-->

Tetap Positif Feeling Berada di Masa Pandemi



Oleh: Siti Aisiyah Nurhayati,S.Sos (SMAN 3 Purworejo; aisiyah22@gmail.com)

Mata pelajaran Sosiologi adalah pelajaran yang membahas tentang kehidupan sehari-hari secara nyata bukan yang seharusnya. Pandemi mengubah kondisi seharusnya menjadi suatu kenyataan yang terjadi di luar prediksi manusia. Peserta didik yang seharusnya belajar di sekolah menjadi tempat dan aktifitas bertemu dengan guru secara langsung, kini berubah menjadi belajar di rumah dengan pembelajaran jarak jauh yang hanya mendapat instruksi dari guru yang memberikan kesan pasif bagi peserta didik.

Banyak kendala yang dihadapi dalam kegiatan ini. Namun untuk mempelajari pelajaran sosiologi melalui kehidupan sehari-hari justru peserta didik sangat diuntungkan dengan melihat secara langsung kenyataan yang terjadi di masyarakat. Dengan berbekal intruksi dari guru tentang materi yang sedang dibahas, peserta didik melakukan pembelajaran dirumah dengan mengaplikasi kenyataan dilingkungan sekitarnya.

Mengerjakan tugas sekolah banyak dilakukan dengan memadukan teknologi digital dan konvensional. Tugas dari guru melalui berbagai aplikasi media sosial yang ada. BBB adalah kepanjangan dari BigBlueBotton salah satu layanan aplikasi di media sosial yang bisa menjadi alternatif pembelajaran. Aplikasi ini sangat membantu kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara tatap muka meskipun hanya melalui dunia maya.

Seperti materi masalah sosial yang sedang dibahas pada saat ini. Penggunaan BBB bisa dijadikan layanan untuk melakukan presentasi peserta didik bersama guru. Guru membagi tugas tiap peserta didik guna membahas satu masalah sosial yang terjadi di lingkungan sekitar. Guru juga bisa menyampaikan sumber belajar yang bisa digunakan sebagai pegangan peserta didik untuk dipelajari mandiri. Peserta didik menyiapkan permasalahan yang dihadapi di lingkungan sekitar untuk disampaikan saat presentasi menggunakan BBB. Peserta didik yang lain mengikuti kegiatan tersebut. Guru bisa langsung memberikan komentar ataupun menanggapi masalah yang sedang dikaji dan menilai sesuai dengan yang diinginkan.

Orang tua pun bisa memantau kegiatan anaknya dan belajar bersama sebelum dan ketika proses berlangsung. Pembelajaran ini sangat bermanfaat dan menjadi pengalaman menyenangkan bagi peserta didik dimana mereka bisa tatap muka tetap belajar seperti di sekolah, namun dilakukan di rumah. Keresahan orangtua ketika harus mendampingi belajar anak menjadi berkurang karena anak masih bisa bertemu dengan gurunya.

Hanya sedikit kendala yang mungkin terjadi yaitu ketersediaaan sarana dan prasarana untuk kegiatan BBB di dunia maya tersebut. Namun masih bisa teratasi dengan selalu memantau dan menjalin komunikasi antara pihak sekolah dan rumah melalui wa group kelas atas kesiapan peserta didik dan guru.

Masa pandemi bukan menjadi halangan untuk belajar. Justru dengan menghadapi pandemi ini, SMAN 3 Purworejo bisa mengambil sisi positifnya dan mengesampingkan sisi negatif. Pandemi covid 19 memang tidak bisa kita hindari, namun kegiatan belajar tetap harus bisa dilaksanakan.

Melalui BBB atau BigBlueBotton yang merupakan perkembangan  teknologi digital di dunia maya,  mampu menggabungkan proses pembelajaran sosiologi dengan teknik konvensional tatap muka antara peserta didik dan guru meskipun dilakukan dirumah. Guru tidak kesulitan untuk menyampaikan materi, peserta didik tetap aktif melakukan kegiatan pembelajaran. Inilah salah satu sisi positif yang bisa diambil dari masa pandemi.

Penulis adalah Siti Aisiyah Nurhayati, S.Sos, Guru Sosiologi di SMAN 3 Purworejo

SMA Negeri 3 Purworejo
Alamat: Jalan Yogyakarta, Km. 8, Rw.1, Keduren, Kec. Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54173
Telepon: (0275) 323665
Googlemap: SMA N 3 Purworejo

0 Response to "Tetap Positif Feeling Berada di Masa Pandemi"

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel