-->

Belajar Sosiologi Selama Pandemi: Memahami Diri, Mengasah Empati


Oleh:

Endah Septiani

Tidak terasa enam bulan sudah Pembelajaran Jarak Jauh diterapkan untuk sekolah di Indonesia. Sudah enam bulan pula-lah peserta didik beradaptasi dengan keadaan ini. Para guru tentunya juga mengerahkan segala media, metode maupun model pembelajaran yang dirasa lebih efektif. Tak terkecuali dengan segenap guru di SMA Negeri 1 Gringsing. Sekolah pinggiran yang terletak di Jalan Karanganyar-Lebo Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang ini memiliki 704 peserta didik dan guru sejumlah 70.  Menerapkan 2 (dua) jurusan MIPA dan IPS yang terbagi dalam 21 rombongan belajar.

Pembelajaran Jarak Jauh yang dilaksanakan SMA Negeri 1 Gringsing menggunakan aplikasi e-learning sekolah yang bernama SMANSAGRIS. Berikut tampilan dari e-learning SMANSAGRIS:

Didalamnya terdapat fitur Video Meeting yang sering digunakan untuk rapat koordinasi selama pandemi dan tentunya sebagai sarana untuk bapak ibu guru bertatap muka secara daring dengan peserta didiknya. Salah satunya ketika pelaksanaan rapat koordinasi persiapan Penilaian Tengah Semester 1 TP 2020/2021 seperti dalam gambar berikut :

Dalam mata pelajaran sosiologi sendiri, pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh juga menggunakan e-learning SMANSARIS yang sudah terintegrasi dengan modul sosiologi, bank soal sosiologi, forum diskusi, video meeting, dan juga video pembelajaran sosiologi. Berbagai video pembelajaran telah diunggah oleh guru sosiologi di akun YouTube untuk setiap pertemuan. Berikut beberapa tangkapan layar dari video pembelajaran yang sudah diunggah :

Selanjutnya, para peserta didik dapat berdiskusi melalui kolom komentar yang telah disediakan. Tujuan dengan adanya video pembelajaran yang diberikan pada setiap pertemuan dapat memudahkan peserta didik mempelajari materi dengan penjelasan langsung oleh guru. Berkaitan pula dengan tidak dimungkinkannya penggunaan video meeting setiap pertemuan karena terbatasnya kuota yang dimiliki oleh peserta didik.

Selama belajar dari rumah, hampir 24 jam waktu peserta didik berinteraksi dengan keluarga dan lingkungan sekitarnya. Hal ini tentu menjadi strategi yang strategis untuk diterapkannya pembelajaran sosiologi. Berkaitan dengan obyek kajian dari sosiologi yang mengarah pada masyarakat dan lingkungan sosialnya. Dalam pembelajaran sosiologi kelas XI pada Kompetensi Dasar pertama dengan materi pokok Kelompok Sosial, peserta didik diarahkan untuk mengamati kelompok sosial disekitarnya, melalui penugasan Identifikasi Jenis Kelompok Sosial.

Penugasan tersebut memiliki langkah kerja sebagai berikut :

1. Peserta didik mempelajari video pembelajaran jenis-jenis kelompok sosial yang sudah diunggah guru sosiologi di akun YouTube.

2. Peserta didik mengamati lingkungan sekitarnya terkait jenis kelompok sosial apa saja yang ada.

3. Peserta didik mengambil gambar dari kelompok sosial di sekitarnya.

4. Peserta didik mengidentifikasi ke dalam jenis kelompok sosial

Berikut beberapa hasil dari penugasan Identifikasi Jenis Kelompok Sosial yang sudah dikirimkan peserta didik melalui e-learning. 

Harapan kami untuk Pembelajaran Jarak Jauh dalam mata pelajaran sosiologi agar dalam pelaksanaannya dapat mendorong peserta didik untuk memahami lingkungan sekitarnya sehingga mereka akan dapat memahami dirinya sendiri. Mengasah empati pada sekitar untuk dapat memahami diri, karena memahami orang lain adalah kebijaksanaan dan memahami diri sendiri adalah pencerahan.

*Penulis adalah Guru Sosiologi SMA Negeri 1 Gringsing, Kab. Batang



0 Response to "Belajar Sosiologi Selama Pandemi: Memahami Diri, Mengasah Empati"

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel