-->

Program Unggulan Pemberdayaan Masyarakat


www.mgmpsosiologijateng.com - Program Unggulan Pemberdayaan Masyarakat.
Adalah petani dan nelayan, kelompok sosial yang terus menerus perlu dilibatkan oleh pemerintah dalam program pemberdayaan. Mengapa demikian? Alasannya tentu bukan hanya karena kelompok kategori yang rentan, penuh resiko, dan belum sejahtera, tetapi karena kedua kelompok tersebutlah yang cenderung ramah dalam menjaga kehidupan yang berkelanjutan.

Berikan pinjaman tanah utk petani, berikan lahan rumput untuk peternak, dan berikan kepastian keberadaan ikan dilaut.

Program pemberdayaan adalah untuk mereka (petani dan nelayan) yang belum berdaya. Berangkatlah dari titik ini. Bukan berangkat dari sudut pandang asosiasi apapun itu namanya. Setidaknya, cukup dengan sudut pandang kausalitas dan fakta. Semua pemberdaya harus patuh dengan itu.

Faktanya petani tetap menanam, faktanya mereka tetap menjadi pemulia ternak. Faktanya nelayan tetap melaut. Namun mereka tetap rugi ketika hasil tanam, ternak, melautnya dijual. Sebabnya pun sangat jelas, karena biaya produksinya cukup mahal. Ini adalah fakta, ini adalah kausalitas yg nyata didepan mata. Hanya saja, mengapa program pemberdayaan yang ada terkesan main-main saja.

Berikan pinjaman tanah utk petani, berikan lahan rumput untuk peternak, dan berikan kepastian keberadaan ikan dilaut.

Selamat merayakan hari pemberdayaan masyarakat.

Penulis: Suhadi (Guru Sosiologi SMA Negeri 1 Pamotan)

0 Response to "Program Unggulan Pemberdayaan Masyarakat"

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel