-->

Festival Bandeng Mrico


www.mgmpsosiologijateng.com - Festval Bandeng Mrico, Desa Dasun ditetapkan menjadi Desa Pemajuan Kebudayaan oleh Kemendikbudristek dengan Nomor SK 1134/F5/KB.02.04/2021 tertanggal 25 Mei 2021. Penetapan desa pemajuan kebudayaan ini akan difokuskan pada kegiatan pemajuan kebudayaan desa Dasun. Daya Desa dan Daya Warga Telah melakukan identifikasi terhadap potensi kebuadayaan yang dimiliki oleh Desa Dasun pada tahap temu kenali. Dari hasil identifikasi yang dilakukan oleh daya warga, rencana kegiatan pemanfaatan pemajuan kebudayaan desa mengusung tema kebaharian dengan nama “Festival Bandeng Mrico Corona Lungo”. Kegiatan tersebut didasarkan pada potensi budaya yang dimiliki desa dasun dengan unsur kebaharaian yang sangat kuat. Mulai alat tangkap nelayan, system panen ikan di tambak, produk olahan, pengelolaan tambak semuanya masih dilakukan secara tradisional. Selain itu adanya situs galangan kapal mulai zaman kerajaan majapahit – masa Hindia Belanda menandakan desa dasun sangat kuat dalam unsur kebaharian. 

baca juga Galeri Aktivitas Riset Kebudayaan Desa

Pada saat temu kenali dengan tokoh masyarakat desa Dasun daya desa beserta daya warga dibantu oleh lembaga desa dasun dan komunitas desa salah satunya komunitas DHS. Dasun Heritage Society atau dikenal dengan DHS dibentuk Pada tahun 2016 yang bertujuan untuk menjaga, melestarikan dan mengembangan potensi budaya yang ada didesa. Sampai saat ini komunitas tersebut masih aktif dibawah bimbingan kepala desa melalui program-program yang telah dirumuskan bersama. kegiatan terakhir yang dilakukan yaitu ikut sebegai daya warga untuk menyukseskan program pemajuan kebudayaan.

baca juga artikel Sungai Lasem
baca juga
Kaos Festival Bandeng Mrico

Memilih kegiatan festival budaya merupakan keinginan masyarakat agar semua potensi kebudayaan yang ada dapat dimunculkan dalam satu kegiatan. Pada setiap tahunya Desa Dasun sudah melakukan kegiatan gelar budaya dan promo wisata, tetapi hanya beberapa potensi budaya yang muncul dalam kegiatan tersebut. Dengan adanya kegiatan “Festival Bandeng Mrico” diharapkan mampu memunculkan potensi yang ada di desa namun tetap mempertahankan kelestarian dan nilai dari budaya desa. Kegiatan ini juga memperkenalkan kembali kepada masyarakat tentang budaya desa agar tetap dibudayakan dan tetap lestari. Selain memberikan dampak kelastarian diharapkan “Festival Bandeng Mrico” menjadi pendobrak event kebudayaan desa dan juga mampu mengembangkan ekonomi lokal kedepanya yang merupakan tujuan utama dari masyarakat dan desa.

Penulis: Achmad Sholeh Syariffudin
Keterangan gambar: Gambar diambil dari Naskah Presentasi Rapat Festival Bandeng Mrico  

Download Berkas Festival Bandeng Mrico 

0 Response to "Festival Bandeng Mrico"

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel