-->

Produk Video Pengetahuan Lokal Siswa Dalam Membuat Jamu Tradisional


www.mgmpsosiologijateng.com - Berikut ini merupakan produk video pengetahuan lokal tentang jamu tradisional yang digarap siswa. 

1. Kunir Asem karya Agnisa Martin Safa'ati

Pengalamanku membuat minuman tradisional jamu kunir asem yaitu sangat menyenagkan karena saya bisa belajar dan mencoba sekaligus merasakan membuat jamu sendiri di rumah ternyata mudah.  dan bahan-bahan yang di butuhkan juga mudah di dapat, pembuatannya juga tidak terlalu sulit, Rasanya asam tapi ada manis-manisnya dan tentunya banyak manfaatnya. Ini pengalaman pertama saya untuk membuat jamu. Jadi, saya sangat antusias. Saya juga suka dengan aromanya.Kunjungi artikel kami dengan klik Minuman Tradisional.



Kunjungi medsos kami, Blog: http://agnisamartinsafaati.blogspot.com/dan Youtube: https://youtu.be/qnRrD-wvtO8

2. Kunir Asam karya Nida Kamilatunuha

Hallo teman teman... Jadi disini saya akan menceritakan pengalaman saya membuat minuman tradisional atau yang sering disebut dengan jamu.Jadi ditugas sosiologi ini saya membuat jamu kunir asam , dan saya mendapatkan banyak pengalaman dari tugas ini yaitu:Saya bisa belajar membuat jamu sendiri tanpa ada kesulitan karena membuat jamu ternyata mudah juga sekaligus dapat ilmu pengetahuan dari tugas ini. Bahan-bahan jamu juga tidak sulit di dapatkan karena di negara kita ini Indonesia banyak rempah-rempah untuk membuat jamu.Rasa jamu kunir asam itu rasanya asam ya seperti namanya "kunir asam" tetapi juga ada manis-manisnya. Dan tentunya jamu ini banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya saya yang menyukai jamu kunir asam ini, tapi keluarga saya pun menyukai nya karena memang rasanya yang enak dan sehat untuk tubuh kita.Jadi itulah pengalaman saya dalam pembuatan jamu tradisional ini. Sekian dari saya, terimakasih.



3. Kunir Asem karya Fitri Amelia

Rasa jamu kunir asem itu kayak ada manis-manisnya selain itu jamu kunir asem banyak manfaatnya seperti menekan resiko komplikasi jatung,meningkatkan fungsi otak dan meredakan nyeri haid.



Kunjungi website kami, Fitri Amelia.

baca juga artikel Beasiswa Yatim Pedesaan 


4. Kunir Asem karya Dewi Lantika Nur Amilliya

Jadi disini saya akan menceritakan pengalaman saya membuat minuman tradisional atau yang sering disebut dengan jamu.Jadi kali ini ditugas sosiologi saya membuat jamu kunir asam saya memiliki beberapa pengalaman yang seru yaitu : Saya bisa belajar membuat jamu sendiri tanpa ada kesulitan karena membuat jamu ternyata mudah juga. Saya juga bisa mendapatkan ilmu tambahan dari tugas ini yaitu dengan mengenal apa itu jamu ,asal usul jamu,juga mendapatkan resep cara membuat jamu. Dan saya juga sekaligus bisa merasakan jamu buatan sendiri ternyata enak juga dan luarbiasanya rasanya tidak kalah jauh enak dengan tukang jamu keliling hehe. Bahan-bahan jamu juga tidak sulit di dapatkan karena di negara kita ini Indonesia banyak rempah-rempah untuk membuat jamu.Rasa jamu kunir asam itu rasanya asam ya seperti namanyasi "kunir asam" tetapi juga ada manis-manisnya. Dan tentunya jamu ini banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Aroma jamu kunir asam ini sangat enak. Bahkan Alhamdulillahnya keluarga suka dengan jamu buatan saya.



Kunjungi medsos kami, Blog: http://dwlantikanramilliya.blogspot.com/, Youtube: https://youtu.be/9h_P9rB65e0

5. Kunir Asem Karya Novita Eka Wulandari

Pagi itu, saya dan ibu saya segera bergegas ke pasar untuk membeli bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat Jamu Kunir Asem. Setelah semua bahan yang diperlukan sudah siap, saya dan ibu saya segera pulang ke rumah dan segera meramu Jamu Kunir Asem. Rasa ingin tahu dibenak hati saya yang terlalu besar, mengharuskan saya untuk mewawancarai ibu saya tentang apa saja bahan-bahan yang digunakan untuk meramu Jamu Kunir Asem, bagaimana cara meramu Jamu Kunir Asem yang enak, bagaimana sejarah Jamu Kunir Asem, apa saja manfaat nya, serta bagaimana cara menyajikan dan menyeduh Jamu Kunir Asem. Nah, setelah ibu saya menjelaskan semua nya kepada saya, sekarang saya tahu bagaimana cara meramu Jamu Kunir Asem yang enak. Akhirnya Jamu Kunir Asem yang saya buat sudah jadi dan siap disajikan untuk teman buka puasa bersama keluarga di rumah. Artikel selengkapnya buka Pengamalaman Pertama dan Uyup-Uyub Jamu Tradisional



Kunjungi medsos kami, Blog: https://novitaekawulandari212.blogspot.com/Youtube: https://youtu.be/8vYSEfAz8Vo

6. Kunir Asem karya Susi Angraeni

Menurut saya pembuatan jamu kunir asem cukup mudah karena bahan-bahannya yang mudah ditemukan. Alasan saya memilih untuk membuat jamu kunir asem karena proses pembuatannya yang cukup mudah dan tradisional. Dan rasa dari jamu kunir asem sangat enak dan segar selain rasanya yang enak mengkonsumsi jamu kunir asem dapat meningkatkan daya tahan tubuh apalagi jamu tersebut buatan sendiri jadi lebih aman jika dikonsumsi bersama keluarga. Inilah pengalaman pertama kali saya pada saat membuat jamu tradisional bersama keluargaku



Kunjungi Cara Membuat Jamu Kunir Asem.

7. Kunyit Asam karya Fitri Wahyuningsih

Bagi saya Membuat jamu tradisional sangat menyenangkan karena saya bisa mengenal obat tradisional dan juga bisa mencoba dan belajar membuat jamu tradisional . Saya memilih untuk mencoba membuat jamu kunyit asam karena saya yakin dengan prosesnya yang tidak begitu sulit dan sekaligus saya sangat menyukai jamu kunyit asam, yang memiliki aroma yang enak. Dan bahan-bahan untuk membuat jamu kunyit asam pun yang di butuhkan juga mudah di dapatkan, yaitu seperti kunyit, asam Jawa, gula merah,dan gula pasir. Jamu kunyit asam pun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Inilah pengalaman pertama kalinya, saya membuat jamu tradisional bersama dengan keluarga ku. Kunjungi artikel kami, Jamu Kunyit Asam Keluarga Ismiyati



Kunjungi medsos kami, Blog: http://fitriwahyuningsih6088.blogspot.com/ dan Youtube: https://youtu.be/Qf0NJNVCLBI

8. Beras Kencur karya Widya Nuraeni

Jamu beras kencur ini sendiri merupakan jamu yang biasa dikonsumsi oleh keluargaku sehari - hari. Mulai dari saya, adik ,ibuk ,dan bapak saya semua menyukainya. Membuat jamu sendiri dirumah ternyata tidak terlalu sulit dan bahan- bahannya pun mudah didapatkannya. Beras kencur termasuk minuman kesehatan tradisional yang paling populer untuk dikonsumsi. Selain berkhasiat,rasanya pun nikmat menyegarkan.Beras kencur memiliki aroma yang khas.Cocok untuk mereka yang sedang mengalami masuk angun,juga dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan pada anak. Kunjungi website kami, Jamu Beras Kencur



Kunjungi medsos kami, Blog : http://widyanurainii.blogspot.com/2021/05/jamu-tradisional-beras-kencur.html Youtube: https://youtu.be/GnWksjJWOWs

9. Kunyit Asam karya Sri Nur Zulaikha

Hai.. Semoga vidionya bermanfaat untuk kita semua yaaa..Jangan lupa untuk mencoba membuat Jamu Kunir Asemnya, bahan-bahan serta cara pembuatannya sangat mudah, selain itu jamunya juga bisa kita konsumsi sendiri di rumah.Berikut manfaat Jamu Kunir Asem, yaitu Mengatur gula darah, Mencegah risiko kanker, Menjaga daya tahan tubuh, Mengurangi nyeri haid, dan Menekan risiko komplikasi jantung. Sekian info dari saya. Thanks for watching this video gusy🖑.



10. Kunyit Asam karya IQROUL MAQRIAH

Pengalamanku untuk pertama kalinya membuat jamu".menurutku membuat jamu itu mudah-mudah sulit.Karena saat aku membuat jamu itu sendiri tanpa bantuan siapapun. Sebelum aku membuat jamu aku melihat terlebih dahulu di Youtube,untuk melihat cara atau langkah-langkah pembuatannya dan bahan bahan yang di butuhkan.setelah melihat di Youtube aku tulis bahan-bahannya dibuku serta takaran-takaran bahannya. Supaya mudah untuk membuat jamunya. Iyaa maklum lah namanya juga pertama kali buat jadi buka youtube dechh.. Hehehe. Karena baru pertama kali buat jamu, aku membuatnya sampai berjam-jam,,dan itu sangat membuatku lelah. Apalagi sekarang sedang berpuasa,,tapi aku tetap semangat.iyaa walaupun tidak seenak jamu yang dijual tukang jamu. Tapi yang penting aku sudah berusaha.ketika membuat jamu alhamdulillah tidak ada kendala, hanya saja ketika ingin ke kebun untuk mencari kunyit itu hujan. Dan setelah melewati proses-proses pembuatan jamu saya sangat senang. Karena jamu yang aku buat itu hasil kerja kerasku sendiri. Jamu kunyit asam yang aku buat ini tidak banyak hanya secukupnya saja. Karena aku juga tidak suka dengan jamu kunyit asam,jadi setelah jamunya jadi itu saya kasih ke kakak(Perempuanku).



11. Kunir Asem karya Wiwik Nur Maghfiroh

Kali ini saya akan membuat Jamu Kunir Asam yang yang berpaduan antara Kunyit dan Asam jawa yang diolah sebagai Jamu Tradisional yang bisa menyembuhkan sebagai gangguan kesehatan. Ketika waktu pertama kali membuat Jamu Kunir Asem saya bingung bahan-bahan apa saja yang digunakan untuk membuat Jamu Kunir Asem. Dan saya langsung bertanya kenapa ibu saya ternyata bahan yang digunakan cukup mudah untuk dicari, bahan yang digunakan yaitu Kunir, Asam Jawa, Gula Merah, Gula Pasir. Alhamdulillah jamu yang saya buat rasanya enak dan tidak kalah sama tukang jamu yang sudah berpengalaman membuat jamu. Keluarga saya suka jamu buatan saya.

Ilmu yang saya dapat dari membuat Jamu Tradisional :
-Saya bisa belajar membuat jamu sendiri
-Saya bisa tau apa itu pengertian jamu, asal usul jamu, dan sekaligus serep membuat jamu
-sekaligus saya bisa merasakan jamu yang saya buat sendiri

Jamu Kunir Asem itu rasanya segar ada asamnya dan ada manisnya . Aroma nya sangat harum.



Kunjungi website Jamu Kunir Asem Keluarga Mahmudah.

12. Kunyit Asam karya Muhammad Fikri Faizal Fahmi



13. Kunyit Asam karya A'isyah Nurus Salamah

Pengalaman pertamaku dalam membuat jamu kunyit asam. Jamu kunyit asam seringkali diminum oleh sebagian besar masyarakat dengan manfaat untuk memperlancar haid khususnya para wanita, membuat badan tidak pegal-pegal, dan dapat digunakan untuk diet atau membuat badan menjadi kurus. Jamu ini banyak ditemukan di pasar atau penjual gendong, namun lebih enak jika kita membuat sendiri.


Kunjungi website kami, jamu kunyit asam.

14. Kunir Asem karya Nur Afifah

Menurut saya pembuatan jamu kunir asem cukup mudah karena bahan-bahannya yang mudah ditemukan. Alasan saya memilih untuk membuat jamu kunir asem karena proses pembuatannya yang tidak rumit dan tradisional. Dan rasa dari jamu kunir asem sangat enak dan segar selain rasanya yang enak, mengkonsumsi jamu kunir asem dapat meningkatkan daya tahan tubuh apalagi jamu tersebut buatan sendiri jadi lebih aman dan lebih higienis jika dikonsumsi bersama keluarga. Membuat kunir asem ini adalah kali pertama dalam hidup saya membuat jamu. Cukup menyenangkan dan menambah pengalaman saya.



15. Kunyit Asam karya Naura Nisrina Afifah

Ini adalah pengalaman pertama saya dalam membuat jamu.Jamu adalah minuman tradisional yang masih ada Sampai sekarang, sehingga disebut dengan jamu tradisional.Karena berhubung saya diberi tugas dalam rangka membuat jamu tradisional maka ini adalah pengalaman pertama saya. Pagi itu saya memberi tahu kepada ibu saya bahwa saya mendapat tugas dari sekolah membuat jamu tradisional.Karena saya tidak tahu cara membuat dan bahan apa yang digunakan jadi saya bertanya kepadanya.Ternyata jamu tradisional pembuatan dan bahan sangat mudah.Karena saya sudah berencana akan membuat jamu tradisional kunyit asam ibu memberi tahu saya bahan yang digunakan adalah kunyit,asam Jawa,gula pasir,gula Jawa (gula merah)dan garam. Cara membuat jamu tradisional kunyit asam ada berbagai cara yaitu kunyit bisa digeprek,diparut,dan dihaluskan.Saya membuat jamu kunyit asam dengan cara kunyitnya digeprek.Bahan yang digunakan harus seimbang dengan bahan yang lain.Setelah kunyit yang digeprek masukkan kunyit, asam Jawa ,gula pasir, gula Jawa dan garam ke dalam rebusan air.Aduk hingga berubah warna kecoklatan.Setelah mendidih saring jamu agar tidak tercampur dengan bahan jamu.Jamu kunyit asam siap dihidangkan. Manfaat jamu kunyit asam sangat banyak seperti: Meningkatkan daya tahan tubuh,Mengatur gula darah,Mencegah resiko kanker,Menekan resiko komplikasi jantung,meredakan haid dan masih banyak lagi. Minuman kunir asam merupakan perpaduan antara kunyit dan asam jawa yang diolah sebagai jamu tradisional. Jamu merupakan obat tradisional yang bisa menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan. Jamu juga bisa dikonsumsi untuk mencegah serangan berbagai penyakit atau sekadar menyegarkan tubuh.Jamu tidak hanya ada satu jenis ada berbagai jenis jamu seperti jamu kunyit asam (kunir asem),jamu beras kencur,temulawak dan masih banyak lagi.



16. Kunir Asem karya Aprilia Nehayatus Solikhah

Menurutku membuat jamu kunir asam ini cukup mudah karena bahan-bahannya juga dapat kita jumpai di pasar maupun warung-warung kecil di desa kita. Alasan saya kenapa kok memilih untuk membuat jamu kunir asam karena kata ibu saya pembuatannya sangatlah mudah dan tidak terlalu menguras waktu yang cukup lama. Untuk rasanya sendiri sih saya sudah mencobanya dan itu sangat enak dan segar selain rasanya yang enak mengonsumsi jamu kunir asam ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh apalagi jamu tersebut buatan kita sendiri jadi lebih aman untuk dikonsumsi bersama keluarga.

Kunjungi website kami, Cara membuat jamu kunir asem.



17. Bersa Kencur karya Ayuk Susilowati

membuat minuman tradisional jamu beras kencur yaitu sangatlah menyenangkan karena saya bisa belajar dan mencoba sekaligus merasakan membuat jamu sendiri dan ternyata tidaklah sulit. Bahan bahan yang di butuhkan sangatlah mudah untuk di dapatkan, rasa dari jamu ini pun mempunyai cirikhas tersendiri karena ini adalah buatan ku sendiri rasanya itu manis ada rasa dan aroma kencurnya tapi tidak lah terlalu menyengat dan juga yang pasti banyak manfaat nya. Karena ini pengalaman pertama saya membuat jamu jadi saya sangatlah bangga dengan hasil jamu buatan saya.Kunjungi website kami, Jamu Beras Kencur.



18. Kunyit asam karya Mailani Fatikhatul Isma

Halo guys,bertemu lagi di blog ku kali ini.Jadi kali ini aku akan menceritakan pengalaman ku membuat minuman tradisional yaitu berupa Jamu Kunyit Asam,Dari kegiatan membuat jamu ini aku mendapatkan pengalaman berupa dapat membuat jamu sendiri di rumah dengan cara yang sederhana,kegiatan kali juga bisa menambah ilmu pengetahuan ku.Aku lebih memilih membuat jamu kunyit asam di karenakan bahan-bahannya yang mudah untuk di dapatkan dan cara pembuatannya pun tergolong cukup mudah. Jamu seringkali di identikan dengan minuman yang pahit dan tidak enak,namun berbeda dengan kunyit asam. Jika anda mencicipi jamu kunyit asam anda akan merasakan sensasi yang segar dan nikmat. Kunyit asam terbuat dari Kunyit,Asam Jawa,Gula Merah,Gula Putih,dan Garam.Bahan pembuatannya yang terdiri dari beberapa jenis rempah membuat jamu kunyit asam memiliki beragam khasiat,salah satunya yaitu dapat memperlancar haid dan juga dapat menjaga stamina tubuh.Kunyit asam yang memiliki antioksidan dapat berfungsi menjaga kesehatan jantung,menurunkan berat badan, mengurangi resiko kanker,dan kandungan curcuminnya dapat membantu meningkatkan fungsi otak.Nah itulah singkat pengalaman ku dalam membuat jamu,cukup sekian blog ku kali ini apabila ada kesalahan tutur kata yang kurang berkenan mohon maaf yang sebesar-besarnya☺dan sampai jumpa di blog ku selanjutnya, See you👋👋.....

Kunjungi website kami ya, Jamu Kunyit Asam.



19. Temulawak karya Sintia Pratamaningrum

Saya kira itu sulit karena, jarang sekali orang membuat jamu sendiri. Banyak sekali pengalaman dari membuat jamu dari tidak tahu menjadi tahu dan tentunya menambah wawasan, dari bagaimana cara membuat, bahan yang diperlukan, dan manfaat. Bahan yang dibutuhkan sangat mudah untuk didapat.. karena makanan dan minuman khas Indonesia terkenal dengan bahan-bahannya yang khas dan juga kesan tradisional yang tidak dapat dijumpai di negara lain. Bahkan minuman khas Indonesia kebanyakan menggunakan bahan utama yang aman dan tidak menggunakan bahan pengawet. Oleh karena itu mengapa minuman tradisional khas Indonesia juga merupakan minuman segar yang dapat menjadi pilihan untuk melepas dahaga.



Kunjungi website kami, Jamu Temulawak.

20. Kunir Asem karya Tiyas Adi Triya

Kali ini aku akan menceritakan pengalamanku ketika aku mendapat tugas sosiologi untuk membuat minuman tradisional yaitu jamu. Ada beberapa pilihan jamu diantaranya jamu beras kencur, kunir asem, dan temulawak. Aku memilih jamu kunir asem yang akan aku buat. Awalnya aku berfikir membuat jamu itu susah karena aku belum pernah membuat jamu. Lalu aku bertanya kepada Ibu, apa bahan dan bagaimana cara membuat jamu kunir asem. Setelah itu aku baru menyiapkan semua bahan yang sudah diberitahukan oleh Ibuku dan aku mulai membuat jamu kunir asem sesuai arahan ibuku sampai jamu kunir asem tersebut jadi. Setelah jamu kunir asemnya jadi aku mengira jamu buatanku tidak enak karena itu merupakan kali pertama aku membuat jamu. Namun alhamdulillah setelah bapakku meminum jamu kunir asem buatanku ternyata rasanya enak karena memiliki paduan rasa asam dan manis yang membuat jamu ini menjadi segar untuk diminum, sehingga bapakku menyukai jamu kunir asem buatanku. Jadi, jangan takut mencoba apapun hasilnya yang penting berusaha terlebih dahulu. Supaya warisan nenek moyang tetap lestari. Itulah cerita pengalamanku dalam membuat jamu kunir asem, dengan begitu sekarang aku sudah mengetahui bahan dan cara membuat jamu kunir asem yang sebelumnya aku belum ketahui.



Kunjungi website kami, Pengalaman Membuat Jamu.

21. Kunir Asam karya Nur Afifah Fitriani

Menurut saya pembuatan jamu kunir asem cukup mudah karena bahan-bahannya yang mudah ditemukan. Alasan saya memilih untuk membuat jamu kunir asem karena proses pembuatannya yang tidak rumit dan tradisional. Dan rasa dari jamu kunir asem sangat enak dan segar selain rasanya yang enak, mengkonsumsi jamu kunir asem dapat meningkatkan daya tahan tubuh apalagi jamu tersebut buatan sendiri jadi lebih aman dan lebih higienis jika dikonsumsi bersama keluarga. Membuat kunir asem ini adalah kali pertama dalam hidup saya membuat jamu. Cukup menyenangkan dan menambah pengalaman saya.



22. Kunyit Asem karya Rizka Atifatun Nisa

Pembuatan jamu kunir asem cukup mudah karena Bahan pembuatannya yang terdiri dari beberapa jenis rempah membuat jamu kunyit asem pun memiliki khasiat yang beragam. Kunyit asem dipercaya dapat membantu melancarkan haid bagi perempuan yang sedang menstruasi dan Tidak hanya untuk perempuan saja, kunyit asam pun bisa bermanfaat untuk lelaki dalam menjaga stamina tubuhnya. Aku bisa mencoba sekaligus merasakan membuat jamu sendiri dirumah Biasanya jamu diidentikan dengan minuman yang memiliki rasa pahit dan tidak enak, namun berbeda dengan kunyit asam. Ketika mencicipinya, Anda akan merasa kesegaran dari asam Jawa yang membuat jamu menjadi lebih nikmat Alasan aku memilih untuk membuat jamu kunir asem karena aku sering melihat ibu aku membuat jamu kunir asam proses pembuatannya yang cukup mudah membuat aku ingin mencoba ikut membuatnya Jamu kunir asem dapat meningkatkan daya tahan tubuh apalagi jamu tersebut buatan sendiri jadi lebih aman jika dikonsumsi, Inilah pengalaman pertama kali aku dalam membuat jamu kunir asam Saya juga bisa mendapatkan ilmu tambahan dari tugas ini yaitu dengan mengenal apa itu jamu ,asal usul jamu,juga mendapatkan resep cara membuat jamu. Dan saya juga sekaligus bisa merasakan jamu buatan sendiri yang rasanya segar asam manis tercampur dalam satu gelas Dalam membuat 1x kita bisa meminum untuk beberapa kali dengan menyimpan jamu di botol dan di simpan di tempat yang sejuk atau kulkas.



Kunjungi website kami, Jamu Kunyit Asem.

23. Beras Kencur karya Sugiana

Pada sore itu,Saya bertanya kepada nenek saya tentang apa saja bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jamu beras kencur, bagaimana cara membuat jamu beras kencur yang enak, bagaimana sejarah Jamu beras kencur, apa saja manfaat nya, serta bagaimana cara menyajikan dan menyeduh jamu beras kencur. setelah nenek saya menjelaskan semua nya kepada saya, sekarang saya tahu bagaimana cara membuat jamu beras kencur yang sangatlah enak. Saya dibantu teman saya segera bergegas untuk mencari bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Jamu beras kencur. Karena bahannya sudah ada semua di rumah jadi saya tidak perlu untuk membeli ke pasar. Setelah semua bahan yang diperlukan sudah siap, saya bergegas untuk langsung membuatnya. Ternyata bahan dan cara pembuatannya sangat mudah dan dapat ditemukan di kehidupan sehari-hari. Dan dapat menghasilkan khasiat yang baik bagi kesehatan. Selain merebus beras dicampur kencur, Anda juga dapat menambah tanaman herbal lain dalam jamu tradisional yang satu ini, misalnya jahe atau kunyit.



Kunjungi website kami, Pengalaman Pertama dan Youtube: https://youtu.be/LvL2JFWZIJA.

24. Kunir Asam karya Ainnur Ayu Nanda Agustin

Ternyata, membuat minuman itu tak semudah yang aku bayangkan. Iya sih memang mudah, tapi ada bagian yang menurutku sulit, eh ... bukan sulit, lebih tepatnya menjengkelkan😁, tapi memang salahku juga😄. Yaitu bagian di mana aku harus memarut kunyit, sehingga menjadikan tanganku berwarna kuning karena kunyit. Sebenarnya ibu sudah memberitahuku untuk menggunakan sarung tangan plastik agar gak kuning, tapi aku sendiri yang ngeyel. Hehe ... maapkan aku yang suka ngeyel 🙏🏻🥺😁



Kunjungi website kami, Ayunda Cantik.

25. Beras Kencur karya Siti Alfiah

Resep jamu beras kencur saya tau dari ibu saya, ternyata membuat jamu tidak sulit dan tidak rumit bahkan sangat mudah dibuat.Karena bahan untuk membuatnya pun sangat mudah ditemukan karena diIndonesia juga kaya akan rempah rempah bahan dari jamu beras kencur mulai dari: beras,kencur,jahe,asam jawa, gula merah,gula pasir, garam dan jeruk nipis.Jamu yang saya buat sendiri membuat cita rasa yang khas dan mempunyai pengalaman seru tersendiri,rasa dari jamu yang saya buat juga tidak kalau jauh dong dengan tukang jamu keliling.Pada saat saya membuat jamu ini saya tidak merasakan Kesulitan bahkan saya malah mendapatkan pengalaman dan ilmu tentang jamu yang membuat saya merasa senang dan sangat bangga bisa membuat jamu sendiri dirumah lohh!!!.Saat saya membuat jamu saya hanya memerlukan waktu yang cukup singkat karena memang membuat jamu yang saya pikir sulit ternyata mudah dan menyenangkan.Nah,,jamu beras kencur ini juga kaya manfaat loh bukan hanya sekedar jamu tetapi minuman yang kaya manfaat yang bisa menyegarkan badan dan memberikan khasiat banyak ditubuh kita.



Kunjungi website kami, Jamu Beras Kencur.

26. Kunir Asem karya Windi Aprilia

Manfaat Kunir Asem
•Menekan risiko komplikasi jantung. Masih berkat fungsinya sebagai antioksidan dan antiradang, kurkumin sangat bermanfaat bagi pengidap penyakit jantung.
•Meningkatkan fungsi otak. Menurunnya fungsi otak dapat memicu risiko masalah kesehatan otak, seperti depresi atau Alzheimer.
•Meredakan nyeri haid.



baca juga artikel Beasiswa Yatim Pedesaan 

nb: artikel ini masiah dalam proses pengerjaan.


0 Response to "Produk Video Pengetahuan Lokal Siswa Dalam Membuat Jamu Tradisional "

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel