-->

Soal Ulangan Materi Pemberdayaan Komunitas



Dalam sebuah pembelajaran, seorang guru memberikan kisi-kisi pedoman wawancara tentang program pemberdayaan peternak. Adapun kisi-kisinya mulai dari; asal muasal memelihara kambing, cara memilih bibit kambing yang baik, cara memandikan kambing, mengidentifikasi saat kambing bunting, cara teknik persalinan kambing, bentuk kandang, bahan material kandang, cara membuat kandang, cara membersihkan kandang, jenis rambut dan, dimana mencari rambanan, jenis Prambanan yang tidak boleh dimakan, hingga teknik budidaya rambanan. Berdasarkan kisi-kisi tersebut, buatlah daftar pertanyaan yang sesuai dengan kebutuhan! 


  1. Perhatikan gambar berikut ini !


Gambar tersebut merupakan suasana kandang ternak skala rumahan yang ada di daerah Pamotan kabupaten Rembang. Berdasarkan pengalaman kalian saat berkunjung di kandang kambing milik warga saat belajar tentang jaring pengaman sosial berbasis potensi lokal, program pemberdayaan apa yang tepat untuk dilakukan agar pemilik ternak dapat berdaya dan sejahtera? Dan berikan juga ulasan tentang program pemberdayaan yang kalian usulkan! 


  1. Sebelum menyusun program pemberdayaan, hal penting yang perlu dilakukan adalah melakukan identifikasi potensi yang dimiliki oleh kelompok atau komunitas. Berdasarkan pengalaman kalian dalam ,melaksanakan Program Pemberdayaan Agrowisata di desa Dadapan kecamatan Sedan kabupaten Rembang, ceritakan langkah-langkah yang sistematis dan logis hingga terlaksananya program tersebut! 


  1. Perhatikan gambar berikut ini!

Sarasehan merupakan kegiatan mencurahkan ide dan gagasan antar anggota komunitas dalam melaksanakan program pemberdayaan komunitas. Dalam hal keberlangsungan program pemberdayaan, jelaskan manfaat dari kegiatan sarasehan! 


  1.  Perhatikan gambar berikut ini!

Gambar tersebut merupakan kegiatan siswa-siswa SMA Negeri 1 Pamotan saat menyerahkan bibit alpukat kepada kelompok sosial masyarakat desa Dadapan dalam mewujudkan program agrowisata. Berdasarkan gambar tersebut, berikan ulasan tentang makna filosofis dari kegiatan tersebut!


0 Response to "Soal Ulangan Materi Pemberdayaan Komunitas "

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel