-->

Temanggung dalam Film Lampor



Film lampor keranda terbang baru akan ditayangkan di bioskop mulai tgl 31 Oktober 2019. Tetapi untuk temanggung sebagai tempat utama setting film diberikan privelese tayang terlebih dahulu yaitu tgl 29 Oktober 2019. Priveles yg lain, masyarakat temanggung diberi kesempatan untuk meet and great dgn aktor dan aktris utama film tersebut. Beberapa  bintang utama yang datang yaitu Dion Wiyoko, Adinia Wirasti, Mathias Muchus, Dian Sidik dkk.

Film yang digarap sutradara Guntur Suharyanto yang nota bene putra Temanggung memang ingin "menduniakan Temanggung". Sebagian besar latar film mengambil lokasi di tempat-tempat populer yang ada di Temanggung. Beberapa diantaranya Curug Surodipo, jembatan Sigandul dan jembatan Krikil, Tuk Budaya. Disamping tempat-tempat yang masih eksotis alamnya seperti desa Lamuk, desa sriwungu dan juga Tlogowungu.

Adapun isi film lebih menekankan pada aspek kultur Jawa dgn unsur klenik, mitos-mitos yang dikemas dengan bumbu logat khas temanggungan. Selain itu terdapat juga kearifan lokal yang perlu diteladani seperti pepatah surodiro Jayaningrat lebur Dening Pangastuti yang bermakna ketulusan dan cinta kasih akan membawa kita pada kebaikan dan menjauhkan dari malapetaka.

Para aktor Film Lampor

Penulis: Yuni, Guru Sosiologi SMA Temanggung  dan Pengurus MGMP Sosiologi Provinsi Jawa Tengah

0 Response to "Temanggung dalam Film Lampor"

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel