-->

Manfaat Tanaman Hias Sri Rejeki



www.mgmpsosiologijateng.com - Ratu Daun atau biasa disebut juga Sri Rejeki, adalah tanaman hias yang berfungsi menyerap polutan. Tanaman hias ini sangat cocok ditaruh di depan rumah dengan suasana teduh.

Sri Rejeki ini memiliki nama latin Aglaonema. Masyarakat Indonesia meyakini, setiap rumah yang terdapat tanaman hias yang satu ini, dijamin pemiliknya selalu mendapatkan rejeki. Maka dari keyakinan itulah, tanaman cantik ini disebut Sri Rejeki.

Taman berdaun cantik dan eksotis ini kerap kali dijadikan tanaman halaman dan ruang. Hampir disetiap taman dan ruang layanan publik, sangat mudah dijumpai.

Morfologi Aglaonema ini cukup menarik diamati. Dedaunannya yang kaya akan warna, juga menyimpan kadar air yang cukup. Sehingga setiap tanaman ini diletakkan di spot ruang dan taman, selalu memberi nuansa terapis dan sejuk.


Menyoal tentang mitos bahwa Aglaonema adalah tumbuhan yang akan mendatangkan rejeki, penjelasannya begini. Sebenarnya, tanaman ini bukanlah tanaman yang seperti tuyul yang bisa membuat syirik pemiliknya. Tanaman ini tidak ada hubungannya dengan berbagai energi dan kekuatan yang dapat menyedot harta tetangga. Yang dimaksudkan rejeki dalam nama Sri Rejeki adalah karena peran tanaman tersebut yang dapat menyedot polutan. Beberapa polutan yang dapat diserap diantara asap rokok, asap timbal, asal bakar sampah, dan ragam asap yang mengganggu kesehatan mahluk hidup. Selain itu, tanaman menawan ini juga dapat meredam pertumbuhan jamur disekitar lokasi. Dengan peran yang cukup penting itulah, secara langsung dapat memberi manfaat kesehatan pemilik, dan setiap orang yang ada dilingkungan Aglaonema tumbuh. Mengingat begitu mahalnya biasanya kesehatan, dan Aglaonema dapat berperan menyehatkan lokasi dan ruang, maka disebutlah dengan istilah Sri Rejeki. Adapun Sri dalam nama Sri Rejeki adalah menandakan pemulia tanaman tersebut dari kalangan perempuan.

Untuk memiliki bunga taman ini cukup mudah. Bagi yang sudah memiliki indukan, dapat dilakukan penangkaran melalui batang anakan. Hanya saja, tidak semua orang dapat melakukan penangkaran bunga yang satu ini. Syarat wajibnya, orang tersebut harus berhati lembut dan nyaman, seperti karakter Sri gitu.

Bagi para orangtua, tanaman ini sangat cocok untuk media edukasi keluarga dalam mengenal tanaman hias, morfologi, perawatan, hingga manfaatnya. Mari bersama-sama menyumbang peran dalam mewujudkan lingkungan yang sehat, asri, dan menawan.

Penulis: sri-Suhadi (Pemulia tanaman pangan dan hias)

0 Response to "Manfaat Tanaman Hias Sri Rejeki "

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel