-->

Identifikasi Data Media Tematik Perubahan Sosial Pada Masa Pandemi Covid-19



www.mgmpsosiologijateng.com - Berikut ini merupakan hasil identifikasi data media yang tematiknya membahas perubahan sosial pada masa pandemi covid-19. Hasil identifikasi data media ini bersumber dari banyak portal media online yang kebetulan dapat diakses pada waktu pagi tepatnya tanggal 12 September 2020. Membaca hasil identifikasi kajian perubahan sosial pada data media ini butuh literasi dan konfirmasi lebih lanjut agar dapat memahami point-point berikut ini. Untuk itu, pembaca dapat melakukan browsing pada link bagian akhir.
  • New normal life ini menuntut masyarakat untuk mampu berdaptasi dengan situasi dan lingkungan yang baru.
  • Mengkalkulasi energi dan potensi daerah-daerah menjadi fighting covid sehingga transformasi dapat tercapai
  • Sistem respons dalam menghadapi pandemi Covid-19 di Indonesia tidak hanya bertumpu bagaimana sistem negara yang bekerja, tetapi ada reprositas atau timbal balik dengan masyarakat.
  • Ada kekuatan-kekuatan di dalam masyarakat dan keluarga. Di sinilah tantangan sosial budaya untuk mendampingi masyarakat kita untuk kuat masuk ke dalam tahap New Normal
  • budaya sangat bertolak belakang dari perilaku yang diharapkan dalam penanggulangan wabah virus ini
  • Masker adalah benda wajib, jaga kebersihan dan kesehatan diri, dan 3. Lebih banyak menabung, kurangi pengeluaran
  • Dalam perspektif kebudayaan, kenormalan baru adalah tatanan kehidupan baru yang dihasilkan dari hasil proses adaptasi dan/atau reproduksi budaya yang dilakukan manusia karena situasi lingkungan yang mengalami anamoli, kerentanan, terlalu pruden, atau bahkan perubahan sosial-budaya yang dapat mengancam keselamatan manusia.
  • Akibat dari determinasi lingkungan (environmental determinism) semacam ini, merangsang manusia melakukan kontruksi budaya di dua level: nonmaterial berupa cara pandang, pengenalan konsep-konsep, nilai-nilai, dan baru yang didapatkan melalui proses komunikasi, interaksi, negosiasi, dan sosialisasi yang diyakini sanggup membimbing manusia memasuki tingkatan kedua dalam berbudaya, yakni level material.
  • Di level material, kebudayaan terlihat dari cara bagaimana mereka berperilaku, dan berkarya. Konstruksi cara hidup yang merupakan kenormalan baru itu terjadi manakala cara hidup yang baru telah menjadi sistem budaya yang diyakini, dibagikan, dan diterima sebagai collective consciousness yang membimbing masyarakat manusia (human societal) dalam bertindak memenuhi kebutuhan hidup seharihari. Itulah kenormalan baru sebagai the new culture dalam perspektif kebudayaan.
  • Media wajib memiliki peran dan fungsinya sebagai wahana informasi terkait protokol kesehatan. Ini dirasa perlu dengan harapan media dapat menekan rasa panik wabah Covid-19.
  • Pada umumnya, seseorang akan mengalami tiga tahap kondisi perilaku di antaranya disrupsi, kebingungan dan ketidakpastian, hingga berujung pada tahap penerimaan 
  • Pola hidup sehat ala kemkes sering cuci tangan pakai sabun, pakai masker, jaga jarak, istirahat cukup dan rajin olahraga, makan makanan bergizi seimbang
  • Pemetaan zona terbagi menjadi : Zona hijau: zona tidak terdampak ;Zona kuning: zona dengan tingkat resiko rendah ;Zona oranye: zona dengan tingkat resiko sedang ;Zona merah: zona dengan tingkat resiko tinggi 
  • Jika terpaksa harus tetap bekerja di kantor atau harus melakukan kegiatan luar ruang, ingat:1. Saat kembali ke rumah, jangan bersentuhan dengan anggota keluarga sebelum mandi. 2. Segera mencuci pakaian dan masker dengan deterjen. Jangan menggantung pakaian dan masker yang telah dipakai di luar rumah.3. Bersihkan handphone, tas, benda lain dengan disinfektan. 4. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan asupan yang bergizi serta istirahat cukup.5. Jaga kesehatan mental dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan bersama keluarga. 
  • Pertama, penggunaan teknologi yang semakin intensif termasuk untuk membuka peluang pasar dan distribusi barang. Kedua, memanfaatkan peluang pengembangan alternatif usaha. "Ketiga, meningkatkan kesempatan untuk mempererat kolaborasi dan sinergi antar-pelaku usaha
  • dalam mempersiapkan masyarakat memasuki fase new normal tidak bisa disamakan seluruh daerah.
  • dapat berkontribusi untuk mencipatakan ketahanan pangan dan ekonomi melalui desa. Hal ini dapat menjadi variabel baru untuk mengubah kedaulatan desa yang dimanifestasikan kedalam konteks tata negara.
  • Berkaitan dengan physical distancing, budaya orang Indonesia itu modal sosialnya berbasis pada silaturahmi, jabat tangan, cangkruk, dan angkringan. Jika hal tersebut diubah pada jarak fisik, maka harus diubah kesadaran dan mentalnya, maka dari itu dibutuhkan waktu yang panjang dan kesabaran.
  • melalui keterlibatan peran-peran model (role-models). Individu mendapatkan seseorang yang dapat dihormati dan dijadikan panutan, sehingga dia dapat menerima serangkaian norma yang ditampilkan melalui keteladanan.
  • Pengendalian berupa sanksi sosial terlihat melalui olokan, ejakan, sindirian atau bahkan pengucilan terhadap anggota masyarakat yang melanggar.
  • Tatanan, kebiasaan dan perilaku yang baru berbasis pada adaptasi untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat inilah yang kemudian disebut sebagai new normal. Cara yang dilakukan dengan rutin cuci tangan pakai sabun, pakai masker saat keluar rumah, jaga jarak aman dan menghindari kerumunan.
  • Baca selengkapnya di artikel "Arti New Normal Indonesia: Tatanan Baru Beradaptasi dengan COVID-19", https://tirto.id/fDB3
  • Kedua, kebijakan ‘normal baru’ adalah kebijakan top-down yang menggunakan satu pendekatan untuk semua. Pendekatan ini cenderung mengabaikan realitas bahwa masyarakat memiliki kebutuhan dan kerentanan yang beragam semasa pandemi.
  • Orang tua dan saudara adalah pihak penganjur yang paling ditaati 
  • Keluarga berperan besar dalam kampanye cuci tangan, memakai masker dan jaga jarak untuk adaptasi kebiasaan baru (new normal). Orang tua atau saudara adalah sumber perintah paling didengar, mengalahkan seruan dari pemerintah.
  • Justru yang menurut saya jauh lebih efektif, bisa jadi kita harus memilih juru bicara yang ada di kerumunan itu, siapa yang dianggap menjadi acuan dan mungkin saja tidak hanya satu orang,
  • Diksi yang benar adalah adaptasi kebiasaan baru.
  • Normal baru’ bukanlah tahap akhir, namun lebih merupakan proses untuk membangun ketangguhan.
  • Berbagai cara dilakukan Indonesia untuk melawan pandemi Covid-19. Edukasi dan ajakan untuk stay at home, work from home, social distancing, physical distancing, penerapan PSBB, hingga lockdown lokal oleh masyarakat mewarnai kehidupan negara selama pandemi. 
  • Penerapan new normal nantinya bersamaan dengan pendisiplinan protokol kesehatan yang dikawal jajaran Polri dan TNI
  • New Normal, antara kesehatan dan ekonomi 
  • New normal dikatakan sebagai cara hidup baru di tengah pandemi virus corona yang angka kesembuhannya makin meningkat.
  • New normal semakian meningkat positif covid19 
  • “wajah lama sudah tak keruan di kaca, sedang wajah baru belum jua jelas” ungkap Mochtar Lubis dalam kesimpulan manusia Indonesia. 
  • Penerapan new normal terjadi polemik. Satu sisi dianggap akan meningkatkan kasus Covid-19 dan lain sisi menjadi upaya meredam tingginya kerentanan sosial yang terjadi di masyarakat.
  • Kerentanan sosial membuat produktivitas menurun, mata pencarian terganggu, dan munculnya gangguan kecemasan sosial di masyarakat.
  • Tetap melakukan physical distancing, terutama di tempat-tempat ramai Membiasakan cuci tangan setiap habis menyentuh sesuatu dan jangan hanya saat tangan terlihat kotor Selalu menggunakan masker, tidak hanya saat sakit atau beraktivitas di tengah polusi. Masker bahkan harus tetap dipakai bahkan saat berolahraga di gym atau studio yoga. Wajib membawa hand sanitizer, terutama jika naik kendaraan umum, sehingga bisa langsung mencuci tangan sesaat setelah menyentuh sesuatu Membatasi aktivitas di luar rumah, meski tempat publik sudah buka Membeli bahan kebutuhan sekaligus untuk jangka waktu satu minggu atau satu bulan jika memungkinkan sehingga tidak perlu bolak-balik ke supermarket Mengutamakan opsi belanja online atau mencari toko yang tidak terlalu padat pembeli Menghindari keramaian dan lebih berhati-hati ketika bepergian, terutama bagi lansia Untuk lansia, jika terpaksa harus bepergian harus lebih cermat dan sebisa mungkin hindari tempat ramai.


Bahan Literasi dan Konfirmasi 

New Normal (adaptasi kebiasaan baru)
https://megapolitan.antaranews.com/berita/99884/new-normal-adaptasi-kebiasaan-baru

Menyongsong “New Normal”, Apa yang Bisa Kita Lakukan?
https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/02/183002920/menyongsong-new-normal-apa-yang-bisa-kita-lakukan?page=all

Kampus Harus Berperan Aktif dalam Transformasi “New Normal Life”
https://www.beritasatu.com/rully-satriadi/nasional/637249/kampus-harus-berperan-aktif-dalam-transformasi-new-normal-life

New Normal, Momentum Transformasi Sosial Budaya
https://ugm.ac.id/id/berita/19479-new-normal-momentum-transformasi-sosial-budaya

Memasuki Fase New Normal, Ini Kata Antropolog Tentang Proses Adaptasi Perilaku Masyarakat
https://medan.tribunnews.com/2020/06/10/memasuki-fase-new-normal-ini-kata-antropolog-tentang-proses-adaptasi-perilaku-masyarakat

Adaptasi ke New Normal, Pola Hidup Apa Saja yang Harus Dijalankan?
https://katadata.co.id/sortatobing/berita/5ecfb46ee2fb6/adaptasi-ke-new-normal-pola-hidup-apa-saja-yang-harus-dijalankan

Menyoal Pengetahuan dalam Penanganan Covid-19 Menghadapi New Normal
https://lombokpost.jawapos.com/opini/10/07/2020/menyoal-pengetahuan-dalam-penanganan-covid-19-menghadapi-new-normal/

New Normal dalam Telaah Budaya
https://www.suaramerdeka.com/news/opini/230557-new-normal-dalam-telaah-budaya

Era “New Normal” Lahirkan Percepatan Disrupsi Media
https://strategi.co.id/era-new-normal-lahirkan-percepatan-disrupsi-media/

3 Tahap Psikologis untuk Beradaptasi dengan 'New Normal'
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200513153011-284-502979/3-tahap-psikologis-untuk-beradaptasi-dengan-new-normal

Bersiap dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal)
https://skata.info/article/detail/690/bersiap-dengan-adaptasi-kebiasaan-baru-new-normal

Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru
http://promkes.kemkes.go.id/menuju-adaptasi-kebiasaan-baru

Mempersiapkan Masyarakat Menghadapi New Normal, Apa yang Harus Dilakukan?
https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/02/194400365/mempersiapkan-masyarakat-menghadapi-new-normal-apa-yang-harus-dilakukan-?page=all

Strategi Adaptasi Pengembang Properti Di Masa Pandemi
https://www.rumah.com/berita-properti/2020/5/188216/strategi-adaptasi-pengembang-properti-di-masa-pandemi

3 Strategi Adaptasi Ekonomi Syariah Hadapi New Normal
https://www.medcom.id/ekonomi/keuangan/0kp03r6k-3-strategi-adaptasi-ekonomi-syariah-hadapi-new-normal

Arti New Normal Indonesia: Tatanan Baru Beradaptasi dengan COVID-19
https://tirto.id/arti-new-normal-indonesia-tatanan-baru-beradaptasi-dengan-covid-19-fDB3

PANDEMI COVID-19;Mengenal Konsep New Normal
https://indonesia.go.id/ragam/komoditas/ekonomi/mengenal-konsep-new-normal

Strategi Kearifan Lokal Saat Transisi Adaptasi Kebiasaan Baru
https://covid19.go.id/p/berita/strategi-kearifan-lokal-saat-transisi-adaptasi-kebiasaan-baru

New Normal, Pakar Sosiologi UNAIR: Konflik Sosial Berpotensi Terjadi di Seluruh Kalangan Masyarakat
http://news.unair.ac.id/2020/06/13/new-normal-pakar-sosiologi-unair-konflik-sosial-berpotensi-terjadi-di-seluruh-kalangan-masyarakat/

"New Normal" dalam Perspektif Mahasiswa
https://news.detik.com/kolom/d-5047985/new-normal-dalam-perspektif-mahasiswa

New Normal Scenario dalam Perspektif Sosial Budaya
https://mediaindonesia.com/read/detail/323980-new-normal-scenario-dalam-perspektif-sosial-budaya

Tentang New Normal di Indonesia: Arti, Fakta dan Kesiapan Daerah
https://news.detik.com/berita/d-5034719/tentang-new-normal-di-indonesia-arti-fakta-dan-kesiapan-daerah

Masyarakat Tidak Disiplin, Adaptasi Kebiasaan Baru Perlu Strategi Khusus
https://www.voaindonesia.com/a/masyarakat-tidak-disiplin-adaptasi-kebiasaan-baru-perlu-strategi-khusus/5500471.html

Alasan New Normal Indonesia Berpotensi Gagal dan 3 Strategi Mengatasinya
https://www.kompas.com/sains/read/2020/06/27/170200723/alasan-new-normal-indonesia-berpotensi-gagal-dan-3-strategi-mengatasinya?page=all

Pemerintah Sebut Istilah 'New Normal' Pandemi Covid-19 Keliru
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200711004610-20-523432/pemerintah-sebut-istilah-new-normal-pandemi-covid-19-keliru

New Normal di Indonesia: Imbangi Perlindungan dari Dalam dengan Imunitas Kuat
https://nasional.tempo.co/read/1353676/new-normal-di-indonesia-imbangi-perlindungan-dari-dalam-dengan-imunitas-kuat/full&view=ok

Negara, Masyarakat dan Era New Normal
https://kolom.tempo.co/read/1351996/negara-masyarakat-dan-era-new-normal/full&view=ok

Tiga Masalah di Balik Kebijakan “New Normal”
https://nasional.sindonews.com/read/58363/18/tiga-masalah-di-balik-kebijakan-new-normal-1591247183

New Normal, Jangan Mancing Masalah Baru Dengan Penularan!
https://www.cnbcindonesia.com/news/20200618124417-4-166259/new-normal-jangan-mancing-masalah-baru-dengan-penularan

New Normal Dinilai Beresiko Bikin Masif Penyebaran Corona
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200622031114-20-515831/new-normal-dinilai-beresiko-bikin-masif-penyebaran-corona


0 Response to "Identifikasi Data Media Tematik Perubahan Sosial Pada Masa Pandemi Covid-19"

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel