-->

Kumpulan Artikel Masakan Keluarga


www.mgmpsosiologijateng.com - Masakan Keluarga, 

1. Tumis Jamur Tiram Khas Keluarga Ibu Sunarti

Oleh: Siti Alfiah

Resep racikan tumis jamur ini saya belajar dari ibu saya,dan saya di berikan arahan cara memasak tumis jamur ini, karena bahan nya yang mudah di dapat dan tidak memerlukan waktu lama untuk membuatnya sehingga Masakan ini cukup diminati keluarga saya.Tumis jamur ini memerlukan sedikit bumbu seperti bawang merah, bawang putih cabai, tomat,garam,dan penyedap rasa secukupnya, takaran dan bumbu yang pas akan menambah masakan tumis jamur ini menjadi nikmat dan lezat .

baca artikel lengkapnya Tumis Jamur Sunarti 

2. Sayur Asem Masakan Keluarga Bu Alin






Oleh: Novita Eka Wulandari (novitaeka989@gmail.com)

Bumbu yang digunakan untuk membuat sayur asem sangatlah mudah didapat dari kehidupan kita sehari-hari. Untuk membuat sayur asem yang enak ,juga diperlukan racikan bumbu yang pas. Harus ada keseimbangan antara bumbu yang satu dengan yang lain. Racikan bumbu yang pas akan menciptakan sayur asem dengan cita rasa yang sangat nikmat. Resep masakan Sayur Asem yang dibuat oleh keluarga saya, adalah resep turun-temurun dari kedua nenek saya. Karena kedua nenek saya berasal dari daerah yang berbeda, yaitu Jawa Tengah, dan Jawa Timur, maka resep nya pun juga berbeda, tetapi resep itu selalu dijaga dan di turunkan ke anak dan cucunya. Karena bagi keluarga saya, resep makanan dari orang tua itu perlu dijaga dan dilestarikan. Nah, jika kalian lihat, resep masakan Sayur Asem yang dibuat oleh keluarga saya, itu menggunakan Asem Jawa. Alasan keluarga saya membuat Sayur Asem dengan menggunakan Asam Jawa yaitu, karena Sayur Asem itu akan terasa lebih nikmat dan segar apabila menggunakan Asam Jawa. Beda jika kita menggunakan Belimbing Wuluh( pengganti Asem Jawa) itu akan membuat Sayur Asem kurang nikmat dan segar. 

baca artikel lengkapnya Sayur Asem, dan klik juga Video Masakannya

3. Sayur Garang Asem Ibu Lila












Oleh: Rena listiana Maharani

Di keluarga saya, sayur garang asem bisa terbilang sayur favorit karena ibu sering memasak sayur ini. Tidak ada waktu pastinya karena biasanya ibu memasak sayur ini ketika semua keluarga berkumpul di rumah. Kakak saya sangat menyukai sayur garang asem ketika di hidangkan dengan sambal yang pedas karena pecinta makanan pedas. Namun ayah saya tidak terlalu suka dengan sayur ini jika di beri ayam potong karena ayah saya hanya suka ayam jawa.

baca artikel lengkapnya Garang Asem

4. Urap Sayur Masakan Keluarga Ibu Nisak











Oleh: Naura Nisrina Afifah

Racikan bumbu berasal dari ibu tercinta. Saya meracik bumbu urap  dibantu oleh ibu yang memiliki kekhasan tersendiri dalam resep masakannya. Resep yang digunakan ibu dalam pembuatan urap sangat khas karena terdapat rempah berupa kencur. Rempah kencur memiliki ke khasanah dalam aroma dan rasa sehingga jika masakan urap ditambah dengan kencur akan menambah cita rasa masakan tersebut.

baca artikel lengkapnya Urab Sayur, klik juga Video Masakannya

5. Ceker Ayam Asam Manis Pedas















Oleh:  Asri'ah
Ceker ayam ini sering di konsumsi keluargaku dikarenakan harga bahannya yang relatif lebih murah.mudah di jumpai di pasar, di sajikan dengan menggunakan lalapan seperti timun, dan daun kemangi sebagainya. Ceker ayam asam manis pedas di campur lalapan dengan mentimun memanglah sangat enak bila di makan dan rasanya segar.

baca artikel lengkapnya Ceker Ayam Pedas, klik juga Video Masakannya

6. Pepes Tahu Keluas Mahmudah 












Oleh: Wiwik Nur Maghfiroh
Tahu merupakan salah satu masakan masyarakat yang sampai saat ini masih digamari dan dikonsumsi oleh masyarakat. Tahu bisa kita temukan dipasar terdekat dengan mudah. Menunjukkan bahwa olahan kedelai ini favorit disemua kalangan. Harganya pun sangat terjangkau, rasanya enak dan kandungan gizinya juga tinggi. Olahan tahu bisa kita nikmati dengan berbagai cara salah satunya dengan dibuat olahan pepes tahu. 

baca artikel lengkapnya Pepes Tahu, klik juga Video Masaknya 

7. Oseng Tempe, Masakan Kesukaan Keluargaku











Oleh: Agnisa Martin Safa'ati 
Setiap keluarga pasti memiliki cara yang unik, serta resep masakan yang berbeda-beda meski dengan dengan menu dan masakan yang sama. Ibuku biasanya membuat berbagai olahan masakan dari tempe misalkan tempe mendohan, tempe bacem, sayur tempe dan Oseng Tempe. Oseng Tempe merupakan makanan tervavorit di keluargaku masakan  ini sering di konsumsi oleh keluargaku disaat tidak punya banyak waktu untuk memasak, keluargaku memang sangatlah menyukai tempe. Ibuku biasanya memasak oseng tempe di pagi hari saat saya akan pergi ke sekolah karena menu ini sangat simpel, mudah, dan praktis dibuat. Meski hanya oseng tempe tapi memiliki berbagai jenis manfaat. Sederhana tapi sangat menggugah selera. 

baca juga artikelnya Oseng Tempe, klik juga Video Masaknya

8. Semur Tahu Keluarga Ikha















Oleh: Sri Nur Zulaikha

 Kita bisa menikmati semur dengan keluarga dan terkadang semur ini biasa dinikmati saat hari lebaran tiba. Bisa juga untuk hari-hari biasa, dinikmati dengan lontong ataupun ketupat. Cita khas rasa yang tercipta dari semur ini sangat enak karena ada banyak rasa yang dihasilkan dari bumbu yang ada dalam semur, ada rasa manis dari kecap, dan pedas.

baca juga artikelnya Semur Tahu, klik juga Video Masakannya

9. Asem-Asem Daging Sapi 








Oleh: Rily Amelia 

Cara menghidangkan masakan ini yaitu dengan menaruhnya di meja makan lalu makan bersama dengan keluarga. Menikmati masakan tersebut pastinya bersama keluarga pada saat lapar dan cocok dihidangkan pada  musim hujan sekarang ini. Saya menikmati masakan tersebut bersama nenek, budhe, dan pakdhe. Suasana makan bersama keluarga di ruang tamu yaitu cerita mengenai masakan tersebut dan katanya enak. Semuanya suka semua tidak ada yang tidak suka.

baca juga artikelnya Asem-asem Sapi, klik juga Video Masakannya

10. Krengsengan Ayam












Oleh: Ainnur Ayu Nanda Agustin (shijrah337@gmail.com)

Krengsengan di keluarga saya merupakan makanan yang cukup disukai, terutama ayah saya. Ketika makan krengsengan, ayah teringat dengan kota lahirnya, Surabaya. Karena apa?...  Karena krengsengan adalah makanan khas Surabaya. Ya, walaupun rasanya beda jauh sama yang asli dan tanpa pakai petis, makanan tersebut cukup mengingatkan tentang Surabaya. Ayahku menyadari bahwa di daerah sini (Rembang) mencari petis seperti yang di Surabaya sangatlah sulit, jadi tak masalah jika tanpa pakai petis.

baca juga artikelnya Krengsengan Ayam, klik juga Video Masakannya

11. Urab Sayur 










Oleh: Widya Nuraini

Kata urap berasal dari bahasa Jawa yang artinya urip atau hidup. Dan orang hidup bukan hanya sekadar mengacu pada raga, namun juga batin (cipta, rasa, dan karsa). Sehingga dari sinilah dapat disebutkan bahwa kesempurnaan orang hidup harus menggunakan akal-budi dalam mencapai tujuan mulia yang dibutuhkan raga.Namun, seseorang juga tidak boleh mengesampingkan kebutuhan batin yang harus dipenuhi. Oleh sebab itu, manusia harus berupaya mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Sang Maha Pemberi Hidup, yang telah memberikan akal-budi dan kenikmatan tak terkira kepada setiap insan sehingga dapat memiliki kesadaran horisontal dan transendental.

baca juga artikelnya Urab Sayur, klik juga Video Masakannya

12. Urab Daun Singkong 












Oleh: Failul Nur Fatimah

Hal yang menarik dari masakan urap adalah rasanya yang khas dan tidak mengandung daging sama sekali, jadi bisa dimakan sama orang yang tidak suka daging.

baca juga artikelnya Urab Singkong, klik juga Video Masakannya

13. Pindang Tewel Yu Sumi










Oleh: Ahmad Nur Fuadi

Pada musim begini musim hujan buah nangka banyak berbuah dan dijual keliling menggunakan keranjang yang dimuat menggunakan sepeda motor biasanya harga yang dijual relatif sangat murah dan sangat terjangkau untuk ukuran kecil biasanya berbobot 1 sampai 2 kilo yang terdiri dari 4 buah ah biasanya dijual seharga Rp5.000 sedangkan yang besar ukuran 5 kiloan  hanya dibandrol 6 sampai Rp7.000 untuk kendala tewel sangat mudah ditemui di desaku biasanya mamaku mencarinya di kebun kebun tetangga yang biasanya dijual.

baca juga artikelnya Pindang Tewel, klik juga Video Masakannya

14. Asem-asem Buncis Wortel Ibu Muhimah












Oleh: Iqroul Maqriah 

Kembali lagi dengan saya IQROUL MAQRIAH. kali ini saya akan membuat blog tentang masakan keluarga yang berjudul "Asem-asem Buncis Wortel".masakan ini sesuai dengan resep keluarga saya. Oke dibawah ini ada sedikit cerita tentang masakan dll.nah disini saya ceritakan sedikit  tentang keluarga saya. Keluarga saya kebanyakan suka sama masakan yang bercita rasa pedas dan gurih. Tetapi disini ibu saya yang sangat suka dengan rasa pedas. Sedangkan ayah saya tidak suka rasa pedas, sama seperti aku, karena setelah memakan makanan pedas maag saya kumat. Dan kedua kakak saya itu juga suka sama rasa pedas.keluargaku lebih suka ketika makan itu ada kuahnya, jika tidak ada itu rasanya kayak ada yang kurang... Itulah sedikit ceritanya.

baca juga artikelnya Asem-asem Buncis, klik juga Video Masakannya

15. Masakan Sambal Terong 








Oleh: Sholikhul Huda

Selain masakan berfungsi untuk mengisi perut disisi lain masakan khas keluarga lah yang menjadikan alternatif keluarga dapat berkumpul, berbincang, yang akan menimbulkan kebahagiaan tersendiri, oke teman-teman terimakasih sudah membaca sedikit artike menganai "masakan keluarga dalam sudut pandang sosiologi" semoga dengan masakan kita semua dapat lebih sayang dengan keluarga, menghargai makanan, serta tau bahan-bahan apa yang ada dalam dapur.

baca juga artikelnya Masakan Sambal Terong, klik juga Video Masakannya

16. Sayur Asem Masakan Sederhana 










Oleh: Rizka Atifatun Nisa

Sajian yang sederhana namun spesial ini diminati bukan hanya masyarakat Jawa Tengah saja, justru daerah lain pun menyukainya. Kuah yang sedikit asem yang berasal dari bahan alami tidak hanya akan menggugah nasfus makan kita saja, melainkan juga akan menyegarka terlebih lagi jika kita menyantapnya di siang hari.Dan biasanya di sajikan dengan sambal ikan panggang nikmat banget deh

baca juga artikelnya Sayur Asem, klik juga Video Masakannya

17. Jerohan Hati Ayam Masakan Keluarga













Oleh:  Sri Anggraini 

Langkah berikutnya , sediakan wajan yang akan digunakan memasak.lalu tuangkan secukupnya minyak goreng atau kurang lebih 2 sendok makan. Panaskan minyak goreng. Setelah panas silahkan tumis bumbu yang sudah anda haluskan. 

baca juga artikelnya Jerohan Ati, klik juga Video Masakannya

18. Urap Jawa Resep Keluarga










Oleh: Khoirul Fitriyani

Urap adalah salah satu makanan yang cocok di lidah orang Indonesia yang rasanya enak dan cocok dimakan  untuk makanan sehari hari. Selain untuk dimakan sehari-hari, urap juga sering dijumpai sebagai sayur tumpeng. Dalam filosofi tumpeng, konon urap menjadi simbol dari kerukunan. Hal tersebut karena komposisi urap yang terdiri dari beragam sayuran. Sayuran sendiri dimaknai sebagai pertumbuhan, ketentraman, atau melambangkan keinginan yang sudah tercapai. Ada pendapat yang mengatakan bahwa urap berasal dari kata "urip", yang artinya hidup. Oleh karena itu, urap dijadikan simbol syukur atas limpahan hidup yang diberikan Tuhan. Urap identik dengan makanan khas Jawa. Meski demikian, sebenarnya urap banyak ditemukan di Indonesia. Di berbagai daerah memiliki versi urap dengan namanya masing-masing. Satu di antara makanan yang identik dengan urap adalah gudangan.

baca juga artikelnya Urab Jawa, klik juga Video Masakannya

19. Tumis Daun Pepaya Ala Keluarga Raekanah













Oleh: A'isyah Nurus Salamah

 Tumis daun pepaya enak dihidangkan ketika masih panas, karena menurut saya selagi masih panas membuat masakan itu terasa lebih nikmat dan lezat apalagi dengan nasi liwet dan makan bersama keluarga itulah surga dunia, nikmat dari Allah SWT yang sangat berlimpah. 

baca juga artikelnya Tumis Daun Pepaya, klik juga Video Masakannya

20. Masakan Tumis Kangkung Khas Keluargaku

Oleh: Tiyas Adi Triya

Tumis kangkung menjadi salah satu masakan kesukaan dan sering dibuat di keluargaku karena bahannya mudah dicari , proses pembuatannya mudah dan rasanya tidak kalah enak dari masakan yang lain. Keluargaku mengonsumsi tumis kangkung sebagai lauk ataupun pendamping nasi apalagi bila dimakan dengan nasi jagung rasanya menjadi lebih enak.

baca juga artikelnya Tumis Kangkung, klik juga Video Masakannya

21. Masakan Sambal Ikan Panggang













Oleh: Muhammad Syahrul Feriyanto

Masakan yang saya masak adalah sambal ikan panggang, dari namanya memang makanan itu terlihat makanan sederhana, namun kesederhanaan namanya itu tidak pula rasanya juga ikut sederhana, tetapi rasanya itu sangatlah sedap, sambal di campur dengan ikan panggang yang rasanya enak semakin menambah cita rasa sambal yang di konsumsi.

baca juga artikelnya Sambal Ikan, klik juga Video Masakannya

22. Resep Fuyunghai dan Oseng Bihun ala Rumahan yang Mudah dan Enak










Oleh: Sugiana

Sejak kecil aku suka sekali makan bihun goreng. Semua jenis bihun goreng baik itu yang model Jawa pakai merica utuh diulek dengan bawang, yang bawangnya dikeprek... semua aku suka. Bahkan kalau makan mie, aku juga pakai bihun, pokoknya kalau ada kesempatan untuk memilih antara mie dan bihun, aku pasti pilih bihun.dan aku juga sangat menyukai aneka olahan telur di antaranya fuyunghai. Menurut kau walaupun makanannya sederhana tetapi tidak mengalahkan cita rasa yang sangat gurih dan lezat.

baca juga artikelnya Sambal Ikan, klik juga Video Masakannya

23. Pecel, Masakan Kesukaan Keluargaku















Oleh: Alya Agustina Tri Mulyani 

Pecel memiliki peluang yang sangat besar untuk menjadi makanan kuliner karena hidangannya yang praktis. Pecel juga sering dijumpai diwarung makan pinggir jalan raya. Warung-warung makan dipinggir jalan sering menjual pecel karena pecel sering digemari oleh orang-orang lokal. 

baca juga artikelnya Sambal Ikan, klik juga Video Masakannya

24. Botok Udang


 









Oleh: Fitri Wahyuningsih

Makanan botok udang menurut keluarga ku adalah makanan yang sederhana tapi memiliki rasa khas tersendiri. Botok udang memiliki rasa yang sangat gurih dan enak. Jenis botok juga' bermacam-macam, seperti botok jamur, botok tempe,botok tahu dan lain lain. Batok udang menggambarkan kebersamaan dan saling menjaga, karena botok udang dibungkus rapat-rapat dengan daun pisang.

baca juga artikelnya Botok Udang, klik juga Video Masakannya

25. Tumis Kangkung Khas Keluarga Joko















Oleh: Dewi Lantika Nur Amilliya

Kekhasan cita  rasa tumis kangkung yang sangat enak dan jika di padukan dengan nasi hangat bisa jadi sajian andalan ketika kamu sedang tidak punya banyak waktu/sedang capek.

baca juga artikelnya Tumis Kangkung, klik juga Video Masakannya

26. Tongseng Sawi Putih 










Oleh: Selvi Mariska

Pengelolahanya sangat mudah, sawi putih dan wortel di cuci, lalu dipotong potong.kemudian bumbu masakan seperti cabai, bawang merah, dan bawang putih di iris tipis tipis. Lalu panaskan minyak goreng dan masukkan cabai,bawang merah, dan bawang putih yang sudah di iris tipis ke wajan yang sudah diberi minyak goreng,setelah bau sudah harum masukan bakso, dan sawi putih, tambahkan 1 gelas air, dan beri royco atau penyedap lainnya seperti; Garam, motto, masako. Cek rasa,kalau dirasa ada yang masih kurang bisa ditambahkan penyedap lagi, tunggu sampai sawi putih layu dan air agak menyusut, setelah dirasa sudah matang tongseng sawi putih siap dihidangkan dan dinikmati keluarga, selain bahan mudah didapat masakan ini juga sehat,dan tentunya tidak mahal lhoooo!!!!

baca juga artikelnya Tongseng Sawi, klik juga Video Masakannya

27. Gudheg, Masakan Kesukaan Keluargaku












Oleh: Nesa Jauhara Cahyani

Potong nangka muda berbentuk dadu besar. Rebus nangka muda dalam air atau air kelapa tua secukupnya hingga lunak. Angkat dan tiriskan nangka muda. Bumbu Halus: Haluskan semua bahan bumbu dengan blender atau ulekan hingga halus benar. Masukkan nangka muda dan telur ke dalam panci. Tuangi santan, masukkan bumbu halus, daun salam,lengkuas dan gula merah.Masak dengan api sedang hingga bumbu meresap dan kuahnya susut. Tuangkan santan kental. Masak dengan api hingga kuah benar-benar susut. Dan matikan api.

baca juga artikelnya Gudheg, klik juga Video Masakannya

28. Masakan Sayur Sop Khas Keluargaku












Oleh: Pratamaningrum

Hal menarik dari masakan sayur sop menurut saya kandungan manfaat seperti wortel (diperkaya vitamin A, yg bagus untuk mata), kentang (mengandung potasium, vitamin C, karbohidrat kompleks), brokoli (mengandung senyawa anti kanker), seledri (protein, kalsium), kol (meningkatkan kesehatan otak), buncis (menjaga kesehatan jantung), bermanfaat sekali terutama bagi kesehatan, karena setiap sayur mengandung khasiat, seperti menyembuhkan penglihatan rabun, mengurangi resiko leukemia, menambah karbohidrat, menjaga daya tahan tubuh agar bisa sembuh dari suatu penyakit misalnya flu.

baca juga artikelnya Sayur Sop, klik juga Video Masakannya

29. Jangan Asem Godong Telo Masakan Keluarga Ibu Muifah















Oleh: Nur Afifah Fitriani

Sayur asam daun singkong merupakan salah satu masakan yang sering menjadi menu sayuran favorit di rumah, khususnya dalam keluarga kami. Selain karena cara memasaknya yang mudah, daun singkong juga sangat nikmat untuk disantap bersama berbagai macam lauk, seperti tempe goreng, tahu, ikan dan ayam. Daun singkong juga sangat mudah di dapatkan, banyak penjual sayur keliling yang menjual sayuran ini. Cita rasa dari daun singkong sendiri sangat enak, tidak kalah dengan sayuran lainnya seperti kangkung, bayam, dan juga sawi. 

baca juga artikelnya Sayur Asem Telo, klik juga Video Masakannya

30. Urap Jawa Resep Mbah Juremi










Oleh: Khoirul Fitriyani

Hal menarik dari masakan tersebut adalah rasanya yang enak dan bahan dan pembuatannya sangat mudah. Urap yang memiliki rasa gurih dan pedas tidak bisa di pungkiri lagi karena banyak masyarakat Indonesia yang suka rasa gurih dan pedas sehingga cocok untuk lidah indonesia. Selain itu sayur yang digunakan dalam bahan urap tersebut menambah nilai tambah karena makan sayur dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Biasanya sayur yang dimasak biasa menggunakan kuah tetapi masakan urap ini tidak menggunakan kuah sehingga bisa mencoba hal baru dalam mengolah sayuran.

baca juga artikelnya Urab Jawa, klik juga Video Masakannya

31. Masakan Oseng Teri Petai Khas Bu Karsi










Oleh: Siti Nadlifah

Teknik memasak oseng teri petai terbilang cukup mudah kita hanya perlu siapkan wajan yang sudah dikasih minyak goreng kemudian tumis bumbu diatas hingga sedikit layu kemudian baru masukan ikan teri dan jangan lupakan penyedap rasa sesuai selera.

baca juga artikelnya Teri Klanding, klik juga Video Masakannya

32. Tumis Mlanding Khas Keluarga Siti Aisah












Oleh: Nurul Nikmah

Setiap keluarga pastinya memiliki cara masak tersendiri di setiap masakan nya walaupun tergolong sama. Keluarga saya sangat menyukai berbagai olahan masakan dari petai cina atau di Jawa biasa disebut lamtoro (Mlanding). Ibuku biasanya membuat jenis masakan dari petai cina diantaranya: bothok mlanding, sambal mlanding, oseng mlanding tempe, dan yang paling saya sukai yaitu tumis mlanding. Masakan tumis Petai Cina memanglah olahan masakan yang sangat sederhana tetapi rasanya tidak kalah enak dengan masakan lainnya karena mempunyai cita rasa yang khas.

baca juga artikelnya Tumis Mlanding, klik juga Video Masakannya

Keterangan: Artikel ini masih dalam proses. Terimakasih.





0 Response to "Kumpulan Artikel Masakan Keluarga "

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel