-->

ULANGAN HARIAN KELAS XII JURUSAN IPS SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021




PETUNJUK MENGERJAKAN
  • Bacalah informasi pedoman ulangan harian berikut ini dengan teliti!
  • Ulangan kali ini adalah membuat tulisan di blog 
  • Jika perlu, lakukan pengamatan pasif (pengamatan dari jauh tanpa kontak fisik) dalam mengerjakan ulangan ini!
  • Jika perlu, lakukan browsing di internet dalam mengerjakan ulangan ini!
  • Terlebih dahulu, buatlah tulisan kalian di buku catatan kalian!
  • Setelah selesai, uppload (unggah) tulisan kalian ke dalam blog halaman masing-masing!  
  • Kerjakan ulangan ini secara bertahap, terjadwal, dan taat terhadap protokol kesehatan 
  • Setalah membuat tulisan di buku catatan kalian, segera lakukan langkah berikutnya yaitu mengupload artikel di halaman blog kalian masing-masing. 
  • Ulangan online dimulai pada tanggal 13 September 2020 s.d 20 September 2020 
  • Selama mengerjakan ulangan, diwajibkan taat protokol kesehatan, diantaranya: mengenakan masker, jaga jarak, cuci tangan denagn sabun, dan selalu berolahraga untuk menjaga kebugaran dan kesehatan badan kalian, terima kasih. 
  • Siapkan diri anda untuk mengikuti AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) tahun ini, dengan cara klik Gabung. Dapatkan update materi dan latihan soalnya.   
Informasi tentang Kompetensi Esensial
  1. Siswa mampu mengumpulkan informasi tentang fenomena adaptasi kebiasaan baru saat terjadi pandemi covid19
  2. Siswa mampu menganalisis permasalahan adaptasi kebiasaan baru pada masa pandemi covid19
  3. Siswa mampu merancang strategi adaptasi adaptasi kebiasaan baru pada masa pandemi covid19
Informasi tentang Materi
  1. Fenomena adaptasi kebiasaan baru
  2. Permasalahan sosial dalam adaptasi kebiasaan baru
  3. Strategi adaptasi kebiasaan baru
PEDOMAN PENYUSUNAN TULISAN PERUBAHAN SOSIAL TEMATIK PANDEMI COVID-19 
  1. Bagian Judul
  2. Bagian Pendahuluan 
  3. Bagian Isi 
  4. Bagian Penutup 
A. Pedoman Menyusun Judul 
  1. Buatlah judul yang menarik yang didalamnya memuat pembahasan Perubahan Sosial, New Normal, Masalah Sosial, dan Strategi Adaptasi. 
  2. Contoh judul yang menarik misalnya;
  • Suasana New Normal di Kampungku
  • Perubahan Sosial di Kampungku Pada Masa Pandemi Covid19 
  • Masalah-masalah Sosial Pada Masa Pandemi Covid19
  • Adaptasi Kebiasaan Baru dan Strategi Adaptasi Pada Masa Pandemi Covid19
  • Karena Pandemi Covid19, Kampungku Berubah
  • Kebiasaan Baru Berasa Kebiasaan Lama 
  •  dll (catatan: buatlah judul sesuai dengan selera kalian) 
B. Pedoman Penyusunan Bagian Pendahuluan 

Bagian Pendahuluan berisikan tentang keadaan desa tempat tinggal kalian pada massa covid19. Isi dari bagian pendahuluan yaitu menceritakan tentang; 
  1. Lokasi tempat tinggal kalian dengan menginformasikan Dukuh, RT, RW, Desa, Kecamatan, dan Kabupaten.
  2. Keberadaan Satgas Covid19-nya dan sebutkan pula nama-nama personelnya.
  3. Program covid19 di tempat tinggal kalian misalnya tentang kegiatan sosialisasi, penyemprotan desinfektan, pembagian masker, pembagian hansinitaizer, dll.  
  4. Suasana di setiap rumah tempat tinggal kalian tentang penyediakan fasilitas cuci tangan pada masa pandemi covid19 ini. Seritakan juga keadaan di semua rumah desa kalian. 
  5. Penggunaan masker pada masa pandemi covid19.
  6. Keadaan keberlangsungkan kegiatan sosial di tempat tinggal kalian pada masa pandemi covid19, misalnya tentang kegiatan arisan, tahlilan, hajatan, hingga upacara kematian. 
  7. Kegiatan mata pencaharian anggota masyarakat di tempat tinggal kalian pada masa pandemi covid19, misalnya tentang kegiatan bertani, berdagang, wiraswasta, kerja di pabrik, kerja di kantor, dll. 
  8. Program bantuan sosial apa saja yang didapatkan warga di sekitar tempat tinggal kalian pada masa pandemi covid19 mulai dari program bantuan dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, dan pemerintah desa. 
  9. Suasana dan atau tatacara kegiatan pendidikan/ pembelajaran anak-anak sekolah yang berlangsung di desa kalian selama terjadi pandemi covid19, misalnya tentang misalnya tentang layanan pendidikan di madrasah, layanan pendidikan formal di sekolah, dll)
  10. Suasana dan tata cara kegiatan beribadah di tempat tinggal kalian selama terjadi pandemi covid19, misalnya misalnya tentang kegiatan sholat berjamaah di mushola dan dimasjid, dan sholat jumat di masjid, dll. 
B. Pedoman Penyusunan Tulisan Bagian Isi  

Pada bagian isi tulisan memuat tentang fenomena adaptasi kebiasaan baru, permasalahan adaptasi kebiasan baru, dan strategi adaptasi kebiasaan baru di tempat tinggal kalian masing-masing. Adapun contoh isi dari tiap-tiap bagian tersebut adalah sebagai berikut.

B.1.  Fenomena adaptasi kebiasaan baru

Deskripsi tentang fenomena adaptasi kebiasaan baru yang dimaksud disini adalah mendeskripsikan fenomena keseharian yang beda dari biasanya. Misalnya, sebelum pandemi, masyarakat berkegiatan tanpa menggunakan masker, tanpa jaga jarak, jarang menggunakan handsanatiser, dan tindakan anjuran protokol kesehatan lainnya. Namun pada saat diberlakukannya adaptasi kebiasaan baru, masyarakat menggunakan masker, memberlakukan jaga jarak, dan menggunakan handsanatizer.

Berikut ini adalah contoh isi dari deskripsi fenomena adaptasi kebiasaan baru yang dapat dijadikan indikator dalam membuat tulisan.
  1. Fenomena adaptasi kebiasaan baru di desa tempat tinggal kalian. (ceritakan tentang kegiatan cuci tangan pakai sabun, pakai masker, jaga jarak, istirahat cukup dan rajin olahraga, makan makanan bergizi seimbang di tempat tinggal kalian masing-masing). 
  2. Adaptasi kebiasaan baru ketika warga sedang  berkegiatan diluar (ceritakan perilaku saat kembali ke rumah dengan melakukan protokol kesehatan diantanya; (a) jangan bersentuhan dengan anggota keluarga sebelum mandi; (b) Segera mencuci pakaian dan masker dengan deterjen, dan jangan menggantung pakaian dan masker yang telah dipakai di luar rumah. (c) . Bersihkan handphone, tas, benda lain dengan disinfektan. (d) Tingkatkan daya tahan tubuh dengan asupan yang bergizi serta istirahat cukup. (e). Jaga kesehatan mental dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan bersama keluarga. 
  3. Penggunaan teknologi yang semakin intensif 
Indikator tentang isi dari fenomena adaptasi baru tersebut adalah contoh kecil saja. Kalian dapat mendeskripsikan indikator lainnya yang ada tentang fenomena adaptasi kebiasaan baru di tempat tinggal kalian.


B.2   Permasalahan sosial dalam adaptasi kebiasaan baru
  1. Tradisi silaturahmi, jabat tangan, cangkruk, dan angkringan bertolak-belakang dengan adaptasi kebiasaan baru
  2. Stay at home, work from home, social distancing, dan physical distancing tidak cocok bagi warga yang tidak memiliki tabungan 
  3. Adaptasi kebiasaan baru yang tidak mematuhi protokol kesehatan cenderung berdampak meningkatkan kasus Covid-19

B.3.  Strategi adaptasi kebiasaan baru
Strategi adaptasi baru yang dimaksud adalah sebuah respon masyarakat terhadap perubahan perilaku keseharian untuk tetap disiplin menggunakan protokol kesehatan. Contoh dari respon strategi adaptasi kebiasaan baru diantaranya; menciptakan ketahanan pangan desa, menerbitkan sanksi sosial, melakukan belanja dengan online, dan melibatkan partisipasi masyarakat untuk menjadi teladan. Berikut ini adalah contoh indikator strategi adaptasi kebiasaan baru yang dapat kalian kembangkan dalam sebuah tulisan.
  1. Mencipatakan ketahanan pangan dan ekonomi melalui desa
  2. Sanksi sosial terlihat melalui olokan, ejakan, sindirian atau bahkan pengucilan terhadap anggota masyarakat yang melanggar.
  3. Belanja online atau mencari toko yang tidak terlalu padat pembeli
  4. Keterlibatan orang tua, saudara, dan tokoh masyarakat/ tokoh kelompok menjadi sebuah teladan dan penganjur atau  peran-peran model (role-models)
Indikator di atas hanyalah contoh dalam mengembangkan deskripsi strategi adaptasi kebiasaan baru. Kalian dapat mengembangkan sesuai dengan strategi yang diterapkan oleh masyarakat tempat tinggal kalian.

C. Pedoman Penyusunan Tulisan Bagian Penutup 

Pada bagian penutup berisikan tentang hubungan perubahan sosial dengan adaptasi kebiasaan baru pada tempat tinggal kalian masing-masing.  Pada bagian ini dapat dideskripsikan tentang hal apa saja yang berubah pada saat dilaksanakan program adaptasi kebiasaan baru.
Penulis: Tim Pengembang Naskah Soal 
Penyelaras: Admin 

Hubungi kami,
Luluk Wulandari, S.Pd., M.Pd
Ketua MGMP Sosiologi Provinsi Jawa Tengah
Telp/WA: +62 852-2756-5588

FACEBOOK   INSTAGRAM   TWITTER    YOUTUBE   PINTERES   FANSPAGE   WEBSITE

1 Response to "ULANGAN HARIAN KELAS XII JURUSAN IPS SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021"

  1. Luar biasa memberi inspirasi buuat dinamika pembalajaran online...
    sangat menginspirasi

    BalasHapus

Iklan Bawah Artikel