-->

Microphone Kamera Untuk Pelengkap Produksi Media Pembelajaran Guru Sosiologi


www.mgmpsosiologijateng.com - Dalam memproduksi media pembelajaran, biasanya diperlukan alat pelengkap dan pendukung yang baik. Dengan alat pendukung yang bagus, diharapkan akan menghasilkan produk media yang bagus.Terlebih diperuntukkan para guru sosiologi yang kerap kali isi media pembelajarannya terdapat kegiatan observasi dan wawancara dalam mendokumentasikan sebuah subjek/ objek. Untuk itu, mengenal alat pelengkap produksi media pembelajaran bagi guru sosiologi menjadi urgen.

Salah satu alat pelengkap produksi media pembelajaran yang penting adalah microphone. Transmiter audio ini berfungsi menjernihkan pesan dari apa yang disampaikan nara sumber. Bayangkan saja, ketika seorang guru membuat media pembelajaran tentang Potret Konflik Sosial pada sebuah kelompok sosial, mau tidak mau, Ia harus melakukan wawancara. Pada saat wawancara inilah, kerap kali terdapat kendala yaitu suara narasumber tidak begitu jelas karena suasana dan keadaan. Untuk itu, pilihan terbaik adalah menyiapkan microphone kamera terbaik agar proses wawancara terekam dengan baik. 

Terdapat banyak brand yang menawarkan merek microphone terbaik. Mulai dari toko kecil sampai toko besar,  mulai dari harga terjangkau hingga melangit, semua kita dapatkan riset barang dan harga terlebih dahulu. Dan yang paling penting adalah riset barang yang sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan dana kita saat akan memproduksi media pembelajaran. Mengingat kebutuhan dari produksi pembelajaran yang memerlukan microphone yang dinamis, maka penting kemudian guru sosiologi memilih jenis microphone wireless. Jenis micropohne ini cukup adaptif ketika digunakan dalam mendokumentasikan observasi dan wawancara sebuah kelompok sosial karena memiliki keunggulan teknis yaitu tanpa ribet dengan urusan kabel. 

Banyak brand microphone wireless yang menawarkan dengan keunggulan masing-masing. Sebut saja merek misalnya produk Shure BLX-R, Shure GLX-D Wireless, Wireless Shure QLX-D, Wireless Shure ULX-D, Rode NT3, Rode NTK, Behringer C1, Saramonic Blink 500, Toa, Boya BY-M1 Lavalier, MAMEN KM-D1 Pro, COSTA CM-D1, dan masih banyak deretan brand dan merek terbaik lainnya. Semua micrphone tentu saja memiliki banyak keunggulan dan kelebihan masing-masing. Langkah selanjutnya adalah mereka apa yang kita cintai dan kita sukai.  

Contoh: Microphone Mic Clip On Boya BY-M1 Lavalier yang tersedia di toko Shopee

Contoh: Saramonic Blink 500 B2 2-Person Digital Camera-Mount Wireless Omni Lavalier Microphone System yang tersedia di toko Shoppe


Contoh: Rode Microphone VideoMic Pro yang tersedia di toko online Shopee

Terlepas dari alat penunjang mana yang dipilih dalam produksi media pembelajaran guru sosiologi, yang terpenting adalah aspek kebermanfaatan media pembelajaran untuk membantu pemahaman dan mendorong inspirasi para siswa dalam belajar hidup. Untuk itu, para guru sosiologi sebaiknya mampu membaca bunyi kurikulum sosiologi untuk diekspresikan dalam media pembelajaran digital. Dan para guru sosiologi juga sudah saatnya menguasai secara adaptif alat dokumentasi dan editing agar dapat menghasilkan karya media pembelajaran yang layak dengan dan layak tayang. 

Salam literasi digital 

Penulis: Admin 

0 Response to "Microphone Kamera Untuk Pelengkap Produksi Media Pembelajaran Guru Sosiologi "

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel