-->

Menulis di Blog Tematik Suasana RT Tempat Tinggal Siswa Menjelang Perayaan 17 Agustus 2020



www.mgmpsosiologijateng.com_ Biasanya, suasana desa semakin ramai saat menjelang perayaan Agustusan. Semua warga desa yang terbagi dalam tiap-tiap RT saling cangcuttaliwondo mempersiapkan pentas karnaval yang tidak lama lagi akan digelar. Hampir tiap hari, kelompok tari kolosal dan group tongtongklek berlatih untuk memastikan  performa pentasnya nanti. Semua  group wa warga pun  tak henti-hentinya mengabarkan perkembangan latihan dari hari ke hari. Setiap ada masalah  latihan, mereka selalu sigab mencari solusi.


Namun kini, suasana desa  beda. Hanya sesekali tampak bendera merah putih dipajang depan rumah oleh wanita paruhbaya mengenakan masker bertali panjang. Kerumunan warga tak lagi terlihat. Kali ini, pentas tari kolosal dan tongtongklek dipastikan absen. Karena bulan ini tak ada lagi karnaval tujuhbelasan. 

Warga desa saling mulai berbisik. Menyoal tak ada perayaan kemerdekaan. Sebagian, mereka tetap patuh terhadap protokol kesehatan dengan tidak berharap adanya karnaval. Sebagian lagi, walaupun dengan ragu, masih tampak berharap karnaval tetap digelar.

Entah dengan model apa peringatan kemerdekaan yang akan digelar warga desa. Bagi mereka, selama ini, karnaval tujuhbelasan adalah tindakan tulus dalam menyalurkan cintanya kepada tanah air.

Suasana Gapura Desa (Lokasi: Kecamatan Karangdadap, Kabupaten Pekalongan)

Berdasarkan ilustrasi tersebut di atas, buatlah tulisan tematik suasana RT Tempat Tinggal Kalian Menjelang Perayaan 17 Agustus 2020

  • Tulisan memuat tentang potret suasana dan ide kreatif tentang bagaimana dalam merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus 2020 ini.
  • Tulisan hendaknya berangkat dari hasil observasi dan keadaan riil. Tulisan minimal 5 paragraf, dan setiap paragraf berisikan 7 kalimat.
  • Karya tulisan diposting di halaman blog masing-masing dengan menyertakan foto suasana menjelang 17 Agustus 2020.
  • Tugas ini dikerjakan selama1 Minggu, terhitung mulai pada saat tugas ini diberikan.


Terima kasih
Tim Pengembang Kurikulum
MGMP Sosiologi Jateng
 

0 Response to "Menulis di Blog Tematik Suasana RT Tempat Tinggal Siswa Menjelang Perayaan 17 Agustus 2020"

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel