-->

Field Trip Tugu Wonosobo



www.mgmpsosiologijateng.com - Kajian tentang identitas sosial masih menarik dilakukan hingga saat ini. Karena dalam kajian tersebut, kita dapat mengetahui struktur pengetahuan suatu masyarakat. Dengan mengetahui struktur pengetahuan suatu masyarakat, kita akan dapat mengetahui orientasi sosialnya. Satu dari sekian banyak objek dan subjek kajian identitas sosial adalah tugu selamat datang.

Adalah foto karya bapak Bambang Edi S, guru Sosiologi SMA Taruna Nusantara. Foto diambil pada hari Kamis, tanggal 11 Juli 2019 tepat pada pukul 09.07 wib.

Foto tersebut adalah Tugu Selamat Datang Wonosobo. Dalam sosiologi simbolik, atau turunanya yaitu interaksinisme simbolik, tugu dapat dimasukkan dalam ranah penting dalam mengkaji struktur pengetahuan. Dengan demikian, tugu selamat datang wonosobo, dan juga dengan tugu selamat datang lainnya, dapat dijasikan sumber belajar dalam kajian tersebut.

Sekilas memang tampak biasa, seperti halnya dengan ornamen tugu yang lainnya. Tetapi kalau diamati dengan detail, tugu tersebut cenderung memiliki struktur dan aksesoris yang rumit. Apalagi dalam tugu selamat datang wonosobo tersebut terdapat latar jagad wayang yang secara presisi terbelah menjadi dua. Dengan bahan itu saja, dapat dijadikan kajian dalam mengetahui struktur pengetahuan pemilik tugu. Dan mungkin masih banyak hal yang menarik lainnya.

Identitas wonosobo asri yang ada di pusat kota (foto: Bambang Edi S, 11 Juli 2019)
Bagi para guru Sosiologi, bisa menggunakan tugu selamat datang di daerah masing-masing untuk menjadi bahan sumber belajar. Terlebih dihubungan dengan materi nilai sosial dan harmoni sosial dalam tugu selamat datang suatu masyarakat.

Berikut ini merupakan foto lapangan tentang beberapa model tugu yang dapat digunakan untuk bahan analisis saat pembelajaran. Selamat mencoba.

Tugu Kawasan Dieng Plateau 

Tugu selamat datang pada Kawasan Dieng Plateau (Foto: Mas Ismail, Kamis 11 Juli 2019, pukul 13.10 wib) 
Tugu Desa Ropoh

Tugu selamat datang Desa Ropoh (Foto: Bambang Edi S, Sabtu 14 Juli 2019, pukul 14.10 wib)

Penulis: Admin MGMP Sosiologi Jateng

0 Response to "Field Trip Tugu Wonosobo "

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel