan masyarakat yang setempat.

Salam Sosiologi

Penulis: Admin MGMP Sosiologi Jateng


0 Response to "Kajian Reklame Perspektif Sosiologi Visual"

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel