-->

Berbakti Kepada Orangtua


www.mgmpsosiologijateng.com - Artikel Siswa, Orang tua memiliki kedudukan tinggi dalam Islam setiap anak memiliki kewajiban untuk berbakti baik terhadap kedua orang tuanya. Oleh karena itu, kasih sayang, perhatian,dan pengorbanan orang tua harus dibalas dengan kebaikan, kasih sayang dan pengorbanan yang serupa,meski tidak sebanding, Islam mengenal dua macam orang tua yang harus dihormati,yakni orang tua yang telah melahirkan kita dan orang tua yang telah menghantarkan kita mengenal Allah SWT. Berbakti dan berbuat baik kepada orang tua, mengasihi,menyayangi,menghormati, mendoakan,taat dan patuh terhadap apa yang mereka perintahkan adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap anak kepada orang tuanya, perilaku tersebut disebut birrul walidain.

      Dalam situasi pandemi orang tua selalu senantiasa mendampingi anaknya dalam melakukan pelajaran tatap muka untuk bisa membuat anaknya maksimal dalam belajar dan tidak tertinggal materi yang diterangkan oleh gurunya,upaya yang dilakukan orang tua sangat banyak untuk anak-anaknya yaitu mendampingi saat belajar,memberikan uang untuk membeli kuota dan mengawasi anak-anak untuk tidak terlalu menggunakan HP untuk hal yang tidak bermanfaat, semua upaya itu dilakukan untuk anaknya supaya bisa melakukan pembelajaran online dan mendapatkan nilai yang memuaskan dan membanggakan orang tua di kemudian hari.

      Setiap orang tua selalu memberi perhatian terhadap anak-anaknya dalam pelajaran maupun dalam kegiatan di dalam rumah, orang tua selalu menasehati anaknya jika tidak mau mau atau bermalas-malasan saat mengerjakan tugas atau mendengarkan materi dari YouTube dan lain-lain,upaya yang dilakukan orang tua adalah memberi motivasi agar rajin belajar dan selalu mengerjakan tugas supaya nilainya tidak terlalu jelek dan tidak di bawah KKM. Di dalam lingkungan rumah orang tua juga dampingi anak supaya mandiri dan dan taat terhadap orang tua agama dan nusa bangsa.

      Orang tua sangat bangga terhadap anaknya yang bisa sekolah di SMA negeri 1 Pamotan karena SMA negeri 1 Pamotan merupakan SMA yang baik di daerahnya yang memiliki prestasi banyak dan dan gurunya selalu memberikan tugas dan mendidik anak-anaknya ke jalan yang benar dan mencapai cita-citanya.

      Dalam melakukan pembelajaran daring SMA Pamotan selalu aktif dalam berkomunikasi lewat WA dan lewat Google classroom yang selalu diberi materi tugas dan lain-lain gurunya sangat disiplin dan selalu mengecek siapa yang belum mengerjakan tugas dan yang sudah mengerjakan tugas.

      Tugas orang tua juga penting dalam pembelajaran daring ini orangtua harus mengawasi anak-anak yang tidak mau mengerjakan tugas,yang itu juga membantu guru untuk melakukan pembelajaran yang tidak mudah untuk dilakukan selama ini yang biasanya adalah pembelajaran tatap muka sebelum adanya pandemi ini,tetapi semangat guru dan muridnya sangat berpengaruh bagi pembelajaran dan orang tua pun juga berpengaruh dalam pembelajaran daring ini karena tugas orang tua sekarang sama juga seperti tugas seorang guru.

      Sebentar lagi sekolah telah selesai dan kita harus bisa mandiri dalam segala hal sudah terlepas dari sekolah SMA negeri 1 Pamotan dan juga tidak lagi berpredikat sebagai siswa SMA negeri 1 Pamotan karena sudah selesai tugas kita untuk belajar selama 3 tahun kurang lebih nya karena adanya pandemi pembelajaran ini sangatlah sulit bagi angkatan ini setahun pembelajaran di rumah dan tidak tatap muka merupakan hal yang sangat mengesankan dan sangat sulit bagi yang menjalankan.

      Kami telah melewati masa ujian sekolah yang kurang lebih 3 minggu dilaksanakan dengan cara ujian sekolah online yang sangat sulit dilakukan adalah materi yang diperoleh tidaklah efektif seperti angkatan kemarin yang pembelajarannya adalah tatap muka, dalam melaksanakan ujian sekolah orang tua sangat berperan penting dan juga sangat berpengaruh terhadap anak-anaknya.

      Orang tua selalu mendampingi anaknya ketika melaksanakan ujian sekolah dan tidak lupa orang tua mengingatkan untuk makan dan untuk beribadah supaya nilai dan usahanya tidak sia-sia belajar pun tidak lupa, supaya hasil akhir ujian sekolah ini bagus dan tidak mengecewakan dan bisa membuat bangga kedua orang tua dan bisa menggapai cita-cita yang diinginkan tercapai.

      Kami berjanji akan membahagiakan orang tua dan menjunjung tinggi derajatnya dan patuh terhadap nya supaya mereka bangga terhadap apa yang kami berikan dan apa yang kami perjuangkan semoga apa yang kita inginkan diridhoi Allah dan bisa membahagiakan orang tua dan juga bisa menjadi orang sukses di kemudian hari amin.

Penulis adalah Dila Andriyana XII IPS 2 (6)


0 Response to "Berbakti Kepada Orangtua"

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel