-->

Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas : Edisi Literasi Siswa


 
www.mgmpsosiologijateng.com - LITERASI SISWATulisan tentang kearifan lokal dan pemberdayaan masyarakat ini bertujuan dalam rangka tetap menjaga pikiran baik dalam pembelajaran sosiologi di tengah pandemi covid19 ini. Selain itu, tulisan ini diharapkan dapat memberi warna alternatif dalam model dalam pembelajaran. Pada kesempatan ini penulis mengulas materi Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Masyarakat. 

Batasan dari materi kearifan lokal yaitu produk-produk lokal mulai dari pengetahuan, sikap, tindakan, hingga produk yang dimiliki masyarakat. Selanjutnya batasan dari Pemberdayaan Komunitas adalah kegiatan membuat berdaya dengan cara merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi program, bersama antara guru, siswa, dengan komunitas/ kelompok sosial. 

Secara teknis, program praktik baik pembelajaran tentang pemberdayaan komunitas berbasis kearifan lokal adalah tindakan pembelajaran nyata dalam mengangkat produk-produk lokal  dimana antara guru, siswa, dan komunitas menjadi berdaya. 

Guru akan berdaya dalam menyusun praktik baik sebuah pembelajaran yang bermanfaat untuk masyarakat. Siswa akan berdaya dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi sebuah program pemberdayaan. Komunitas akan berdaya dengan produk-produk lokal yang dimilikinya.

Para siswa yang baik hati, mari bersama-sama melaksanakan pembelajaran sosiologi kelas XII ini. Jangan patah semangat dengan situasi dan kondisi pembelajaran jarak jauh kali ini. 

Dalam masa pandemi covid19 ini, mari bersama-sama untuk melangsungkan pembelajaran dengan taat menjalankan protokol kesehatan. Banyak karya-karya besar berangkat dari sebuah keterbatasan.  Tetap semangat pantang mundur.

Salam literasi

Penulis adalah Suhadi, Guru SMA Negeri 1 Pamotan Rembang Jawa Tengah

Nb: Foto artikel berasal dari http://metodekunjunganlapangan.blogspot.com/2018/10/pengalaman-muncak-ke-gunung-argo-lasem.html 


0 Response to "Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas : Edisi Literasi Siswa"

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel