-->

Perilaku Menyimpang Pencurian Dalam Perspektif Fungsional


Perilaku Menyimpang Pencurian Dalam Perspektif Fungsional, Menurut Rahman dkk (2019) kemiskinan merupakan masalah multidimensi karena berkaitan dengan ketidakmampuan akses secara ekonomi, politik, sosial budaya, dan partisipasi dalam masyarakat. Dampak dari keterbatasan dalam mengakses layanan tersebut, menurut Rosana (2019) berdampak pada ketidaksanggupan seseorang dalam memenuhi kebutuhannya yang disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuhan kebutuhan sehari-hari, pendidikan, dan pekerjaan yang tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dengan keadaan miskin itulah, menurut Prayetno (2013) berbagai permasalah sosial akan muncul baik di lingkungan keluarga, sosial atau masyarakat. Menurut Sugiarti (2014) permasalahan-permasalahan sosial itu dapat dilihat dalam wujud ekspresi seseorang dalam melakukan kejahatan. 

Menurut Anisa (2020) ada banyak penyebab dari tindak kriminalitas yang dilakukan oleh seseorang, diantara nyayaitu watak yang menjadi bawaan lahir, rasa ingin diakui, gangguan psikologi, kemiskinan, dan lain-lain. Tinjauan yuridis terhadap kejahatan harta benda dan bagaimana penerapan kasus pencurian menurut Pasal 365 KUHP, yang terdapat dalam Buku II Bab XXII, dalam Kurnia (2018) menegaskan bahwa pencurian merupakan tindakan sengaja mengambil atau menguasai barang/hasil curian tanpa izin dan kemudian sama – sama mengakibatkan kerugian materil. 

Rujukan Tulisan

  • Anisa, D. (2020). Korelasi Kemiskinan Dan Kejahatan. Sol Justisio, 2(2 DESEMBER), 250-255.
  • Kurnia, L. C. (2018). Tinjauan Yuridis Terhadap Kejahatan Harta Benda Menurut Pasal 365 Kuhp Tentang Pencurian Dengan Kekerasan. Lex Crimen, 7(3).
  • Prayetno, P. (2013). Kausalitas Kemiskinan terhadap Perbuatan Kriminal (Pencurian). Media Komunikasi FPIPS, 12(1).
  • Sugiarti, Y. (2014). Kemiskinan sebagai salah satu penyebab timbulnya tindak kejahatan. Jendela Hukum, 1(1), 37186.
  • Rahman, P. A., Firman, F., & Rusdinal, R. (2019). Kemiskinan Dalam Perspektif Ilmu Sosiologi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1542-1548.
  • Rosana, E. (2019). Kemiskinan Dalam Perspektif Struktural Fungsional. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 14(1), 19-34.

Penulis adalah Suhadi, Guru Sosiologi SMA Negeri 1 Pamotan Rembang Jawa Tengah

0 Response to "Perilaku Menyimpang Pencurian Dalam Perspektif Fungsional"

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel