-->

ULANGAN HARIAN KELAS XI JURUSAN IPS SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021




PETUNJUK MENGERJAKAN
  • Bacalah soal berikut ini dengan teliti!
  • Jika perlu, lakukan pengamatan pasif (pengamatan dari jauh tanpa kontak fisik) dalam menjawab soal ini!
  • Jika perlu, lakukan browsing di internet dalam menjawab soal!
  • Jawablah soal berikut ini di buku catatan kalian!
  • Kerjakan soal secara bertahap, terjadwal, dan taat terhadap protokol kesehatan 
  • Setalah menjawab soal berikut ini, segera lakukan langkah berikutnya yaitu mengikuti ulangan harian online dengan cara meng-klik tautan googleform.
  • Ulangan online dimulai pada tanggal 10 September 2020 s.d 20 September 2020 
  • Selama mengerjakan soal, diwajibkan taat protokol kesehatan, diantaranya: mengenakan masker, jaga jarak, cuci tangan denagn sabun, dan selalu berolahraga untuk menjaga kebugaran dan kesehatan badan kalian, terima kasih. 
Informasi tentang Kompetensi Esensial
  1. Siswa mampu mengumpulkan informasi tentang masalah sosial yang muncul pada saat terjadi pandemi covid19 
  2. Siswa mampu mengelompokkan/ mengkategorisasikan informasi yang didapat tentang masalah-masalah sosial yang terjadi selama pandemi covid19 
  3. Siswa mampu mengidentifikasi akibat/konsekwensi dari masalah-masalah yang muncul selama pandemi covid19 
  4. Siswa mampu merancang rencana penyelesaian masalah sosial pada masa pandemi covid19 
Informasi tentang Materi
  1. Permasalahan sosial yang muncul pada masa pandemi covid19 
  2. Dampak permasalahan sosial pada masa pandemi covid19 
  3. Pemecahan masalah sosial yang diambil pada masa pandemi covid19 

DAFTAR PERTANYAAN 

A. Pertanyaan tentang Keadaan Desa Pada Masa Pandemi Covid19
  1. Dimana Anda tinggal? (tulis lengkap mulai dari Dukuh, RT, RW, Desa, Kecamatan, dan Kabupaten)
  2. Apakah desa tempat tinggal Anda terdapat Satgas Covid19-nya? (sebutkan juga nama-nama personelnya)
  3. Apakah desa tempat tinggal kalian terdapat program covid19? (ceritakan juga misalnya terdapat kegiatan sosialisasi, penyemprotan desinfektan, pembagian masker, pembagian hansinitaizer, dll) 
  4. Apakah di setiap rumah tempat tinggal kalian menyediakan fasilitas cuci tangan pada masa pandemi covid19 ini? (ceritakan juga keadaan di semua rumah desa kalian) 
  5. Apakah warga masyarakat di tempat tinggal kalian telah mengenakan masker pada masa pandemi covid19? (ceritakan juga kapan mereka mengenakan masker)
  6. Ceritakan keberlangsungkan kegiatan sosial di tempat tinggal kalian pada masa pandemi covid19! (yang diceritakan misalnya tentang kegiatan arisan, tahlilan, hajatan, hingga upacara kematian)
  7. Ceritakan kegiatan mata pencaharian anggota masyarakat di tempat tinggal kalian pada masa pandemi covid19! (yang diceritakan misalnya tentang kegiatan bertani, berdagang, wiraswasta, kerja di pabrik, kerja di kantor, dll) 
  8. Ceritakan program bantuan sosial apa saja yang didapatkan warga di sekitar tempat tinggal kalian pada masa pandemi covid19! (yang diceritakan misalnya tentang program bantuan dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, dan pemerintah desa) 
  9. Ceritakan suasana dan atau tatacara kegiatan pendidikan/ pembelajaran anak-anak sekolah yang berlangsung di desa kalian selama terjadi pandemi covid19! (yang diceritakan misalnya tentang layanan pendidikan di madrasah, layanan pendidikan formal di sekolah, dll)
  10. Ceritakan suasana dan tata cara kegiatan beribadah di tempat tinggal kalian selama terjadi pandemi covid19! (yang diceritakan misalnya tentang kegiatan sholat berjamaah di mushola dan dimasjid, dan sholat jumat di masjid, dll) 
Ingin ikut Ulangan Harian 1, klik aja link Soal Googleform

B. Pertanyaan tentang Permasalahan Sosial yang Muncul di Desa Kalian Pada Masa Pandemi Coivid19
  1. Saat ini masker kain dan sejenisnya cukup banyak tersedia dipasaran, namun pada awal diberlakukannya pandemi covid19, terjadi kelangkaan masker, dan jikapun ada, harga masker cukup mahal. Apakah permasalahan ini juga terjadi di tempat kalian tinggal? (ceritakan juga bagaimana keberadaan stok masker dan harganya ditempat anda tinggal, dan ceritakan juga bagaimana masyarakat merespon) 
  2. Saat pertama kali dinyatakan terjadi pandemi covid19, pembelajaran tatap muka di sekolah ditiadakan dan diganti dengan model pembelajaran jarak jauh atau online. Perubahan cara belajar di sekolah formal ini kemudian menyebabkan masalah untuk para siswa dan orangtua dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh. Apakah permasalahan ini juga terjadi di tempat tinggal kalian? (ceritakan juga suasana pembelajaran online di tempat tinggal kalian)  
  3. Pada saat diberlakukannya pandemi covid19, sebagian besar tempat kerja pada tutup. Mereka para pekerja dirumahkan. Bahkan terdapat tempat kerja tutup total. Apakah permasalahan ini juga terjadi di tempat kalian tinggal? (ceritakan pula tentang keberadaan tempat kerja disekitar tempat tinggal kalian pada saat awal pandemi dan hingga sekarang)   
  4. Pada saat diberlakukannya pandemi covid19, terdapat himbauan aturan untuk memberlakukan standar protokol kesehatan saat sholat berjamaah di masjid. Bahkan beberapa masjid ada yang tidak menyelenggarakan sholat jumat. Dengan adanya himbauan, aturan, dan tata etika perubahan beribadah di masjid, terdapat pro dan kontra. Apakah permasalahan ini juga terjadi di tempat kalian tinggal? (ceritakan tentang suasana ibadah di masjid tempat tinggal kalian, dan beberapa masalah yang muncul kemudian)
  5. Saat diberlakukannya pandemi covid19, saat itulah awal mula diberlakukannya pembatasan tenaga kerja di pabrik. Fenomena ancaman pemutusan hak kerja, transportasi sepi, pabrik bangkrut, warung-warung pada sepi, kelangkaan barang, harga barang menjadi mahal, hingga terjadi pelemahan daya beli masyarakat, menjadi masalah nyata hingga sekarang.  Apakah permasalahan ini juga terjadi di tempat kalian tinggal? (ceritakan juga fenomena masalah tersebut ditempat tinggal kalian, termasuk fenomena-fenomena unik lainnya)
  6. Ternyata tetap dirumah bukan pilihan bagi sebagian orang. Ini adalah sebuah realita dimana sebagian besar dari anggota masyarakat kita melakukan kerja untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Sehingga ketika diberlakukan status pandemi covid19 yang mendorong setiap anggota masyarakat bekerja dari rumah, menjadi masalah. Misalnya seorang buruh, petani, dan nelayan yang terbiasa bekerja di luar rumah menjadi tidak siap. Apakah permasalahan ini juga terjadi di tempat kalian tinggal? (ceritakan juga siapa saja yang tepat dan tidak tepat dalam memilih tinggal dirumah menjadi pilihan saat terjadi pandemi covid19)
  7. Pada saat terjadi pandemi covid19, anggota masyarakat yang memiliki banyak tabungan, tidak menjadi masalah. Tetapi bagi mereka yang tidak memiliki tabungan, menjadi masalah. Mereka yang banyak tabungan, dapat menggunakan tabungannya untuk mencukupi kebutuhan hidup. Sebaliknya, mereka yang tabungannya terbatas, akan bermasalah dalam mencukupi kebutuhan hidup. Apakah permasalahan ini juga terjadi di tempat kalian tinggal? (ceritakan pola hidup anggota masyarakat ditempat tinggal kalian yang memiliki dan tidak memiliki tabungan) 
  8. Kerap kali masyarakat tidak mengindahkan himbauan protokol kesehatan pada saat diterapkannya masa pandemi covid19. Contohnya adalah tidak menggunakan masker dan tidak jaga jarak saat berkegiatan di luar. Apakah permasalahan ini juga terjadi di tempat kalian tinggal?
  9. Fenomena kluyuran pada saat status menjadi ODP dan PDP, dan kluyuran saat menanti hasil swab belum keluar, kerap kali dikabarkan berita di media massa. Apakah permasalahan ini juga terjadi di tempat kalian tinggal? (ceritakan -jika ada - beberapa kasus kluyuran saat menjadi ODP dan PDP di tempat tinggal kalian)  
  10. Menghindar saat akan dirapit dan juga menghindar saat diswab kerab kali dilakukan oleh para pedagang saat Tim Gugus Covid19 datang dilokasi. Mereka para pedagang khawatir ketika dirapit reaktif dan atau saat diswab positif, akan mempengaruhi tingkat daya beli dagangannya. Apakah permasalahan ini juga terjadi di tempat kalian tinggal? (ceritakan - jika ada - peristiwa penolakan saat akan dirapit dan penolakan saat diswab, dan peritiwa turunnya daya beli dagangan para pedagang terbukti reaktif dan atau positif)
Ingin ikut Ulangan Harian 2, klik aja link Soal Googleform

C. Pertanyaan tentang Dampak permasalahan sosial pada masa pandemi covid19 
  1. Konotasi negatif terhadap seseorang atau kelompok orang yang terkena virus covid19 benar-benar masih terjadi. Stigma sosial terhadap pasien covid19 tersebut kemudian berdampak pada tindakan seseorang misalnya seseorang tersebut cenderung menyembunyikan status kesehatanya, membuat orang enggan meriksakan diri, dan membuat kabur saat akan diperiksa diobati atau dikarantina sehingga memperbesar risiko penularan di masyarakat. Apakah dampak dari pandemi covid19 ini juga terjadi di tempat kalian tinggal?    
  2. Beberapa rekomendasi agar tubuh dan jiwa tetap sehat dimasa pandemi covid19 adalah selalu menjadi suasana yakin,percaya diri, dan berani. Namun tidak sedikit, anggota masyarakat kita merespon pandemi dengan cemas (anxiety) dan takut (fear). Apakah dampak dari pandemi covid19 ini juga terjadi di tempat kalian tinggal? (ceritakan jika ditempat tinggal kalian terjadi rasa cemas dan takut akibat dari pamdemi ini)
  3. Menjadi harapan kita bersama, walaupun dimasa pandemi ini, suasana di masyarakat tetaman aman dan nyaman. Namun terkadang impian suana aman dan nyaman itu terusik ketika terjadi tindakan kriminal karena alasan ekonomi.  Apakah dampak dari pandemi covid19 ini juga terjadi di tempat kalian tinggal? (ceritakan tindakan kriminal di tempat tinggal kalian jika terjadi)  
  4. Semua sektor dan bidang usaha cenderung melemah saat terjadi pandemi covid19. Sektor bidang usaha yang cukup terpukul saat terjadi pandemi kali ini adalah sektor pariwisata.  Apakah dampak dari pandemi covid19 ini juga terjadi di tempat kalian tinggal? (ceritakan juga lemahnya sektor bidang usaha yang ada di tempat tinggal kalian)  
  5. Banyaknya perusahaan dan usaha yang tutup saat terjadi pandemi, berdampak pengangguran meningkat. Apakah dampak dari pandemi covid19 ini juga terjadi di tempat kalian tinggal? (ceritakan fenomena pengangguran yang terjadi di tempat tinggal kalian)  
  6. Pesan untuk tetap jaga jarak, pakai masker, kurangi keluar rumah, dan cuci tangan, kerapkan kali kita dengar saat di lampu bangjo. Semua pesan itu terkesan berat untuk kita, karena dalam keseharian kita cenderung dekat satu salam lainnya. Dampak dari pesan tersebut, interaksi fisik berkurang. Apakah dampak dari pandemi covid19 ini juga terjadi di tempat kalian tinggal? (ceritakan juga fenomena interaksi fisik berkurag saat terjadi di tempat tinggal kalian)  
  7. Salah satu dampak perkembangan teknologi saat terjadi pandemi covid19 adalah penggunaan teknologi komunikasi secara masif. Semua lapisan masyarakat, mau tidak mau menggunakan teknologi komukasi. Apakah dampak dari pandemi covid19 ini juga terjadi di tempat kalian tinggal? (ceritakan fenomena penggunaan teknologi komunikasi secara masif yang terjadi di tempat tinggal kalian)  
Ingin ikut Ulangan Harian 3, klik aja link Soal Googleform

D. Pertanyaan Untuk Pemecahan Masalah Sosial yang Diambil Pada Masa Pandemi Covid19 
  1. Bagaimana pendapat Anda tentang program penyemprotan massal dengan desinfektan?
  2. Bagaimana pendapat Anda tentang kebijakan Lockdown? 
  3. Bagaimana pendapat Anda tentang pembagian Masker Gratis?
  4. Bagaimana pendapat Anda tentang program Kampung Siaga?
  5. Bagaimana pendapat Anda tentang program Listrik Gratis?'
  6. Bagaimana pendapat Anda tentang program Bantuan Langsung Tunai?
  7. Bagaimana pendapat Anda tentang program Bantuan Sembako?
  8. Bagaimana pendapatmu tentang Pendidikan Jarak Jauh?
  9. Bagaimana pendapatmu tentang Kartu Pra Kerja?
  10. Bagaimana pendapatmu tentang program rapid massal?
  11. Bagaimana pendapatmu tentang program swab massal?
  12. Bagaimana pendapat Anda tentang pewajiban pemakaman dengan cara protokol covid 19?
Ingin ikut Ulangan Harian 4, klik aja link Soal Googleform

Penulis: Tim Pengembang Naskah Soal 
Penyelaras: Admin 

Hubungi kami,
Luluk Wulandari, S.Pd., M.Pd
Ketua MGMP Sosiologi Provinsi Jawa Tengah
Telp/WA: +62 852-2756-5588

FACEBOOK   INSTAGRAM   TWITTER    YOUTUBE   PINTERES   FANSPAGE   WEBSITE

0 Response to "ULANGAN HARIAN KELAS XI JURUSAN IPS SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021"

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel