-->

Pembelajaran saat Pandemi - Menulis di Blog



www.mgmpsosiologijateng.com - Asik ngak asyik, dalam keadaan apapun dan dimanapun, proses pembelajaran harus tetap berlangsung. Tak pandang rambut apakah itu situasi normal hingga dalam keadaan pandemi, proses pembelajaran harus tetap berjalan. Terbukti, walaupun terjadi pandemi, tetap digelar belajar yaitu Pembelajaran Jarak Jauh yang disingkat PJJ.

Ternyata pelaksanaan PJJ saat terjadi pandemi kali ini tidak semudah pembelajaran pada situasi normal. Dalam prosesnya, banyak kendala disana-sini. Sehingga pembelajaran ngak asik. Apakah pembelajaran saat pandemi ini dapat dilangsungkan dengan asik? Jawabnya adalah mungkin.

Berdasarkan pengalaman penulis, mata pelajaran Sosiologi jenjang SMA cukup diuntungkan dalam proses pembelajaran jarak jauh. Mengapa demikian? karena dalam kompetensi esensialnya, cenderung menekankan kompetensi penelitian sosial.

baca juga artikel  Penelitian Sosial Menjadi Inti dari Materi Pembelajaran Sosiologi di SMA

Menulis di laman blog masing-masing siswa dengan tematik masalah-masalah sosial saat terjadi pandemi covid-19 dan menulis di laman blog masing-masing siswa dengan tematik kemerdekaan, terbukti berjalan.

baca juga artikel Menulis di Blog Tematik Suasana Merayakan Kemerdekaan

kunjungi juga artikel karya pembelajaran siswa saat pandemi, berikut ini;
Namun lama kelamaan, pembelajaran online dengan cara menulis di blog masing-masing siswa tersebut, tidak asik juga. Apalagi saat kejenuhan hebat melanda, suasana pembelajaran semakin tidak asik. Berdasarkan pengalaman penulis, ketika proses pembelajaran jarah jauh terjadi titik jenuh seperti itu, jangan memaksakan diri menggerakkan siswa untuk menyelenggarakan belajar online. Pada saat-saat tersebut, menurut pengalaman penulis, memberi teladan baik kepada para siswa adalah moment yang tepat.

Teladan baik macam apakah yang pas diberikan kepada para siswa? Tidak lain adalah produktif membuat sumber belajar. Deretan kegiatan memproduksi sumber belajar diantaranya; aktivitas membaca, aktivitas membuat video, aktivitas melakukan penelitian sesuai protokol kesehatan, hingga aktivitas membuat karya atau produk digital. Melalui kegiatan praktik baik tersebut, dikabarkan kepada para siswa. Dan ketika dirasa para siswa telah kembali memiliki semangat belajar lagi, pada saat itulah proses partisipasi aktif dalam pembelajaran jarak jauh, dapat dimulai kembali.

Salam sehat

Keterangan: Foto adalah ilustrasi teladan baik dalam bentuk kegiatan penelitian sosial
Penulis: Suhadi, guru sosiologi di SMA Negeri 1 Pamotan, Rembang, Jawa Tengah

0 Response to "Pembelajaran saat Pandemi - Menulis di Blog "

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel